Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme
Rate this post

LABTekno.com – Cara mengunci aplikasi di HP Realme sampai saat ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal fitur yang disediakan oleh Realme ini merupakan salah satu upaya untuk mengamankan privasi penggunanya.

Tidak diragukan lagi, beberapa tahun terakhir, perangkat buatan Realme memang sedang naik daun di Indonesia. Banyak pengguna yang telah terpikat untuk meminang smartphone tersebut untuk mendukung setiap aktivitasnya sehari-hari.

Bukan hanya karena menawarkan perangkat keras yang menarik, smartphone Realme juga dibekali dengan antarmuka sistem realme UI yang menawarkan bermacam-macam fitur unggulan kepada penggunanya.

Keunggulan Fitur App Lock di HP Realme

Sebelum membahas cara mengunci aplikasi di HP Realme, perlu diketahui beberapa keunggulannya. Fitur mengunci aplikasi pada smartphone memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  1. Keamanan yang lebih tinggi: Dengan mengunci aplikasi, Anda dapat memastikan bahwa data pribadi dan informasi sensitif yang tersimpan di dalamnya tetap aman dari akses yang tidak diinginkan atau pencurian data.
  2. Privasi yang lebih baik: Dengan mengunci aplikasi, Anda dapat memastikan bahwa orang lain tidak dapat mengakses aplikasi atau konten pribadi Anda tanpa persetujuan Anda.
  3. Kontrol akses yang lebih baik: Dengan mengunci aplikasi, Anda dapat membatasi akses ke aplikasi tertentu pada perangkat Anda, sehingga hanya Anda yang dapat mengaksesnya. Ini dapat membantu menghindari penggunaan aplikasi oleh anak-anak atau orang lain yang tidak diinginkan.
  4. Mudah digunakan: Fitur mengunci aplikasi pada smartphone biasanya mudah digunakan dan dapat diatur dalam beberapa langkah sederhana. Ini membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengamankan perangkat mereka dan data pribadi mereka.
Baca Juga  Cara Downgrade Windows 11 ke 10

Dengan mengunci aplikasi pada smartphone, pengguna dapat merasa lebih aman dan terlindungi dari akses yang tidak diinginkan. Fitur ini menjadi semakin penting ketika perangkat digunakan untuk menyimpan data pribadi, seperti informasi keuangan atau data medis.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme

Berdasarkan berbagai keunggulan yang ditawarkan pada fitur App Lock di HP Realme, pengguna tentu lebih tenang terhadap privasinya. Antarmuka sistem realme UI yang menawarkan dukungan App Lock memungkinkan penggunanya untuk mengunci aplikasi yang dianggap rahasia.

Sehingga tidak sembarang orang yang bisa mengaksesnya meskipun sudah membuka layar kunci.

Oleh sebab itu, perlu kiranya setiap pengguna untuk mengetahui cara mengunci aplikasi di HP Realme:

  • Masuk ke halaman Settings
  • Cari dan buka setelan Privacy
  • Buka tab Privacy jika diperlukan
  • Pilih menu App lock
  • Aktifkan setelan untuk App lock
  • Pilih tombol yang sesuai untuk mengatur kunci jika diminta
  • Klik Use a different password type jika ingin mengubah jenis kunci
  • Buat kunci lalu verifikasi
  • Jangan lupa untuk melengkapi informasi pemulihan untuk berjaga-jaga
  • Setelah selesai mengatur kunci, aktifkan tombol pada aplikasi-aplikasi yang ingin dikunci
  • Jika diperlukan, aktifkan juga dukungan face atau fingerprint unlock

Setelah mengaktifkan app lock dan memilih aplikasi-aplikasi yang ingin dikunci, nantinya pengguna akan membutuhkan kata sandi, PIN, atau pola untuk membukanya. 

Bagi smartphone yang sudah support dukungan pemindai sidik jari atau pengenalan wajah juga bisa memanfaatkan fitur tersebut agar lebih praktis.

Jika ingin menonaktifkan fitur App Lock atau hanya ingin mengaktifkannya pada aplikasi-aplikasi tertentu saja. Maka silakan masuk ke halaman setelan App lock untuk melakukan hal tersebut.

Jika ingin menonaktifkan fitur ini sepenuhnya, silakan mematikan setelan App lock. Sementara untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja, maka silakan ketuk tombol atau toggle di sampingnya agar berubah ke posisi off.

Baca Juga  Cara Mengatasi Baterai Drop, Baca Ini Sebelum Beli Baru!

Mungkin beberapa smartphone Realme menampilkan antarmuka sistem yang sedikit berbeda. Namun secara garis besar, langkah-langkahnya hampir sama. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment