Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok
5/5 - (12 votes)

LABTekno.com – Cara mendapatkan uang dari live TikTok sebetulnya beragam. Salah satu fitur TikTok yang berguna untuk berinteraksi langsung dengan followers adalah Live TikTok. 

Kalian bahkan bisa mendapatkan uang di TikTok. Bisa dengan berjualan, maupun menerima hadiah virtual dari penonton yang bisa ditukarkan menjadi uang.

Syarat dan Ketentuan Live TikTok

Sebelum membahas cara mendapatkan uang dari live TikTok, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur Live TikTok. Ada beberapa syarat dan ketentuan sebelum menggunakannya. Berikut ini syarat Live di TikTok:

  • Pertama, untuk dapat Live di TikTok, usia minimal di atas 16 tahun. Jika kalian ingin menerima hadiah virtual, usia minimalnya adalah 18 tahun.
  • Kedua, memiliki paling sedikit 1000 followers ketika ingin melakukan Live di TikTok.
  • Mematuhi ketentuan yang berlaku.

Pengguna harus mengetahui ketentuan yang berlaku agar terhindar dari resiko sanksi penghapusan konten maupun penghapusan akun TikTok. Berikut ini ketentuan kontennya, antara lain:

  • Konten tidak diperkenankan mengandung unsur pelecehan, membahayakan, pencederaan atau eksploitasi anak di bawah umur.
  • Konten tidak membagikan adegan berbahaya yang dapat mendorong, menggambarkan, menormalisasi atau mengagungkan tindak berbahaya yang dapat mengakibatkan cedera dan kematian.
  • Dilarang mempromosikan, menggambarkan, menormalisasi atau mengagungkan kegiatan yang mengarah pada tindakan yang dapat mencederai diri dan tindakan bunuh diri.
  • Tidak mengandung unsur eksploitasi seksual.
  • Tidak mengandung unsur bullying atau perundungan.
  • Tidak menampilkan tindakan diskriminasi atau perilaku kebencian.
  • Tidak mengandung unsur ancaman atau hasutan terhadap tindak kekerasan, mempromosikan individu, organisasi atau tindakan ekstrimis brutal.
  • Konten atau akan dapat dihapus oleh pihak TikTok jika melakukan peniruan, pemalsuan identitas atau informasi menyesatkan dan membahayakan.
  • Tidak mengandung unsur kegiatan atau memperjualbelikan hal-hal yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan.
Baca Juga  Kenapa View Youtube Tidak Naik

Semua syarat dan ketentuan tersebut wajib dipahami terlebih dahulu jika kalian ingin melakukan live di TikTok. 

Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok

Setelah memahami syarat dan ketentuan untuk melakukan live di TikTok, barulah kita berlanjut pada cara mendapatkan uang dari Live TikTok.

Pastikan kalian telah memenuhi syarat Live TikTok di atas untuk memulai langkah-langkah selanjutnya. Berikut ini cara mendapatkan uang dari live TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Pilih tanda (+) yang ada di bagian bawah tampilan aplikasi TikTok
  • Pilih menu LIVE
  • Lalu setelah muncul pratinjau, kalian bisa menambahkan judul dan hashtag yang sedang populer pada Live streaming yang akan dilakukan
  • Pengguna juga dapat memilih berbagai fitur lainnya, seperti nonaktif komentar, memilih badan amal untuk didukung, membagikan Live pada media sosial lain, dan menambahkan filter atau efek
  • Selanjutnya, langsung saja klik tombol Go Live atau Mulai Siaran Langsung untuk memulai Live di TikTok
  • Jika kalian ingin membuat duet live bersama dengan pengguna lain, maka cukup tekan ikon yang berada di pojok kiri bawah. Lalu pilih pengguna yang ingin diundang untuk melakukan live bersama
  • Apabila live TikTok sudah selesai, silakan klik ikon X pada layar

Penggunaan hashtag pada caption Live TikTok dapat membantu kalian dalam menjangkau penonton lebih banyak. Sehingga pasar promosi bisnis kalian dapat menjangkau lebih luas.

Hadiah Virtual Live TikTok

Perlu diketahui bahwa TikTok memang tidak menawarkan uang tunai secara langsung. Namun kalian masih bisa mendapatkan uang dari Live TikTok.

Salah satunya melalui fitur hadiah virtual atau hadiah live yang bisa kalian peroleh dari para penonton live streaming.

Nah, hadiah virtual tersebut dapat ditukarkan menjadi uang. 

Baca Juga  Cara Daftar Affiliate Amazon, Begini Panduannya

Ada beberapa hadiah live TikTok Live yang bisa ditukarkan dengan uang. Salah satunya adalah diamond atau berlian. Kalian bisa menukarkan setiap 200 diamond dari live TikTok dengan kurs US$1 atau sekarang ini setara dengan Rp15.593.

Kalian hanya perlu memikirkan konsep live menarik yang disukai para penonton. Jika penonton tertarik, maka tidak jarang yang akan memberikan hadiah virtual kepada kalian.

Berikut ini berbagai macam TikTok Gift yang bisa diberikan oleh para penonton kepada livestreamer.

Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok - TikTok Gift
Beragam TikTok Gift yang bisa dikirimkan penonton saat Live

Berbagai stiker TikTok Gifts di atas bisa diberikan penonton Live TikTok kalian ketika sedang melangsungkan Live. Semua orang berpeluang mendapatkannya. Asalkan ia sudah memenuhi syarat, baik itu memiliki bisnis atau tidak. 

Semakin mahal gift yang diberikan penonton, maka semakin banyak pula penghasilan yang bisa didapatkan.

Kalian harus berusaha untuk selalu interaktif kepada penonton agar mereka merasa terapresiasi dan memberikan lebih banyak gift di Live TikTok kalian.

Jika kalian mengikuti program TikTok Affiliate, silakan cantumkan link affiliate dan TikTok Shop ketika melakukan live. Hal ini juga berlaku pada pemilik bisnis TikTok Shop.

Link Affiliate TikTok
Link Affiliate saat Live
Link TikTok Shop
Link TikTok Shop saat Live

Hal ini dilakukan agar produk yang kalian promosikan bisa langsung di-checkout penonton ketika mereka tertarik. Langkah ini juga mempermudah penonton agar tidak perlu repot-repot mencari produk di marketplace lain.

Cara Mencairkan Uang dari Live TikTok

Cara Mendapatkan Uang dari Live TikTok

Jika kalian sudah mengikuti cara mendapatkan uang dari Live TikTok melalui hadiah virtual, komisi affiliate, maupun dari TikTok Shop. Maka kini saatnya untuk mencairkan uang tersebut.

Berikut ini caranya:

  • Masuk ke akun TikTok kalian
  • Pastikan kalian sudah memiliki akun PayPal, jika belum silakan buat terlebih dahulu. Sebab saat ini cara mencairkan uang dari TikTok Live hanya dapat dilakukan melalui PayPal saja.
  • Tautkan akun PayPal kalian dengan akun TikTok, caranya dengan menekan tombol profil akun kalian dan pilih ikon tiga garis di pojok kanan atas profil.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi menu, untuk menarik uang tersebut, pilih menu Saldo
  • Lalu akan muncul total saldo akun TikTok kalian dan pilih bagian Hadiah Live
  • Saldo live TikTok kalian akan muncul, silakan pilih Tarik Saldo di bagian bawah
  • Selesai, uang tersebut sudah berhasil ditarik ke akun PayPal kalian
Baca Juga  Rekomendasi Repeater WiFi Jarak Jauh Tahun 2022

Demikian penjelasan terkait cara mendapatkan uang dari Live TikTok. Ikuti langkah-langkah di atas untuk menghasilkan uang tambahan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top