Cara Mengaktifkan Bypass Baterai Samsung Galaxy S23

Achmad Fachrur Rozi

Cara mengaktifkan Bypass Baterai di Perangkat Samsung Galaxy
Rate this post

LABTekno.com – Cara Mengaktifkan bypass baterai perlu diketahui, terutama bagi pengguna smartphone terbaru yang memiliki fitur menarik tersebut.

Sebenarnya Samsung sudah lama memperkenalkan Galaxy S23 dengan fitur dan hardware baru yang lebih baik dari pendahulunya. Samsung juga telah memperkenalkan fitur software baru untuk ponsel Galaxy unggulannya.

Khususnya pada fitur Bypass Battery atau Pause USB Power Delivery yang banyak menerima pujian karena fitur ini memungkinkan untuk melewati baterai saat bermain game di Galaxy S23.

Cara Mengaktifkan Bypass Baterai Samsung Galaxy
Pengaturan Bypass Baterai Samsung Galaxy

Samsung perlahan juga meluncurkan fitur Battery Bypass ke perangkat yang kompatibel selama beberapa waktu terakhir. 

Beberapa smartphone kelas atas dan menengah seperti Galaxy S22, Galaxy S22+, Galaxy S21, Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy A73 sudah menerima fitur menarik tersebut.

Apa itu Fitur Bypass Baterai

Fitur Pause USB Power Delivery bukanlah hal baru untuk Smartphone Samsung Galaxy. Sebenarnya, fitur ini juga sudah menjadi bagian dari perangkat Samsung Galaxy Flagship di pendahulunya. 

Nah, fitur yang juga dikenal sebagai Battery Bypass ini menghentikan pengisian baterai dan memasukkan daya langsung ke SoC. 

Hal ini sangat berguna saat melakukan tugas intensif CPU atau GPU karena Battery Bypass mengalihkan daya langsung ke SoC, alih-alih mengisi daya baterai. 

Proses tersebut melindungi pengisian dan pengosongan baterai yang agresif, yang pada akhirnya mengurangi masalah pemanasan dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Namun, fitur ini terbatas hanya untuk digunakan saat bermain game di Ponsel Samsung Galaxy. 

Pengguna perlu mengunduh atau mengaktifkan Game Booster di smartphone untuk mendapatkan fitur-fitur baru ini. 

Baca Juga  Cara Melihat Akun yang Terhubung dengan Gmail

Berikut ini cara mengaktifkan bypass baterai di perangkat Samsung Galaxy:

Langkah-langkah untuk mengaktifkan Bypass Baterai di Ponsel Samsung Galaxy

Cara mengaktifkan bypass baterai di perangkat Samsung Galaxy sebenarnya cukup mudah dan langsung bisa dilakukan dalam waktu 2-3 menit saja. 

Namun sebelumnya, pastikan sudah memiliki pengisi daya Power Delivery 25W karena perlu menghubungkannya saat menggunakan fitur Battery Bypass.

  1. Unduh dan Instal Game Booster (v5.0.03.0) di smartphone Galaxy dari Galaxy Store.
  2. Sekarang, Hubungkan perangkat ke pengisi daya. (Catatan: Perangkat harus mendukung pengisian Supercepat 25W dan adaptor juga harus memiliki output lebih dari 25W.)
  3. Buka Game apa pun melalui aplikasi Game Launcher.
  4. Minimalkan game, buka aplikasi Game Launcher, ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas, dan pilih Game Booster.
  5. Sekarang, Pengaturan Game Booster akan terbuka, silakan mengaktifkan fitur Jeda Pengiriman Daya USB.
  6. Setelah diaktifkan, maka sudah bisa mulai menikmati permainan lagi dengan mem-bypass baterai.
  7. Ini akan mati secara otomatis setelah meminimalkan atau keluar dari game, atau bahkan jika mencabut pengisi daya.

Namun, sesuai laporan dari Sammobile dan YouTube NL Tech, fitur tersebut memungkinkan ponsel mengambil daya sesuai kebutuhan dari adaptor. 

Selama pengujian, ponsel ini menggunakan daya 15W hingga 20W saat memainkan beberapa game. Namun, nilainya sekitar 6W saat memainkan Call of Duty Mobile di Galaxy S22+.

Demikian tadi, cara mengaktifkan bypass baterai di perangkat Samsung Galaxy. Fitur khusus ini wajib dimanfaatkan pengguna agar umur baterai bisa lebih panjang dan tidak cepat rusak.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment