Jangan Panik, Begini Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Achmad Fachrur Rozi

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo
Rate this post

LABTekno.com – Cara menonaktifkan talkback Oppo sebenarnya mudah. Hal semacam ini memang perlu diketahui, agar jika sewaktu-waktu tidak sengaja mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa mematikannya tanpa panik.

Sebenarnya, hampir semua HP dengan sistem operasi Android sekarang ini sudah memiliki fitur Talkback. Termasuk pada smartphone Oppo yang dapat membuat sistem menyebutkan lewat suara setiap menu, ikon, aplikasi, konten, atau fungsi yang disentuh oleh pengguna.

Singkatnya, fitur Talkback memang ditujukan untuk membantu pengguna berkebutuhan khusus yang harus menggunakan handphone dengan panduan suara agar mudah dinavigasikan dan diakses.

Pada pengaturan defaultnya, fitur ini memang tidak aktif di HP Oppo. Namun biasanya jika tidak sengaja diaktifkan, fitur ini justru membuat penggunanya panik, karena mengeluarkan suara yang sangat keras. 

Pengertian Fitur Talkback pada HP Oppo

Sebelum membahas cara menonaktifkan talkback Oppo, perlu diketahui terlebih dahulu pengertiannya. 

Fitur TalkBack pada HP Oppo adalah salah satu fitur aksesibilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat menggunakan suara. 

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan atau pengguna yang membutuhkan bantuan suara dalam mengoperasikan perangkat.

Dengan mengaktifkan fitur TalkBack, pengguna dapat mendengarkan informasi tentang tindakan yang dilakukan pada perangkat, seperti menggeser layar, memilih tombol, atau memutar layar. 

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan suara untuk memberikan perintah pada perangkat, seperti membuka aplikasi, memeriksa notifikasi, atau memainkan musik.

Fitur TalkBack di HP Oppo memungkinkan pengguna untuk mengakses semua fitur dan fungsi pada perangkat, bahkan jika mereka memiliki keterbatasan penglihatan atau tidak dapat melihat layar dengan jelas. 

Baca Juga  Cara Edit Foto Mirip Disney Pixar, Bisa Pakai Canva

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perangkat secara visual atau membutuhkan bantuan suara dalam kegiatan sehari-hari.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Jika Anda merasa terganggu dengan fitur Talkback di HP Oppo, berikut ini cara menonaktifkan talkback Oppo dengan mudah:

  • Pertama, silakan masuk ke menu Settings atau Pengaturan di HP Oppo
  • Lalu pilih menu Additional Settings atau Pengaturan Tambahan
  • Kemudian gulir layar ke bawah hingga menemukan menu Accessibility, langsung saja pilih menu tersebut
  • Selanjutnya, silakan akses menu Talkback yang tersedia
  • Jika fitur Talkback di HP Oppo telah aktif, maka tombol toggle berwarna hijau. Untuk mematikannya silakan klik tombol tersebut hingga berwarna abu-abu
  • Fitur Talkback pun akan nonaktif atau dimatikan
Cara Menonaktifkan Talkback Oppo
Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pada saat ingin mengaktifkan fitur Talkback, pengguna akan diminta oleh sistem untuk mempelajari bagaimana cara penggunaannya, baik itu untuk melakukan navigasi, memilih menu, maupun menjalankan aplikasi.

Dengan aktifnya fitur tersebut, maka proses penggunaan handphone Oppo akan sedikit berbeda dibandingkan biasanya karena memang ada tahapan-tahapan baru yang harus dilakukan.

Misalnya saja pada saat ingin memilih menu atau aplikasi, maka sistem akan meminta untuk menekannya sebanyak dua kali agar perintah dapat dieksekusi. 

Kemudian pada saat menggulung sebuah halaman, maka pengguna harus menggunakan dua jari sekaligus.

Hal ini berlaku juga saat mengikuti langkah untuk mematikan fitur TalkBack. Pengguna juga harus menekannya sebanyak dua kali ketika ingin memilih menu. Sehingga dapat melakukan navigasi seperti biasa hingga mengeksekusi perintah yang dibutuhkan.

Demikian cara menonaktifkan Talkback Oppo dengan mudah. Jadi, Anda tak perlu panik jika fitur ini tiba-tiba tidak sengaja diaktifkan. Ikuti saja langkah-langkah di atas untuk menonaktifkannya. Selamat mencoba!

Baca Juga  Cara Setting Ethernet Windows 10, Gampang

Baca Juga

Tags

Leave a Comment