7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Setelah TikTok Shop Tutup

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara mendapatkan uang dari TikTok ada banyak sekali jalannya. TikTok merupakan aplikasi media sosial yang populer di Indonesia, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menonton video pendek dengan berbagai tema dan efek. 

TikTok juga memiliki fitur e-commerce yang disebut TikTok Shop, yang memfasilitasi transaksi jual beli di dalam aplikasi.

Namun, sejak 4 Oktober 2023, TikTok Shop resmi ditutup di Indonesia, karena tidak sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur perdagangan melalui sistem elektronik. Menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023, social commerce seperti TikTok hanya boleh mempromosikan barang atau jasa, tetapi tidak boleh memfasilitasi transaksi pembayaran di sistem elektroniknya.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok setelah TikTok Shop ditutup? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian coba:

Menjalankan Misi TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama adalah menjalankan misi yang tersedia secara berkala di TikTok. 

Aplikasi ini mewadahi penggunanya untuk mengembangkan konten unik dan menarik perhatian audiens-nya. 

Kreator juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan iklan atau endorsement untuk menjadi mitra merek dan menghasilkan pendapatan tambahan.

Mengingat kepopulerannya di Indonesia, TikTok membuka peluang kerja sama dengan merek dan perusahaan semakin terbuka lebar. 

Nah, oleh sebab itu, kalian bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang dari hobi dalam membuat video-video kreatif. 

Menarik Donasi dari Live

Cara mendapatkan uang dari TikTok

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling banyak digunakan saat ini ialah melalui fitur TikTok Donation. 

Baca Juga  5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat

Metode ini bisa digunakan oleh pemula sekalipun, kalian hanya perlu melakukan live video apapun yang kiranya menarik perhatian dan simpati audiens. 

Nantinya, penonton bisa memberikan hadiah (gift) berupa stiker. Tiap stiker ini memiliki range harga yang berbeda, digolongkan dari klasik hingga premium. Jika sudah terkumpul, stiker-stiker tersebut nantinya bisa ditukarkan atau dicairkan menjadi saldo.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki 1000 pengikut dan minimal berusia 16 tahun. 

Tambahkan juga QR code pribadi atau link PayPal pada deskripsi siaran langsung untuk memudahkan penonton dalam berdonasi.

Cara mendapatkan uang dari TikTok Gift Sticker

Memanfaatkan TikTok Ads

Saat ini, TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat diminati di Indonesia. 

Banyak individu yang menggunakan TikTok untuk membagikan karya video kreatif mereka. 

Tak hanya pengguna reguler yang dapat memanfaatkan TikTok, namun juga pihak-pihak yang ingin beriklan.

TikTok menyediakan layanan iklan berbayar yang bermanfaat bagi perusahaan atau perorangan untuk menghasilkan pendapatan melalui internet. 

Dengan memanfaatkan TikTok Ads, pemasang iklan dapat mencapai jutaan pengguna TikTok untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Di samping itu, TikTok Ads juga memberikan peluang untuk memperoleh penghasilan melalui monetisasi video yang diunggah. Oleh karena itu, memanfaatkan TikTok Ads adalah metode yang efisien untuk meraup penghasilan dari dunia digital.

Gabung di TikTok Creator Fund

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang jarang orang tahu adalah dengan bergabung di TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund ini memang program yang disediakan bagi para kreator untuk memonetisasi konten mereka di platform TikTok. 

Sebelum memutuskan untuk bergabung pada program ini, pastikan dulu bahwa akun TikTok kalian sudah memiliki setidaknya 10.000 pengikut dan harus memiliki setidaknya 10.000 penayangan dalam 30 hari terakhir.

Baca Juga  5 Cara Monetize TikTok untuk Pemula

Jika persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka kalian bisa mengajukan permohonan untuk menjadi bagian dari TikTok Creator Fund. 

Nantinya, pengguna akan mulai menerima pembayaran berdasarkan performa konten mereka.

Setelah bergabung di TikTok Creator Fund, kompensasi akan diberikan berdasarkan performa video yang diunggah.
Semakin banyak jumlah views dan engagement yang didapatkan, maka semakin besar pula potensi penghasilan yang akan diperoleh.

Membuat Sponsored Content Post

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah melalui sponsored post. Jenis konten yang dibuat melalui kerja sama dengan merek atau perusahaan.

Konten TikTok yang dibuat oleh influencer ini bersifat mempromosikan produk atau layanan tertentu. Mengemas iklan produk dengan cara yang kreatif tentu saja akan semakin menarik perhatian penonton, dan mencoba meyakinkan mereka untuk mencobanya atau membelinya.

Entah itu jenis konten lucu, menghibur, dan menggugah minat pemirsa yang jelas tujuannya untuk menghasilkan interaksi dan meningkatkan kesadaran merek.

Sponsored post memberikan kesempatan untuk menyasar audiens yang tepat dan meningkatkan penjualan, sambil memberikan pendapatan tambahan bagi influencer.

Menawarkan Jasa Admin di TikTok

Menawarkan jasa admin di TikTok juga bisa menjadi salah satu peluang atau cara mendapatkan uang dari TikTok. 

Peluang jasa admin di TikTok saat ini memang mulai mencuat sejak kepopuleran platform ini. Admin TikTok bertanggung jawab untuk mengelola akun TikTok secara profesional. Salah satu tugasnya adalah memastikan konten yang diposting sesuai dengan target audiens dan strategi pemasaran yang ditetapkan.

Jika ingin menjadi admin TikTok, kalian harus mau mengupgrade pemahaman mengenai algoritma TikTok dan bagaimana cara mengoptimalkan konten tersebut agar mendapatkan banyak perhatian. 

Benefit bagi pengguna jasa admin TikTok, tentu saja untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan mencapai tujuan mereka, seperti menghasilkan uang dari TikTok melalui endorsement, iklan, atau penjualan produk.

Baca Juga  Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus

Mempromosikan Musik

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang terakhir ini masih sangat jarang diketahui oleh sebagian besar pengguna. 

Selain sebagai platform video pendek, TikTok juga menjadi platform yang sangat efektif untuk mempromosikan musik. 

Para musisi memiliki peluang mengenalkan karyanya ke jutaan orang melalui platform TikTok. 

Semakin banyak orang yang mempromosikan lagu tersebut, popularitasnya juga semakin melejit. Oleh sebab itu, saat ini sudah banyak lagu baru yang dirilis oleh artis melalui TikTok. 

Bagi kalian yang ingin memperoleh uang dari mempromosikan musik di TikTok atau bisa juga sebagai pembuat musik atau musisi. 

Kalian bisa memperoleh bayaran saat musiknya dipromosikan di dalam video. Semakin banyak pengguna, maka semakin banyak uang yang diperoleh.

Demikian beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang dapat dilakukan setelah TikTok Shop tutup. Meski ada beberapa cara yang sudah tidak relevan ketika TikTok Shop tutup, namun metode di atas masih bisa digunakan dan menghasilkan uang. Selamat mencoba!

Baca Juga

Tags

Leave a Comment