5 Cara Menggunakan TikTok Ads

Cara Menggunakan TikTok Ads
Rate this post

LABTekno.com – Cara menggunakan TikTok Ads sebagai salah satu strategi digital marketing ampuh saat ini wajib kalian ketahui. Sebab aplikasi TikTok merupakan sosial media yang berisi video pendek dengan usia rata-rata pengguna di bawah 30 tahun.

Bagi pengiklan yang ingin menargetkan pasarnya ke kalangan tersebut, tentu dapat menaikkan engagement sekaligus profit bisnisnya.

Fitur TikTok Ads yang telah tersedia menawarkan sejumlah format iklan untuk membantu merk atau brand untuk menjangkau audiens. Berikut ini cara menggunakan TikTok Ads dengan mudah:

Buat Akun Iklan TikTok for Business

Cara Menggunakan TikTok Ads
Daftarkan akun TikTok for Business | Sumber: Ads-TikTok

Cara menggunakan TikTok Ads yang pertama adalah membuat akun iklan TikTok terlebih dahulu. Kalian bisa mengunjungi halaman beranda TikTok for Business dan klik tombol get started.

Nantinya kalian akan diarahkan ke halaman login. Jika kalian baru pertama kali membukanya, silakan buat akun terlebih dahulu dengan mengeklik tombol sign-up. Lalu akan diarahkan kembali ke halaman TikTok Ads dan silakan ikuti petunjuk pembuatan akun iklan TikTok. Isi semua formulir dengan benar. 

Buat Kampanye di TikTok Ads

Jika kalian sudah memiliki akun dan sudah login di akun TikTok Ads, cara menggunakan TikTok Ads berikutnya adalah membuat kampanye TikTok Ads. Silakan buka dashboard TikTok Ads, klik tab campaign pada bagian atas halaman.

Kemudian klik tombol create dan create new untuk membuat kampanye baru. Nantinya akan tersedia tiga opsi mengenai tujuan iklan kalian, antara lain awareness dengan pilihan reach, consideration dengan pilihan traffic, app install dan video views, serta yang terakhir adalah conversion. Silakan pilih tujuan utama iklan tersebut.

Baca Juga  6 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

Jika tujuannya sudah ditentukan, maka kini saatnya untuk menetapkan anggaran kampanye iklan TikTok kalian. Ada dua opsi yang tersedia, yaitu anggaran harian dan anggaran total. Kalian juga bisa memilih no limit, apabila memang memiliki anggaran jor-joran untuk iklan. 

Perlu diperhatikan juga anggaran minimum harian dan total yang perlu dipenuhi.

Setelah itu, baru tekan tombol continue untuk melanjutkannya.

Atur Penempatan, Detail dan Target Iklan

Cara Menggunakan TikTok Ads
Cara Menggunakan TikTok Ads agar lebih optimal | Sumber: Twitter Sam Knight @Digitalattntion

Cara menggunakan TikTok Ads selanjutnya adalah dengan membuat grup iklan (Ad group) untuk kampanye kalian dan memilih placement serta penargetan iklan.

TikTok Ads memungkinkan para pengiklan untuk memilih platform yang tepat untuk menjalankan iklan. Jika kalian tidak mau ribet, maka bisa memilih opsi auto placement, untuk menyerahkan kepada TikTok untuk menentukan penempatan iklan tersebut demi mendapatkan kinerja iklan terbaik.

Sillakan masukkan semua detail yang diperlukan untuk menjalankan iklan, baik itu URL atau link ke website/toko online, nama tampilan, gambar, dan kategori iklan yang relevan.

Kalian bisa memilih hingga 20 keyword yang mendeskripsikan situs atau aplikasi kalian. Nantinya, keyword ini berguna untuk mencocokkan produk kalian dengan audiens yang tepat.

Tentukan juga target audiens TikTok ads kalian berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat dan lain sebagainya untuk menarik audiens yang tepat. 

Tetapkan Anggaran, Waktu dan Sasaran Iklan

Cara menggunakan TikTok Ads selanjutnya masih pada pengaturan ad group, yaitu menetapkan anggaran untuk grup iklan pada bagian anggaran dan jadwal.

Silakan pilih anggaran harian jika jika kalian ingin membayarkan iklan setiap harinya untuk dibelanjakan. Bisa juga memilih anggaran total yang ingin kalian belanjakan selama durasi iklan yang telah dipilih. 

Baca Juga  Cara Membuka App Lock Jika Lupa Password 

Pastikan anggarannya melebihi batas minimum anggaran iklan dalam setiap opsi penentuan biaya anggaran iklan.

Pemilihan durasi untuk menjadwalkan waktu tayang iklan juga penting. Kalian bebas memilih waktu tertentu dalam sehari atau seminggu untuk menjalankan iklan.

TikTok Ads juga menawarkan opsi pengoptimalan cerdas yang akan menyesuaikan dan mengoptimalkan tingkat konversi. Jika kalian memilih klik atau tayangan iklan sebagai target iklan, maka opsi pengoptimalan cerdas lebih baik dinonaktifkan.

Tentukan Format dan Desain Iklan

Tampilan dashboard TikTok Ads
Tampilan dashboard TikTok Ads | Sumber: TikTok Natasya Surya

Cara menggunakan TikTok Ads yang terakhir adalah menentukan format dan desain iklan. Kalian bisa langsung merancang desainnya dari TikTok App. Formatnya beragam, bisa berupa video, gambar horizontal, vertikal atau persegi. 

Melalui tool video creation kit, kalian bisa memilih template video dan gambar untuk iklan TikTok. Tersedia lebih dari 300 pilihan backsound gratis yang dapat digunakan.

Jika sudah, TikTok akan mereview kampanye iklan kalian, apabila disetujui maka iklan bisa mulai berjalan dan ditayangkan.

Kalian bisa memantau kinerja TikTok Ads yang kalian buat di menu dashboard iklan.

Demikian cara menggunakan TikTok Ads dengan mudah. Bagi kalian yang ingin meningkatkan awareness akun maupun produk bisnis, TikTok Ads menjadi salah satu solusi mudah untuk hal tersebut. Sebab konten TikTok kalian semakin dikenal dan menjangkau target market yang diinginkan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top