Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok
Rate this post

LABTekno.com – Cara mengganti tanggal lahir di TikTok mungkin diperlukan sebagian pengguna. Terutama bagi mereka yang tadinya asal mengisi tanggal lahir, atau keliru memasukkannya saat mendaftarkan akun.

Bagi pengguna yang awalnya belum cukup umur, karena adanya pemberlakuan aturan khusus yang membatasi konten bagi pengguna yang di bawah usia legal.

Jika demikian, maka sebaiknya segera ajukan penggantian data usia agar konten TikTok kalian tidak dibatasi. 

Kebijakan pembatasan konten berdasar usia di TikTok

TikTok sebagai aplikasi video pendek sekarang ini memiliki popularitas yang luar biasa. Jumlah pengguna dan kontennya juga terus bertambah setiap detiknya.

Kalangan pengguna dari anak-anak hingga dewasa dapat diatur dengan menampilkan konten yang relevan dengan usia.

Terkait kebijakan pengguna di bawah umur, orang tua dapat memfilter tontonan anaknya. Berikut ini beberapa ketentuan usia yang berlaku di TikTok:

  1. Pengguna TikTok dengan identitas akun terdaftar berusia kurang dari 18 tahun tidak dapat diatur menjadi ‘publik’. Selain itu, mereka juga tidak bisa menggunakan fitur send gift
  2. Akun yang terdaftar dengan identitas usia di bawah 16 tahun tidak dapat mengirim ataupun menerima pesan DM, melakukan live, ataupun menggunakan fitur duet
  3. Pengguna TikTok yang mendaftarkan akun dengan identitas umur di bawah 15 tahun hanya akan muncul di fitur ‘Suggestion’
  4. Akun dari pengguna yang berumur antara 13–15 tahun tidak akan menerima notifikasi TikTok setelah lewat pukul 21.00. Adapun akun yang didaftarkan dengan usia antara 16–17 tahun, tidak akan mendapatkan notifikasi TikTok setelah pukul 22.00.
Baca Juga  Cara Melihat Riwayat Percakapan Rahasia di Messenger

Kebijakan TikTok terkait batasan usia di atas sebenarnya sangat membantu orang tua dalam mengontrol tontonan anaknya, sekaligus membatasi waktu layar dan melindungi interaksi anaknya di media sosial.

Namun akan jadi masalah ketika pengguna salah memasukkan tanggal dan tahun lahir saat mendaftarkan akun. Jika usianya kurang dari 18 tahun, maka akun tersebut akan mengikuti ketentuan atau kebijakan tersebut. 

Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok

Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok

Media sosial lain, mungkin menyediakan fitur penggantian tanggal lahir secara langsung di menu Pengaturan. Namun berbeda halnya di TikTok, pengguna membutuhkan konfirmasi terlebih dahulu dan langkah-langkahnya dinilai cukup merepotkan.

Sebab kalian perlu mengadukannya ke customer service dan membutuhkan waktu cukup panjang hingga pengaduan tersebut ditindaklanjuti oleh pihak TikTok.

Selain itu, jika ingin mengganti tanggal lahir di TikTok juga memerlukan identitas asli pengguna untuk memvertifikasi usia sebenarnya.

Dengan begitu, maka konten yang muncul nantinya menjadi relevan sesuai kebutuhan.

Jika kalian tidak mempermasalahkan aturan pembatasan usia tersebut, mungkin tidak ada keperluan untuk mengganti umur. Tinggal tunggu saja hingga sudah cukup umur.

Nah, akan berbeda jika kalian ingin memperbarui umur terdaftar, maka silakan ikuti cara mengganti tanggal lahir di TikTok. 

Sebelumnya, siapkan KTP, SIM, atau identitas terverifikasi dari pemerintah lainnya terlebih dahulu dan simak langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi TikTok yang ada di HP
  2. Klik ikon Profil di bagian kanan bawah layar dengan gambar ikon orang. 
  3. Login ke akun TikTok yang akan diganti usianya
  4. Klik opsi menu garis tiga di pojok kanan atas
  5. Pilih menu Pengaturan dan Privasi
  6. Gulir ke bawah hingga menemukan Laporkan Masalah
  7. Di halaman pelaporan, klik ikon dokumen di bagian pojok kanan atas
  8. Selanjutnya, kembali klik ikon pensil di pojok kanan atas pada halaman Umpan Balik Anda
  9. Tuliskan tujuan pelaporan yang dalam tutorial ini merupakan cara mengganti tanggal lahir di TikTok. Silakan deskripsikan tujuan dan alasan mengapa langkah laporan ini penting. Misalnya: “Saya ingin mengganti tanggal lahir di akun saya. Sebab, tanggal dan tahun lahir yang tercantum saat ini tidak sesuai dengan identitas asli saya. Untuk verifikasi, saya bisa memberikan salinan dokumen identitas resmi yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir asli saya.”
  10. Jika sudah, klik tombol Laporkan di bagian bawah. Di bagian ini, tidak perlu mengunggah gambar atau foto apapun, termasuk identitas diri
  11. Tunggu 1–2 hari hingga tim TikTok membalas laporan tersebut melalui email yang terdaftar 
  12. Pada tahap sebelumnya, Tim Support TikTok akan meminta verifikasi usia. Biasanya, pengguna akan diminta memberikan salinan dokumen yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir resmi.
Baca Juga  5 Cara Monetize TikTok untuk Pemula

Setelah itu, jika dokumen dan verifikasi tadi dinyatakan sesuai dengan identitas asli, maka Tim Support TikTok mengubah tanggal dan tahun lahir secara otomatis. 

Penyebab Gagal Mengganti Tanggal Lahir di TikTok

Cara mengganti tanggal lahir di TikTok ini bisa gagal biasanya disebabkan karena berbagai kemungkinan. 

Tim Support TikTok akan melakukan verifikasi terlebih dahulu kepada pelaporan yang ingin mengganti tanggal lahir. 

Makanya, perlu mempersiapkan dokumen resmi yang menunjukkan tanggal dan tahun lahir.

Begitu tidak bisa menunjukkannya, maka TikTok pun berwenang untuk tidak mengganti identitas terdaftar di akun tersebut.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab gagal mengganti tanggal lahir di TikTok, antara lain:

  • koneksi internet ponsel kurang stabil
  • aplikasi TikTok belum di-update ke versi terbaru
  • adanya crash pada aplikasi dengan perangkat
  • server TikTok mengalami gangguan atau maintenance 
  • dokumen pendukung (KTP, SIM, Paspor) kurang atau tidak dipercaya oleh pihak TikTok.

Demikian cara mengganti tanggal lahir di TikTok. Memang cukup merepotkan bagi kalian yang ingin mengubahnya sesuai identitas asli.

Namun hal ini bertujuan agar konten yang disajikan dapat relevan dengan pengguna dan menghindari konten yang tidak sesuai bagi pengguna di bawah umur. 

Alternatif cara mengganti tanggal lahir di TikTok yang paling praktis adalah dengan membuat akun baru sesuai tanggal lahir kalian.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment