7 Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP, Cocok Buat Detektif

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP
Rate this post

LABTekno.com – Cara mengetahui pemilik nomor HP saat ini dapat dilakukan dengan mudah. Jika kalian ingin mencari nomor telepon tertentu, misalnya ingin mencari tahu siapa nomor tak dikenal yang telah menelpon tadi.

Hal ini dapat berguna untuk mengecek potensi sumber tindak kejahatan. Kalian dapat mengikuti beberapa cara mengetahui pemilik nomor HP berikut.

Silakan simak penjelasannya sampai tuntas, ya!

Searching di Google

Cara mengetahui pemilik nomor HP yang pertama bisa dilakukan melalui pencarian Google. Ini merupakan langkah umum yang biasa dilakukan pertama kali oleh sebagian besar orang. 

Bisa jadi, nomor tersebut pernah mencantumkan nomor HP mereka di salah satu situs web.

Nah, caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu mengetikkan nomor HP yang ingin dicari diawali dengan kode area nomor HP tersebut. 

Misalnya, untuk negara Indonesia, kode negara yang digunakan adalah +62. 

Truecaller

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP - TrueCaller

Cara mengetahui pemilik nomor HP berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs website Truecaller.

Situs ini memang khusus menyediakan jasa untuk melacak nomor HP. Tersedia juga aplikasi Truecaller yang dapat diunduh di toko aplikasi sesuai perangkat yang kalian gunakan. 

Google Play Store untuk perangkat Android dan App Store bagi pengguna perangkat iOS. Setelah menginstall aplikasi TrueCaller atau langsung di situsnya, silakan ikuti cara berikut ini: 

  • Buka aplikasi atau situs Truecaller.com.
  • Masukkan nomor HP yang dituju pada kolom yang tersedia.
  • Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakannya, kalian perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu atau langsung saja sign in menggunakan akun Google atau Microsoft.
  • Jika sudah, langsung saja klik ikon “search” untuk memulai mencari nomor HP tersebut.
  • Tunggu beberapa saat dan Truecaller akan menunjukkan data dari pemilik nomor HP yang dicari.
Baca Juga  2 Cara Mengganti Username Twitter X Mudah

Situs kredibel.com

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP - Kredibel.com

Cara mengetahui pemilik nomor HP selanjutnya juga bisa dilakukan melalui situs kredibel.com.

Situs ini juga dapat memberikan kalian informasi mengenai nomor HP yang dicari. Berikut ini cara mengecek nomor HP di situs kredibel.com: 

  • Buka browser di perangkat kalian dan kunjungi website kredibel.com
  • Kemudian masukan nomor yang tidak dikenal atau nomor yang ingin dicari pemiliknya.
  • Maka dalam beberapa saat, kalian akan disuguhkan beberapa informasi yang berkaitan dengan status pemilik nomor tersebut.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP melalui Whoscall

Jika cara sebelumnya menggunakan website atau situs, cara mengetahui pemilik nomor HP lainnya juga bisa dilakukan melalui aplikasi Whoscall. 

Aplikasi ini memiliki database yang terbilang cukup lengkap. Kalian dapat menemukan atau mengetahui siapa saja yang telah menelpon. 

Hal ini tidak mengherankan, sebab aplikasi Whoscall telah diunduh sebanyak 50 juta kali.

Tidak hanya untuk mengetahui siapa pemilik nomor HP, aplikasi Whoscall juga dapat memblokir panggilan telepon serta SMS spam yang mengganggu.

Nah, aplikasi ini sangat penting digunakan mengingat setiap harinya kita biasanya menerima puluhan SMS spam dari operator, situs judi online hingga yayasan donasi.

Push SMS spam yang agresif seperti ini memang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, Whoscall bisa dimanfaatkan untuk memblokirnya. 

Selain itu, Whoscall juga dapat melakukan pengecekan nomor HP secara offline sehingga tidak perlu tersambung koneksi internet. 

Showcaller

Showcaller

Alternatif aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek pemilik nomor HP adalah Showcaller. 

Tidak kalah dari aplikasi sebelumnya, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 50 juta kali di dunia. Sehingga data yang terkumpul pun terbilang sudah cukup akurat. 

Kalian hanya perlu mendaftarkan akun dengan berlangganan menjadi anggota layanan premium.

Baca Juga  Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

Anggota premium ini bisa mengecek banyak nomor HP tanpa batas. Namun bagi kalian yang hanya sesekali mencobanya, cukup gunakan versi gratisnya saja. 

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Showcaller tidak hanya untuk melakukan pengecekan nomor HP saja. Namun juga dapat digunakan untuk melakukan blokir dan merekam percakapan telepon. 

Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa dijadikan salah satu andalan untuk keamanan nomor telepon.

CIA ID

CIA ID

Hampir sama seperti aplikasi lainnya, CIA ID juga dapat digunakan untuk mengetahui siapa pemilik nomor HP.

Jumlah unduhannya sudah mencapai 5 miliar dengan rating 3,6 di Google Play Store. Sehingga bisa dibilang cukup terpercaya dengan database yang lumayan akurat. 

Tidak hanya bisa melacak nomor HP, aplikasi CIA ID ini juga dapat digunakan untuk memblokir nomor tertentu dan memberikan peringatan spam.

Selain itu, menariknya aplikasi ini adalah dapat merekomendasikan pengguna nomor HP lain dari sebuah institusi. 

Misalnya, jika kalian berusaha menelepon perusahaan A di nomor tertentu namun tidak diangkat. Maka melalui aplikasi ini akan memberikan rekomendasi nomor telepon lain untuk dihubungi. Sebab biasanya sebuah institusi pasti punya banyak nomor telepon.

GetContact

GetContact

Cara mengetahui pemilik nomor HP berikutnya yaitu melalui aplikasi GetContact. Aplikasi ini mungkin sudah sangat familiar bagi pengguna untuk mencari tahu pemilik nomor HP.

Hanya dengan memasukkan nomor HP saja, kalian sudah bisa mengetahui informasi seputar pemiliknya.

Hal ini bisa dilakukan karena aplikasi GetContact mengakses database kontak para penggunanya. Sehingga semakin banyak orang yang menggunakannya, maka semakin lengkap pula database yang dimiliki GetContact. 

Jika kalian penasaran dengan nomor HP misterius yang menghubungimu tadi, maka GetContact bisa digunakan sebagai solusi praktis untuk menemukan nama pemilik nomor HP tersebut.

Baca Juga  Cara Berlangganan Netflix, Paket dan Harganya

Kalian juga bisa mengetahui #tag apa saja yang digunakan untuk menyimpan nomor HP sendiri.

Tenang saja, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Namun untuk membuka fiturnya secara maksimal, kalian perlu membayar Rp45ribu per bulan.

Adapun beberapa keuntungannya yaitu bebas iklan, dan mengetahui siapa saja yang melihat tag kalian.

Demikian beberapa cara mengetahui pemilik nomor HP yang dapat kalian gunakan. Benar-benar sangat mudah, kan? 

Bagi kalian yang suka kepo, menelusuri profil seseorang melalui nomor HP ini menjadi semakin seru. Seperti sedang bermain detektif-detektifan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News .

Baca Juga

Tags

Leave a Comment