Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia

Rate this post

LABTekno.com – Cara tukar tambah HP di Tokopedia perlu kalian pelajari. Hal ini bisa menjadi solusi jika ingin beralih ke HP baru dengan menukarkan HP lama.

Program Tokopedia Tukar Tambah merupakan program Tokopedia terbaru dari yang memungkinkan Pembeli untuk melakukan tukar tambah handphone lamanya dengan potongan harga untuk pembelian handphone baru di situs Tokopedia.

Cara tukar tambah HP di Tokopedia ini sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia, kecuali Batam dan Sumatera Barat.

Bagi kalian yang tinggal dua wilayah tersebut, maka carilah platform lain yang masih memungkinkan.

Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia

Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia
Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia

Ketentuan Bagi Pembeli

Berikut cara mengikuti program Tokopedia Tukar Tambah bagi pembeli:

  • Download aplikasi Tokopedia di handphone Android atau iOS kalian.
  • Cari jenis handphone baru yang kalian inginkan dari toko-toko yang mengikuti program Tokopedia Tukar Tambah.
  • Pilih tombol Tukar Tambah untuk menjalankan sistem pengecekkan terhadap handphone kalian sekarang.
  • Setelah melakukan pengecekkan, sistem Tokopedia akan memberikan harga terhadap handphone kalian.
  • Apabila setuju dengan harga yang diberikan, maka selesaikan transaksi dan pilih jadwal penjemputan handphone yang mau ditukarkan dan pemberian handphone baru yang sesuai dengan jadwal.
Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia
Simulasi biaya transaksi tukar tambah HP di Tokopedia | Sumber: Tokopedia

Cara tukar tambah HP di Tokopedia bisa dilakukan melalui salah satu dari 2 jenis kurir yang tersedia berikut:

Laku6 Express/Qiriman: Pihak kurir akan melakukan pengambilan gadget baru ke alamat dan jadwal yang telah disetujui secepatnya. Dengan catatan, bahwa layanan Laku6 Express/Qiriman hanya bisa dilakukan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Sidoarjo, Malang, Semarang, Yogyakarta, Tegal, Karawang, Purwakarta, Cirebon dan Sukabumi.


Indomaret/Indo Paket: Jika kalian memilih jenis kurir ini, maka silakan pilih lokasi gerai Indomaret untuk mengambil paket gadget baru yang sudah dipesan. Sebutkan “Tukar Paket Tokopedia” kepada pegawai gerai. Maka pegawai gerai akan memasukan nomor IMEI untuk verifikasi.

Apabila sudah selesai gadget baru akan segera kalian dapatkan. Namun perlu diingat sekali lagi bahwa program Tukar Tambah HP di Tokopedia tidak tersedia untuk wilayah Batam dan Sumatera Barat.

Jika kurir datang menjemput HP lama, kalian tidak perlu menyertakan aksesoris original (charger/earphone) beserta kotak handphone pada saat penyerahan handphone.

Namun, bagi HP seperti Galaxy Note Series yang memiliki Stylus bawaan, maka wajib menyertakan stylus kepada pihak kurir.

Oya, satu hal lagi, kalian juga harus memastikan bahwa handphone lama tersebut harus dalam keadaan menyala dan berhasil log out dari semua akun di aplikasi saat diambil kurir.

Sehingga kurir dapat melakukan pengecekan.
Biasanya kurir akan melakukan pengecekan pada nomor IMEI yang terdaftar di sistem Tokopedia. IMEI tersebut wajib terdaftar dalam database pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga  Cara Menggunakan VPN di PC Windows 7

Jenis Tes yang dilakukan Tokopedia

Cara tukar tambah HP di Tokopedia sangat mudah. Kalian perlu mengetes HP lama kalian terlebih dahulu sebelum di konfirmasi oleh Tokopedia.
Adapun jenis tes yang dilakukan Tokopedia untuk handphone lama kalian adalah sebagai berikut:

Cara Tukar Tambah HP di Tokopedia - Tes HP lama
Jenis Tes HP yang dilakukan Tokopedia | Sumber: Tokopedia

  • Layar: Pengecekan panel touchscreen
  • Tombol: Volume Buttons dan Back Button
  • Software: Accelerometer
  • Hardware: IMEI, WiFi, Tampilan Depan dan Belakang HP lama

Syarat Bagi Penjual

Berikut ini beberapa syarat bagi penjual yang ingin bergabung program Tukar Tambah HP di Tokopedia:

  • Toko Official Store dan Power Merchant.
  • Toko dalam status aktif.
  • Toko tidak dalam moderasi atau dalam pengawasan.
  • Toko harus memiliki riwayat transaksi.
  • Penetapan harga toko tidak jauh berbeda dengan harga pasar.
  • Toko memiliki minimal 5 produk aktif yang memenuhi syarat untuk Tukar Tambah.
  • Syarat produk tersebut harus dalam kategori Handphone, Tablet, Audio, Kamera, Laptop, Smart Watch, Game Console, Powerbank, Audio dengan harga diatas Rp 250.000.
  • Tokopedia berhak melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan seperti menolak permintaan registrasi atau mematikan fitur Tukar Tambah jika toko terindikasi melanggar
    s
    yarat dan ketentuan Tokopedia.

Keuntungan Mengikuti Program Tukar Tambah Bagi Penjual

Program Tukar Tambah merupakan program/fitur terbaru dari Tokopedia yang akan mendapatkan eksposur khusus dan juga promo cashback untuk setiap buyer yang melakukan transaksi Tukar Tambah. Hal ini dapat meningkatkan potensi penjualan pada toko kalian.

Berikut ini 6 Keuntungan Fitur Tukar Tambah bagi penjual:

  • Meningkatkan jumlah order hingga 92%. Toko tersebut dapat menjadi solusi untuk Pembeli yang ingin tukar tambah produknya setelah berbelanja
  • Berkesempatan mengikuti promo spesial Tukar Tambah pada Homepage Tokopedia. Toko semakin rame dengan Pembeli yang mengincar promo spesial Tokopedia
  • Tidak ada biaya tambahan. GRATIS, Penjual tidak dikenakan biaya tambahan apapun
  • Menjangkau seluruh Indonesia. Fitur Tukar Tambah memiliki jangkauan di seluruh Indonesia dengan hanya melalui Indomaret
  • Mendapatkan eksklusif label ‘Tukar Tambah’. Setelah menggunakan Fitur Tukar Tambah, kalian akan mendapatkan label eksklusif dan filter ‘Tukar Tambah’ yang berpotensi meningkatkan visibilitas produkmu
  • Gampang dan aman

Tenang saja, Fitur Tukar Tambah bekerja sama dengan partner logistik Laku6 Express/Qiriman yang telah berbadan hukum dan akan memastikan proses tukar tambah aman.


Demikian cara tukar tambah HP di Tokopedia. Silakan pahami beberapa hal di atas sebelum kalian mengikuti program tukar tambah dari Tokopedia tersebut. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top