5 Cara Merawat Layar ASUS OLED

Cara Merawat Layar ASUS OLED
5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Cara merawat layar ASUS OLED wajib diketahui oleh semua pengguna. Sebab perawatan yang tepat membuat perangkat tersebut terhindar dari masalah burn-in OLED.

Meskipun teknologi layar satu ini memiliki banyak sekali keunggulan, namun tak sedikit juga yang mengeluhkan.

Layar OLED membutuhkan lebih banyak perhatian daripada layar LED-LCD biasa. Karena senyawa organik di dalam panel rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan panas berlebih.

Efek burn-in OLED biasanya ditandai dengan adanya noda yang tetap muncul berada di layar. 

Jika harus didefinisikan secara rinci, burn-in merupakan nama lain dari retensi gambar permanen, dimana suatu pola terjebak secara permanen di layar. Hal ini disebabkan oleh keausan piksel yang tidak merata. Senyawa organik di dalam panel lebih cepat aus daripada senyawa di sekitarnya. 

Hal ini tentu akan membuat penggunanya merasa tidak nyaman. 

Berikut ini cara merawat layar ASUS OLED untuk menghindari masalah burn-in:

Hindari Menampilkan Elemen Statis di Layar ASUS OLED

Cara merawat layar ASUS OLED yang paling mudah adalah dengan menghindari menampilkan elemen statis di layar untuk waktu yang lama.

Pada laptop ASUS OLED, bisa ditemukan misalnya pada bagian taskbar. Kalian bisa mengaturnya untuk dapat disembunyikan otomatis.

Berikut ini caranya:

Tampilan Menu Personalisasi Taskbar
Tampilan Menu Personalisasi Taksbar
Menu Taskbar Behaviours
Menu Taskbar Behaviours
  • Klik kanan pada menu taskbar, atau bagi pengguna touchpad bisa melakukan klik dengan dua jari pada taskbar.
  • Nanti akan muncul opsi Taskbar Settings, langsung saja klik dan pilih.
  • Jika sudah, kalian akan dibawa ke menu Personalisation Taskbar.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu Taskbar behaviours, lalu klik.
  • Kemudian, beri tanda centang atau checklist pada opsi Automatically hide the taskbar untuk menyembunyikan taskbar secara otomatis.
  • Selesai, kini taskbar laptop ASUS OLED kalian sudah otomatis disembunyikan saat tidak digunakan.
Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

Layar ASUS OLED memang kurang tepat jika digunakan untuk menampilkan hal-hal yang sama setiap harinya. Layar tersebut lebih cocok untuk mengonsumsi berbagai konten yang bervariasi.

Jika layar ASUS OLED kalian digunakan untuk berbagai aktivitas, baik itu bermain game, menonton film, atau mengedit video secara bergantian, maka kemungkinan layar ASUS OLED tersebut akan aman. Terhindar dari masalah burn-in OLED.

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Cara merawat layar ASUS OLED selanjutnya adalah dengan mengaktifkan semua fitur perlindungan burn-in OLED yang tersedia di laptop ASUS OLED kalian.

Misalnya kalian bisa mengatur penyesuaian cahaya otomatis ke High untuk menggelapkan area statis layar. Meskipun terkesan pengaturan yang agresif, namun berfungsi dan sangat ideal jika kalian memainkan banyak game di laptop ASUS OLED.

Sebab pergeseran piksel pada layar ASUS OLED diperlukan untuk mengubah gambar di layar agar piksel yang berbeda ikut digunakan.

Sekaligus menyebarkan keausan di area piksel yang lebih luas. Tidak hanya di titik-titik tertentu saja.

Jika laptop ASUS OLED kalian memungkinkan untuk menonaktifkan elemen HUD atau mengaktifkan transparansi HUD, maka hal tersebut juga dapat membantu mengurangi masalah gambar statis.

Hindari Penggunaan pada Aliran Udara Panas

Cara merawat layar ASUS OLED berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan di bawah terik matahari, terlalu dekat dengan pemanas atau dinding. Dengan kata lain, kalian harus memastikan adanya sirkulasi udara yang baik di bagian bawah perangkat.

Bersihkan sirkulasi udara laptop OLED tersebut secara berkala untuk mencegah akumulasi debu yang dapat mempengaruhi pembuangan panas.

Hal-hal tersebut sangat penting karena salah satu alasan utama tampilan OLED tidak tetap seterang LED disebabkan karena panas yang dihasilkannya. Apabila terlalu banyak panas, maka dapat menurunkan komponen organik panel dan menyebabkan kerusakan dan pembakaran layar ASUS OLED.

Baca Juga  Cara Mengatasi Virus Shortcut

Sinyal ultraviolet kuat yang dihasilkan oleh matahari juga beresiko terhadap kerusakan layar ASUS OLED. Oleh sebab itu, pengguna disarankan untuk tidak menggunakannya di bawah terik sinar matahari secara langsung.

Lakukan Penyegaran Piksel Secara Berkala

Cara merawat layar ASUS OLED lainnya yaitu dengan melakukan penyegaran piksel untuk menjaga panel dalam kondisi prima.

Hal ini dilakukan dengan memeriksa dan menyesuaikan nilai tegangan untuk setiap piksel yang secara efektif meratakan keausan pada panel.

Secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi masa penggunaan layar ASUS OLED itu sendiri.

Di laptop kalian mungkin sudah tersedia opsi untuk melakukan penyegaran piksel secara manual. 

Perbarui Perangkat Lunak

Cara merawat layar ASUS OLED yang tak kalah penting yaitu dengan memperbarui perangkat lunak. Sebab biasanya pembaruan tersebut tidak hanya untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja laptop ASUS OLED saja. Melainkan juga seringkali menawarkan fitur terbarunya.

Beberapa pembaruan mungkin juga menimbulkan bug dan masalah baru.

Demikian beberapa cara merawat layar ASUS OLED terbaik agar dapat meningkatkan masa penggunaannya. Bagi kalian yang menggunakan layar berjenis OLED lainnya, silakan ikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top