Chat GPT dari Open AI Viral, Begini Cara Pakainya

Chat GPT dari Open AI Viral
Rate this post

LABTekno.com – Chat GPT dari Open AI viral di sosial media baik itu TikTok maupun Twitter. Banyak orang yang membicarakan teknologi baru dengan kemampuan AI yang mumpuni tersebut.

Di TikTok, kalian akan menemukan berbagai video berseliweran membahas mengenai Open AI. Konten-konten tersebut berisikan kekagumannya pada teknologi AI dan kecerdasan bot tersebut. 

Belakangan ini, di linimasa Twitter juga banyak yang membahas update Open AI dan Chat GPT. 

Beberapa bahkan menyebutnya sebagai pengganti Google, karena mampu memberikan solusi untuk masalah yang rumit secara langsung – hampir seperti guru yang tahu segalanya. 

Kami telah melatih model yang disebut Chat GPT yang berinteraksi dengan cara percakapan. Format dialog memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan lanjutan, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan yang tidak pantas,” tulis OpenAI saat merilis Chat GPT. 

Apa Itu Chat GPT? 

Perlu diketahui bahwa ChatGPT merupakan sebuah chatbot atau program komputer berupa robot virtual yang mampu mensimulasikan percakapan seperti manusia, yang dirilis oleh perusahaan riset Artificial Intelligence (AI) OpenAI. 

Sebagai prototipe chatbot AI berbasis dialog, Chat GPT mampu memahami bahasa alami dan merespons dalam bahasa alami. 

Sejak chatbot diluncurkan pada 2020 lalu, banyak sekali orang yang mengagumi betapa cerdasnya suara bot yang ditenagai AI ini. 

OpenAI membuat Chat GPT berdasarkan pada GPT-3.5, model bahasa yang menggunakan pembelajaran mendalam untuk menghasilkan teks mirip manusia. 

ChatGPT jauh lebih baik dalam menghasilkan teks terperinci dan bahkan dapat menghasilkan puisi, daripada versi sebelumnya, model GPT-3. 

Menariknya lagi Open AI juga menawarkan karakter unik lainnya yaitu ingatan. Bot mampu mengingat komentar sebelumnya dalam percakapan dan menceritakannya lagi kepada pengguna.

Baca Juga  7 Aplikasi Baca Komik Bahasa Indonesia Gratis

Namun sekararng, OpenAI baru membuka bot untuk evaluasi dan pengujian beta saja. Sedangkan untuk akses API kemungkinan sudah bisa menyusul tahun depan. 

Hal ini menjadi kabar gembira bagi programmer, sebab dengan akses API, pengembang akan dapat mengimplementasikan ChatGPT ke dalam perangkat lunak mereka sendiri. 

Namun dalam tahap pengujian beta saja, kemampuan ChatGPT sudah sangat luar biasa. Salah satu kemampuannya adalah menyelesaikan pekerjaan rumah anak-anak. 

Beredar YouTuber Liv Boeree yang mencoba ChatGPT untuk melakukan pekerjaan rumah. 

Dia meminta chatbot untuk menulis esai 4 paragraf lengkap dan juga memecahkan persamaan matematika yang rumit. Ajaibnya, ChatGPT mampu melakukannya.

Cara Pakai ChatGPT 

Cara memakai ChatGPT sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu mengetik teks dan menerima informasinya saja. 

Namun, kalian harus mendaftarkan akun di website OpenAI terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan ChatGPT. 

Jika kalian belum memiliki akun, silakan mendaftar terlebih dahulu melalui link ini: ChatGPT

Tersedia beberapa opsi untuk melakukan login, antara lain email+nomor HP, atau bisa juga menggunakan akun Google maupun Microsoft. 

Perlu diingat jika kalian menggunakan email, nantinya Open AI akan meminta kalian memasukkan nomor telepon untuk mengirim kode otentikasi. Bisa dikirim melalui SMS dan WhatsApp.

Jangan gunakan nomor telepon virtual (VoIP) untuk mendaftar OpenAI, karena hal tersebut tidak bisa dilakukan. 

Jika sudah menerima notifikasi, kalian akan melihat nomor konfirmasi dan silakan masukkan ke halaman pendaftaran untuk menyelesaikan pengaturan. 

Setelah kalian melihat beberapa aturan tentang ChatGPT, termasuk potensi kesalahan dalam data, cara OpenAI mengumpulkan data, dan cara pengguna mengirimkan umpan balik, kalian telah berhasil mendaftar. 

Cara Memulai ChatGPT 

Tampilan Web ChatGPT dari Open AI
Tampilan Web ChatGPT | Sumber: Open AI.com

Jika kalian sudah memiliki akun Open AI, maka sekarang saatnya mengetahui cara memulai chatGPT.

Baca Juga  Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran File Terbaik

Tampilan halaman web ChatGPT terkesan sederhana dan menyertakan area untuk mengisi hasil serta kotak teks di bagian bawah halaman untuk mengetik pertanyaan. 

Pada kolom paling bawah, kalian bisa mengetikkan perintah apapun. ChatGPT akan langsung memberikan hasilnya setelah proses generator dengan kecerdasan AI yang dimilikinya.

Kalian juga memiliki opsi untuk mendapatkan permintaan input yang lebih spesifik untuk esai dengan jumlah paragraf tertentu atau halaman Wikipedia. 

Jika tersedia cukup informasi, generator akan memenuhi perintah dengan detail yang akurat. 

Jika tidak, ChatGPT berpotensi mulai mengisi kekosongan dengan data yang salah. 

Oleh sebab itu, OpenAI memahami kekurangannya tersebut dan telah mengumumkannya: “ChatGPT terkadang menulis jawaban yang terdengar masuk akal tetapi salah atau tidak masuk akal.” 

Meskipun demikian, kalian masih bisa membuat bot sederhana menggunakan ChatGPT untuk berinteraksi. Kalian bisa mencobanya sediri setelah mendaftar. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top