5 Cara Monetize TikTok untuk Pemula

Cara Monetize TikTok
Rate this post

LABTekno.com – Cara monetize TikTok saat ini wajib kalian pelajari. Jika mungkin beberapa tahun yang lalu Anda seperti alergi dengan media sosial satu ini, kini banyak sekali tren yang lahir dari TikTok.

TikTok saat ini menjadi salah satu aplikasi yang bisa diakses secara gratis dengan begitu banyak pengguna. Selain itu, banyak juga kreator yang menawarkan video pendek unik dan kreatif, sehingga banyak juga yang akhirnya menjadi tren di media sosial lainnya. 

Dengan banyaknya pengguna tersebut, secara otomatis menjadikan TikTok sebagai pasar baru yang besar. Peluang bisnis di dalamnya harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan membahas cara monetize TikTok untuk pemula. Berikut penjelasannya.

Cara Monetize TikTok untuk Pemula

Cara monetize TikTok sebenarnya mudah, siapapun bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Jadi Influencer

Cara Monetize TikTok - Jadi Influencer
Cara Monetize TikTok – Jadi Influencer

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video pendek. Salah satu cara monetize TikTok adalah dengan menjadi influencer TikTok. Sebagai influencer, Anda bisa mendapatkan uang melalui postingan bersponsor dan kemitraan dengan merek. 

Influencer bisa diartikan sebagai orang yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian orang lain. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti popularitas, hubungan, hingga kredibilitas terhadap audiens yang bersangkutan. 

Oleh karena itu, mungkin saat ini perlu mencoba menjadi seorang influencer TikTok. Nantinya, Anda bisa mendapatkan uang dari orang yang ingin menggunakan jasa influencer tersebut.

Live Streaming

Cara Monetize TikTok - Live Streaming
Cara Monetize TikTok – Live Streaming

Cara monetize TikTok selanjutnya adalah dengan melakukan live streaming. Jika Anda membuka aplikasi TikTok, maka akan melihat lingkaran gambar profil bertuliskan Live. 

Baca Juga  Cara Buat Web Sendiri, Mudah Bagi Pemula

Hal tersebut mengindikasikan bahwa pengguna sedang melakukan siaran langsung. Nilai tukar untuk live streaming sebenarnya bermacam-macam, tergantung berapa lama live tersebut. Namun, biasanya para pengguna TikTok membeli koin menggunakan uang sungguhan.

Selanjutnya mereka akan menggunakannya pada pembuat konten teratas. Sistem ini sendiri bekerja layaknya sebuah donasi atau tip yang ada di dunia nyata. Dengan begitu, cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

Promosi Konten

Cara monetize TikTok yang ketiga juga tidak kalah efektif untuk menghasilkan uang melalui aplikasi TikTok. 

Anda bisa membuat konten secara khusus kemudian mempostingnya di beranda Tiktok. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk orang lain.

Nantinya, Anda akan memperoleh uang dari promosi konten tersebut. Semakin banyak konten yang dipromosikan, maka semakin banyak pula uang bisa kalian peroleh. 

Promosikan Bisnis Pribadi

Cara monetize TikTok lainnya adalah dengan membuat dan menjual produk Anda sendiri, seperti merchandise atau produk digital seperti e-book atau kursus. Anda juga dapat memonetisasi TikTok dengan menawarkan layanan Anda, seperti pelatihan atau konsultasi, kepada pengguna lain di platform tersebut.

Bagi Anda yang memang sudah memiliki bisnis, maka cobalah untuk mempromosikan bisnis pribadi tersebut di akun TikTok. 

Perlu diketahui bahwa cara ini sendiri merupakan salah satu metode yang paling umum untuk menghasilkan uang. Sebab platform promosi gratis ini bisa digunakan oleh siapa saja. 

Jangan ragu untuk membuat video berdurasi pendek mengenai keuntungan, testimoni, hingga proses mengembangkan bisnis tersebut.

Melalui Smart Direct Link dari Adsterra

Cara monetize TikTok yang terakhir bisa dilakukan melalui Adsterra. Anda bisa mendaftarkan akun di Publisher Adsterra terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Isi formulirnya dengan benar.
  • Pada panel kiri, silakan tambahkan situs web Anda dan pilih Direct Link di kolom Ad Unit.
  • Tunggu sekitar 5 menit untuk mendapatkan persetujuan.
  • Jika belum memiliki blog atau website, maka silakan kembali login ke Adsterra.
  • Kemudian pilih rent domain khusus untuk tujuan monetasi menggunakan Smart Direct Link.
  • Lalu masukkan link iklan dari Smart Direct Link ke biodata TikTok agar penonton tertarik untuk mengklik link yang ada di bio Tiktok Anda. 
  • Silakan ubah akun Tiktok pribadi ke akun Bisnis secara gratis. Caranya klik titik tiga pada kanan atas (Pengaturan dan Privasi) aplikasi TikTok
  • Pilih opsi kelola akun.
  • Lalu pilih Alihkan Ke Akun Bisnis.
  • Jika sudah, maka akan muncul kolom website di profil.
  • Silakan tempelkan link tadi ke kolom tersebut.
Baca Juga  Cara Memutus Koneksi WiFi Orang Lain

Nah, jika Anda sudah memasang link tersebut, maka hanya perlu membuat konten yang menarik agar orang lain penasaran dan kemudian mengklik profil bio dan mengikuti link yang terpasang.

Adsterra akan menghitung pendapatan Anda secara otomatis. Jika penasaran, silakan mengeceknya di akun Adsterra. 

Apabila sudah terkumpul hingga 100$, kalian bisa menarik pendapatan tersebut melalui Paypal.

Demikian beberapa cara monetize TikTok untuk pemula. Bagaimana menurut Anda, mudah kan? Siapa saja bisa mencoba cara di atas untuk menghasilkan uang melalui TikTok. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top