8 Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara mengatasi GPS tidak mau jalan bisa dilakukan dengan berbagai hal, tergantung penyebabnya.

Jika GPS tidak mau jalan atau tidak bergerak, tetap di lokasi itu saja maka sebelumnya pastikan dahulu koneksi jaringan yang Anda miliki berjalan.

Perlu diketahui bahwa GPS merupakan salah satu kemajuan teknologi yang mampu mempermudah seseorang dalam menunjukkan lokasi.

Hal ini sangat bermanfaat saat Anda ingin pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi, agar dapat tiba di tempat tujuan tanpa tersesat.

Meski Anda sudah pernah mengunjunginya, namun bisa jadi rutenya sudah berbeda karena adanya perbaikan jalan atau sudah dibuat satu arah.

Salah satu masalah yang sering dialami yaitu GPS tidak mau jalan. Hal ini jelas akan membuat Anda bingung atau bahkan kesal. Sebab masalah tersebut muncul di saat krusial, seperti misalnya mencari suatu lokasi pertemuan.

Tak perlu khawatir, jika Anda mengalaminya maka akan dijelaskan cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi GPS Tidak Mau Jalan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi GPS tidak mau jalan atau error, antara lain:

Pastikan GPS sudah dihidupkan

Penyebab GPS tidak bisa jalan dimungkinkan oleh banyak hal. Namun konyolnya, seringkali yang menjadi penyebab adalah lupa mengaktifkan GPS.

Tentu saja, jika Anda lupa menghidupkannya GPS tidak bisa jalan. Oleh sebab itu, maka periksalah perangkat Anda, apakah GPS sudah dihidupkan?

Baca: Cara Melihat Lokasi Teman Lewat WA

Jika belum, maka Anda hanya perlu mengaktifkan fitur GPS tersebut melalui menu Pengaturan (Setting).

Periksa Jaringan Internet

Penyebab yang sering dialami selanjutnya juga biasanya karena tidak tersedianya jaringan internet yang memadai. Hal ini tentu sangat krusial jika Anda ingin menggunakan fitur GPS. Tanpa jaringan internet yang memadai tentu fitur tersebut tidak berjalan.

Proses pemindaian lokasi pada GPS memang membutuhkan koneksi internet. Jika jaringan internet di perangkat Anda tidak bagus, maka cobalah untuk berpindah tempat.

Bisa juga dengan mengubah mode jaringan yang diprioritaskan, apabila mode jaringan sebelumnya adalah 2G, 3G dan 4G, maka ubahlah menjadi mode 4G only.

Sebab jaringan 4G di Indonesia saat ini sudah menjangkau ke seluruh wilayah. Sedangkan jaringan 3G kabarnya akan segera dihilangkan.

Aktifkan Akurasi Tinggi

Jika Anda sudah mengecek bahwa GPS hidup dan jaringan internet memadai, maka selanjutnya Anda perlu mengaktifkan fitur akurasi tinggi pada GPS.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan biasanya berhasil. Sebab pada mode hemat daya, lokasi GPS hanya menunjukkan lokasi sebelumnya.

Akurasinya juga masih belum terlalu baik, radiusnya bisa mencapai ratusan meter. Hal ini tentu akan mengakibatkan penggunanya nyasar ke tempat lain.

Mengaktifkan akurasi tinggi juga bisa dilakukan untuk mengatasi GPS yang tidak mau berjalan seperti biasanya.

Update Sistem Operasi

Penyebab selanjutnya yang dapat mengakibatkan GPS tidak mau jalan yaitu terdapat bugs pada sistem operasi yang digunakan.

Oleh sebab itu, Anda harus mengeceknya terlebih dahulu, apakah tersedia pembaruan sistem. Jika ada pembaruan, maka silahkan update sistem operasinya langsung.

Update Google Maps

Jika perangkat Anda belum menyediakan pembaruan sistem operasi, maka cobalah untuk mengecek apakah aplikasi terkait membutuhkan update. Seperti mengupdate aplikasi Google Maps, Chrome, dan sebagainya yang terkait penggunaan GPS.

Aplikasi tersebut harus diupdate secara berkala agar memiliki performa yang maksimal. Sebab biasanya aplikasi versi baru akan memiliki peningkatan performa, tambahan fitur dan juga perbaikan bug.

Hapus Cache Google Maps

Hal yang sering luput disadari oleh pengguna smartphone biasanya adalah membersihkan cache. Suatu aplikasi seakin sering digunakan, maka cache-nya juga semakin menumpuk. Begitu halnya dengan aplikasi Google Maps.

Bukan hanya penyimpanannya yang semakin menumpuk, cache juga dapat mengakibatkan aplikasi Google Maps menjadi error hingga terjadi masalah GPS tidak mau jalan.

Solusinya sangat mudah, Anda hanya perlu menghapus cache Google Maps saja. Caranya yaitu dengan menekan dan tahan ikon aplikasi tersebut.

Nantinya akan ada beberapa opsi, lalu pilihlah informasi aplikasi. Jika sudah, gulir ke bagian paling bawah dan pilih hapus cache.

Ada juga cara lainnya yang bisa dilakukan, yaitu melalui menu Pengaturan atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi CCleaner.

Install Ulang Aplikasi Google Maps

Jika cara di atas tidak mampu mengatasinya, maka cobalah untuk menginstall ulang aplikasi Google Maps.

Pastikan juga untuk menginstallnya melalui melalui Google Play Store agar dapat terverifikasi keamanannya.

Restart Smartphone

Solusi selanjutnya yaitu merestart smartphone. Hal ini bertujuan agar sistem smartphone kembali segar dan siap bekerja sebagaimana mestinya.

Demikian beberapa cara mengatasi GPS tidak mau jalan. Cara-cara di atas sangatlah mudah dan cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

16 + three =

Scroll to Top