Begini Cara Private Akun IG dengan Mudah

Achmad Fachrur Rozi

Cara Private Akun IG
Rate this post

LABTekno.com – Cara private akun IG sebenarnya wajib diketahui setiap pengguna. Apalagi jika usianya masih di bawah 16 tahun.

Sebenarnya, jika pengguna akun berusia di bawah 16 tahun saat mendaftar akun Instagram, bisa memilih antara akun publik atau pribadi, namun opsi default yang dipilih yaitu Pribadi atau Private. 

Sebaliknya, jika pengguna berusia di atas 16 tahun, akun Instagram Anda bersifat publik secara default. Anda juga bebas menentukan sendiri untuk menjadikannya akun pribadi kapan saja.

Manfaat Akun Private IG

Sebelum membahas cara private akun IG, perlu diketahui terlebih dahulu manfaatnya. 

Privasi akun Instagram mengacu pada pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat konten yang diunggah ke akun mereka, siapa yang dapat mengikuti mereka, dan siapa yang dapat mengirim pesan kepada mereka. 

Saat mengaktifkan privasi akun di Instagram, akun pengguna menjadi pribadi dan hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat postingan, stories, dan aktivitas di akun tersebut.

Berikut adalah beberapa pengaturan privasi akun Instagram:

  1. Akun pribadi: Anda dapat mengubah akun Anda dari publik menjadi pribadi untuk membatasi akses ke konten Anda hanya kepada pengikut Anda.
  2. Pengaturan pengikut: Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengikuti akun Anda. Anda dapat mengatur akun Anda agar semua orang dapat mengikuti Anda, atau hanya orang-orang yang Anda terima sebagai pengikut.
  3. Permintaan mengikuti: Jika Anda memilih untuk hanya mengizinkan orang-orang yang Anda terima sebagai pengikut Anda, pengguna yang ingin mengikuti akun Anda harus mengirimkan permintaan terlebih dahulu dan Anda harus menyetujuinya sebelum mereka dapat melihat konten Anda.
  4. Pengaturan pesan: Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengirim pesan kepada Anda. Anda dapat mengatur akun Anda agar hanya orang-orang yang Anda ikuti yang dapat mengirim pesan, atau membuka akses pesan kepada semua pengguna Instagram.
  5. Batasi akses ke konten: Anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat konten Anda dengan memilih opsi “Pengikut” atau “Pribadi”. Anda juga dapat memilih siapa saja yang dapat melihat stories Anda dan siapa saja yang dapat membalas pesan Anda.
Baca Juga  5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat

Mengaktifkan privasi akun di Instagram dapat membantu melindungi privasi dan keamanan Anda. 

Namun, penting untuk diingat bahwa bahkan dengan akun pribadi, orang-orang yang Anda terima sebagai pengikut masih dapat menyimpan, membagikan, dan merekam konten Anda secara rahasia, sehingga Anda harus tetap berhati-hati dengan apa yang Anda bagikan di Instagram.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara private akun IG.

Cara Private Akun IG

Cara Private Akun IG
Cara Private Akun IG

Cara private akun IG sebenarnya cukup mudah. Anda bisa sesuka hati mengubah pengaturan akun menjadi publik maupun private.

Bagi Anda yang ingin membuat akun Instagram pribadi atau private, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  • Klik pada ikon profil di sudut kanan bawah layar.
  • Klik pada ikon garis tiga di sudut kanan atas layar dan pilih “Pengaturan” di bagian bawah menu yang muncul.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Privasi”.
  • Klik pada opsi “Privasi Akun”.
  • Geser tombol ke kanan di sebelah “Akun Pribadi” untuk mengaktifkan opsi ini.
  • Jika Anda ingin mengatur siapa saja yang bisa mengikuti akun Anda, pilih opsi “Pengikut” dan pilih apakah Anda ingin mengizinkan semua orang atau hanya orang yang Anda terima sebagai pengikut Anda.
  • Jika Anda ingin mengizinkan orang-orang yang Anda tidak kenal untuk mengirim permintaan mengikuti, pilih opsi “Menerima Permintaan Mengikuti” dan geser tombol ke kanan untuk mengaktifkannya.
  • Jika Anda ingin membatasi siapa saja yang bisa melihat postingan Anda, pilih opsi “Story” dan pilih siapa saja yang bisa melihat story Anda. Anda juga dapat memilih siapa saja yang bisa membalas story Anda dan siapa saja yang dapat mengirimkan pesan Anda.
  • Setelah Anda selesai mengatur privasi akun Anda, keluar dari pengaturan dan akun Anda sekarang akan menjadi akun pribadi.
Baca Juga  Cara Merubah Klise Menjadi Foto Digital di HP

Dengan mengatur akun Instagram Anda sebagai akun pribadi, Anda dapat membatasi akses ke konten Anda hanya kepada pengikut Anda. Ini berarti bahwa orang yang ingin mengikuti akun Anda harus mengirimkan permintaan terlebih dahulu dan Anda harus menyetujuinya terlebih dahulu sebelum mereka dapat melihat konten Anda. Selain itu, dengan memilih siapa saja yang dapat melihat story dan membalas pesan, Anda dapat memastikan bahwa konten Anda hanya dilihat oleh orang-orang yang Anda percayai.

Baca Juga

Leave a Comment