Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengatasi Nomor diblokir pihak WhatsApp
2/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp bisa dilakukan agar kalian bisa menggunakannya kembali. Biasanya WhatsApp akan memblokir nomor penggunanya karena melanggar aturan dari pihak WhatsApp.

Demi kenyamanan seluruh penggunanya, WhatsApp menerapkan sistem dan aturan untuk tetap menjaga keberlangsungannya.

Setiap pengguna yang telah diblokir nomornya oleh WhatsApp disebabkan beberapa alasan. Tentu saja WhatsApp tidak akan tiba-tiba memblokir nomor penggunanya tanpa alasan yang jelas.

Salah satu alasannya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim pesan dalam waktu singkat. 

Penyebab Nomor Diblokir Pihak WhatsApp

Sebelum membahas cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp, pengguna perlu mengetahui penyebabnya. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, WhatsApp bisa memblokir nomor pengguna jika pihaknya menemukan aktivitas yang melanggar ketentuan. 

Ada beberapa penyebab nomor diblokir pihak WhatsApp, antara lain:

Diblokir oleh Sejumlah Pengguna WhatsApp

Alasan pertama nomor diblokir pihak WhatsApp disebabkan karena nomor Anda telah diblokir oleh sejumlah pengguna lain. 

Pemblokiran ini bersifat sementara waktu. Hal ini dilakukan oleh WhatsApp sebagai langkah antisipasi untuk mencegah scammer, peretasan, dan spammer. 

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Modifikasi

Penyebab nomor diblokir pihak WhatsApp selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp Modifikasi (WA Mod). 

Beberapa dari kalian mungkin masih menyangkal bahwa aplikasi MOD semacam ini wajar digunakan. Padahal penggunaan beberapa aplikasi tersebut cukup berisiko melanggar ketentuan layanan.

Ada berbagai pihak developer yang membuat aplikasi modifikasi, seperti WA Parallel, WhatsApp Plus, WhatsApp GB hingga WA Cloning. 

Baca Juga  Cara Menghubungkan AnyCast ke Laptop Windows 10 dengan Miracast!

Mengirim Banyak Pesan ke Nomor Orang Lain

Penyebab Nomor WhatsApp diblokir - Mengirim Banyak Pesan ke Orang Lain

Penyebab selanjutnya karena mengirim banyak pesan ke nomor orang lain. Hal ini bisa dianggap sebagai spam oleh pihak WhatsApp. 

Lebih lanjut, besar kemungkinan jika dianggap semakin meresahkan, pengguna lain juga akan melaporkan dan memblokir nomor Anda. 

Meretas Server WhatsApp

Penyebab berikutnya mungkin agak jarang, yaitu karena meretas server WhatsApp. Jarang bukan berarti tidak pernah terjadi. 

Komitmen WhatsApp untuk mencegah kebocoran data memang cukup teruji. 

Jika ditemukan masalah seperti itu, maka pihak WhatsApp akan memblokir nomor yang berusaha meretas servernya dan mengganggu layanan. Nomor WhatsApp itu pun sudah tidak bisa digunakan kembali. 

Mengirim Virus, File atau Malware Berbahaya

WhatsApp juga sangat protektif terhadap serangan virus atau malware. Demi menjaga keamanan pengguna, WhatApp akan melarang mengirim file yang berpotensi terindikasi mengandung virus atau malware.

Selain itu, file yang terkirim melalui WhatsApp pun bisa berpotensi menimbulkan bahaya. 

Perilaku Tidak Pantas

Penyebab lainnya nomor WhatsApp bisa diblokir adalah karena perilaku tidak pantas. Tentu saja, tidak hanya berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna sehingga apabila terjadi pelecehan akan ditangani serius. 

WhatsApp akan memblokir seseorang yang melakukan unsur ancaman pembunuhan, kekerasan, komentar etnis atau ras dan lainnya.

Aplikasi WhatsApp bisa memblokir nomor pengguna karena beberapa alasan. WhatsApp tidak akan serta merta memblokir nomor seseorang tanpa alasan jelas. Nomor WhatsApp diblokir bisa terjadi karena Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim pesan dalam waktu singkat.

Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak WhatsApp

Cara Mengatasi Nomor diblokir pihak WhatsApp

Terjadi peningkatan jumlah pesan secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu alasan WhatsApp memblokir kontak Anda. Berikut ini cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp:

  1. Mengirim email ke [email protected] dari ID email resmi Anda untuk menjelaskan pola penggunaan dan permintaan menghapus blokir.
  2. Klik dukungan saat mendapat pesan nomor Anda diblokir.
  3. Klik tidak ada alasan di atas pada layar berikutnya. WhatsApp akan membuka email Anda dan menulis pesan. Namun jangan klik kirim terlebih dahulu karena ada beberapa hal yang perlu pengguna lakukan sebelum menekan kirim.
  4. Mengubah ID email ke [email protected], Anda bisa menulis pesan pribadi terkait pemblokiran nomor harus dibatalkan. Sertakan juga file log yang dihasilkan.
  5. Setelah itu, pengguna akan mendapat respon otomatis. Kurang lebih 4-24 jam, Anda akan menerima tanggapan dan nomor WA diaktifkan.
Baca Juga  Cara Mencoba Pencarian Bing Baru dengan Dukungan AI

Nomor WhatsApp mungkin saja diblokir karena aktivitas pengguna terdeteksi oleh pihak WhatsApp. Apabila nomor sudah 2-3 terblokir, bisa jadi ada pemblokiran permanen. Selepas itu, WhatsApp mungkin tidak akan menanggapi pertanyaan email Anda lagi.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi nomor WhatsApp diblokir pihak WhatsApp. Bagi kalian yang taat terhadap ketentuan di atas, mungkin tak perlu khawatirkan masalah ini. 

Terpaksanya, jika memang Anda sedang mengalami hal tersebut, maka cara mengatasi nomor diblokir pihak WhatsApp di atas bisa dipertimbangkan agar nomor kembali aktif. Selamat mencob!

Baca Juga

Leave a Comment