Cara Mengatasi HP Patah Patah

Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Bermain Game

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara mengatasi HP patah patah wajib Anda ketahui agar pengalaman bermain game bisa kembali nyaman. 

Bermain game di smartphone saat ini memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa sekalipun.

Sebab smartphone sekarang memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal. Bermain game setelah lelah seharian beraktivitas contohnya.

Namun ketika bermain game, tidak jarang mengalami kendala, salah satunya patah patah. Saat HP Anda mengalami patah patah, lag atau nge-frame, biasanya terjadi karena beberapa penyebab.

Adapun beberapa penyebabnya antara lain seperti turunnya performa game, koneksi jaringan tidak stabil, atau bisa juga karena fitur penghemat baterai. 

Pada tulisan kali ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan, bagaimana cara mengatasi HP patah patah saat main game?

Berikut ini cara mengatasi HP patah patah saat main game.

Restart HP

Cara mengatasi HP patah patah yang pertama yaitu dengan me-restart HP. Sebab biasanya HP yang digunakan dalam waktu lama akan menjalankan berbagai macam aktivitas latar belakang yang dapat mengurangi performa HP.

Hal tersebut jelas akan menguras kinerja SoC dan memakan cukup banyak ruang memori RAM. 

Oleh sebab itu, saat Anda melakukan restart HP, maka sistem pada HP Anda akan memulai ulang dari awal. Dengan begitu, HP Anda akan kembali dalam performa terbaiknya. 

Jika Anda sudah merestartnya, maka buka kembali game Anda dan rasakan bedanya.

Matikan Mode Hemat Daya

Cara mengatasi HP patah patah yang kedua yaitu mematikan mode hemat daya. Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh sebagian pengguna smartphone. 

Mode hemat daya memang cukup efektif untuk menjaga agar baterai HP Anda tidak cepat habis. Namun sayangnya akan menjadikan performa HP turun.

Hal tersebut biasanya menyebabkan HP Anda mengalami patah-patah saat bermain game. Oleh sebab itu, silakan untuk mengecek apakah mode hemat daya di HP Anda dihidupkan. Jika hidup, langsung saja matikan mode tersebut. 

Sebab mode hemat daya prinsipnya memang menurunkan performa SoC yang bertujuan untuk mengolah data. Sedangkan aplikasi game pada HP membutuhkan performa SoC yang lebih banyak. 

Jangan Gunakan HP Saat Baterai di Bawah 20%

Cara agar performa game tetap terjaga selanjutnya yaitu dengan memastikan penggunaan HP untuk bermain game saat baterainya masih cukup banyak. Jangan gunakan HP Anda saat baterainya di bawah 20%. 

Sebab jika HP lowbat, maka performanya juga turun. Inilah yang menyebabkan hp menjadi patah-patah atau nge-lag.

Agar pengalaman bermain game Anda lebih maksimal, maka pastikan Anda mengecasnya terlebih dahulu hingga penuh. Baru kemudian gunakan HP tersebut untuk bermain game. 

Jangan Gunakan HP Sambil Cas

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu jangan menggunakan HP saat sedang di-charge. Sebab jika Anda memaksa untuk menggunakannya, maka akan membuat HP Anda menjadi lemot dan patah-patah. 

Pada saat melakukan pengisian daya, maka sistem akan secara otomatis menurunkan performanya agar proses pengisian daya lebih efisien.

Penggunaan HP saat pengisian daya, dapat membuat umur baterai Anda menjadi lebih mudah habis. Di samping itu, HP juga menjadi lebih cepat panas dan membuat umur elemen hp menjadi menurun.

Oleh sebab itu, mulai saat ini hindarilah menggunakan HP sambil cas. 

Bersihkan Cache dan File Sampah

Cara mengatasi HP patah-patah berikutnya yaitu membersihkan file sampah dan cache. Hal ini bertujuan untuk menyediakan lebih banyak kapasitas memori internal yang ada di HP Anda. 

Tidak hanya itu, cara ini juga dapat membuat transfer data antara penyimpanan dan juga prosesor hp menjadi lebih efisien.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi bawaan dari HP yang dapat digunakan untuk membersihkan sampah dan cache. Pembersihan cache dan file sampah menggunakan aplikasi bawaan, tentu akan lebih praktis dan efisien.

Namun jika Anda lebih cocok dengan aplikasi tambahan seperti CCleaner dan Clean Master juga tidak masalah.

Lakukan Update Perangkat Lunak

Agar HP Anda tidak patah-patah, silakan lakukan proses update perangkat lunak. Hal ini bertujuan untuk membuat sistem pada HP menjadi lebih efisien. 

Memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru, dapat mengatasi bug pada versi sebelumnya. Sehingga harapannya HP Anda dapat bekerja lebih baik. 

Update juga bisa mendapatkan beberapa fitur terbaru yang telah disediakan.

Demikian beberapa cara mengatasi HP patah patah. Coba dan lakukan cara di atas agar masalah tersebut dapat teratasi. Memang masih ada cara seperti menginstall aplikasi pihak ketiga seperti GFX dan sebagainya. Namun kami tidak menyarankannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

8 + nineteen =

Scroll to Top