Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Kategori
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara mengatasi baterai hp cepat habis Xiaomi bisa dilakukan dengan berbagai Langkah. Sebelumnya perlu diketahui bahwa, meskipun smartphone yang Anda miliki mempunyai kapasitas baterai yang besar, namun semua baterai memiliki masanya sendiri. Semakin lama dipakai, semakin turun juga performanya. Tak perlu repot-repot mencari aplikasi tambahan lainnya yang justru semakin memberatkan smartphone Xiaomi Anda.

Penyebab dari baterai HP cepat habis juga beragam, bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, menggunakan aplikasi yang menguras performa seperti game, atau bisa juga karena belum mengupdate system.

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi, antara lain:

Mengupdate MIUI dengan Versi Terbaru

Cara mengatasi baterai hp cepat habis xiaomi yang pertama ini merupakan kemungkinan awal yang sering terjadi. Penggunaan MIUI versi lama dapat menyebabkan beberapa fitur tidak berjalan dengan lancar, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalankannya. Oleh sebab itu, maka Anda perlu mengupdate MIUI ke versi terbaru. Cukup dengan membuka pengaturan, lalu pilih dan klik pembaruan system.

Setting Melalui Opsi Pengembang

Jika cara pertama sudah dilakukan namun masih dirasa boros, Anda bisa melanjutkan ke cara kedua, yaitu mengatur ke opsi pengembang. Caranya mudah, namun cukup efektif untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Aktifkan opsi pengembang, cukup dengan membuka menu pengaturan, pilih tentang telepon, Ketuk versi MIUI 7x hingga muncul pemberitahuan “sekarang Anda adalah seorang developer!”
  • Kembali ke menu sebelumnya, masuk lagi ke setelan tambahan, pilih opsi pengembang.
  • Gulir ke bawah dan klik matikan skala animasi jendela, transisi dan animator
  • Selanjutnya, cari dan aktifkan “hidupkan optimasi MIUI
Baca Juga  Cara Melihat Analytic YouTube, Agar Channel Lebih Berkembang!

Cara tersebut biasanya efektif untuk mengemat baterai sekaligus meningkatkan performa di HP Anda. Sebab dengan memangkas fitur tersebut, maka smartphone Anda akan lebih fokus pada proses lainnya. Untuk mengembalikannya, cukup ikuti langkah di atas.

Atur Tingkat Kecerahan Layar dan Aktifkan Sleep Display

Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengatur kecerahan layar. Semakin rendah, maka semakin irit. Kemudian Anda juga perlu mengaktifkan fitur sleep display yang tersedia untuk menghemat daya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Semakin banyak aplikasi yang diinstall pada smartphone, maka akan semakin boros penggunaan baterainya. Meski smartphone sekarang memiliki kemamuan multitasking yang mumpuni, namun hal tersebut juga bisa menjadikan baterai lebih boros. Karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika beberapa aplikasi masih penting, namun tidak digunakan, maka hidupkan fitur Auto Close Aplikasi untuk menghemat baterai.

Matikan Getar dan Screen Saver

Fitur -fitur yang dianggap kurang penting bisa dinonaktifkan, seperti Getar dan Screen Saver. Keduanya bisa menguras baterai, paling tidak jika menonaktifkannya umur baterai akan lebih panjang sekaligus menjaga agar performanya tetap maksimal.

Hapus Cache dan File Sampah

Anda juga harus rutin membersihkan cache dan file sampah setiap harinya agar tidak banyak memakan tempat pada memori HP Xiaomi. Hal tersebut mampu meningkatkan performa dan meringankan beban memori. Jika memori penuh, bukankah HP xiaomi Anda akan terus menerus mem-push notifikasi tersebut? Hal ini juga menyebabkan HP menjadi cepat panas. Dengan menghapusnya, tentu baterai bisa bertahan lebih lama.

Matikan Data, GPS dan Bluetooth

Terhubung ke jaringan internet memang sebuah hal yang tidak bisa terelakkan, namun jika Anda memiliki pilihan antara data dan WiFi, maka pilihlah WiFi. Sebab penggunaan WiFi dapat lebih menghemat baterai dibandingkan dengan data selular. Bluetooth dan GPS pun juga harus dimatikan ketika memang sudah tidak dipakai. Fitur-fitur di atas merupakan penyebab yang paling banyak konsumsi pada baterai Xiaomi. Mematikannya adalah satu Langkah untuk lebih menghemat pemakaian baterai. Sehingga daoat bertahan lebih lama.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Jaringan Lemot Axis

Buang Widget pada Home Screen

Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi selanjutnya adalah dengan mematikan atau menghapus Widget yang ada pada Home Screen. Meski RAM HP Anda berukuran cukup besar, namun tetap dapat menyebabkan baterai cepat habis dan membuat HP cepat panas.

Hidupkan Fitur Power Saving

Seluruh HP Xiaomi sudah memiliki fitur Power Saving. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan baterai. Anda hanya perlu menghidupkannya, kemudian saran penghematan baterai akan ditampilkan. Ikuti saja perintahnya agar performa HP meningkat dan daya tahan baterai lebih panjang. Caranya dengan masuk ke menu setting, pilih opsi baterai dan performance, pilih power, lalu aktifkan Battery Saver. Anda tidak perlu menginstall aplikasi sejenis lainnya yang justru dapat membuat baterai HP Anda semakin boros.

Demikian cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi yang dapat Anda coba sebelum memutuskan untuk membeli yang baru. Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun baterai tetap boros, maka artinya Anda harus membeli baterai yang baru. Harganya sekitar Rp100 ribuan saja, sudah seperti HP baru yang baterainya tahan lama.

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Cara Menambahkan Jaringan WiFi di Laptop Windows 10

LABtekno.com - Cara menambahkan jaringan WiFi di laptop Windows 10 sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu membiasakannya...

Cara Membuka Youtube Yang Diblokir Server

LABtekno.com - Cara membuka Youtube yang diblokir server dapat Anda gunakan saat ingin mencoba membukanya.   Penyebab Youtube...

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

LABtekno.com - Cara mendapatkan uang dari aplikasi baca novel hari ini jelas perlu diketahui untuk menambah penghasilan. Sebab...