Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara mendapatkan uang dari Google Adsense bisa Anda coba untuk menambah pemasukan. Lumayan, bisa jadi hanya bermodal iseng-iseng mencoba justru menjadi penghasilan utama Anda nantinya.

Hal tersebut tentu bukan tiba-tiba bisa langsung dapat uang dari Google AdSense. Ada caranya yang harus Anda ikuti. 

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa Google AdSense merupakan layanan Google yang menyediakan jaringan periklanan yang berfungsi sebagai memonetisasi produk Google atau website dari platform lain.

Google AdSense akan menampilkan iklan pada halaman website. Kemudian Google akan membayar atas tampilan iklan tersebut.

Melalui Google AdSense Anda bisa mendapatkan uang tanpa modal. Hal ini membuka kesempatan bagi hasil untuk berbagai situs yang ditargetkan untuk mereka yang sering mengunjungi halaman Anda.

Nantinya Anda akan dibayar sejumlah uang jika iklan tersebut ditampilkan pada halaman Anda, atau diklik orang. 

Berikut ini cara mendapatkan uang dari Google AdSense.

Buat Situs yang Tepat untuk Google AdSense

Jenis situs Anda jelas akan berpengaruh dalam menghasilkan pendapatan Google AdSense. 

Oleh sebab itu, jika ingin memulainya maka hal yang Anda butuhkan untuk meraih penghasilan dengan AdSense yaitu konten yang menarik dan jumlah traffic yang banyak. 

Jika diklasifikasikan, konten terbagi menjadi dua, yaitu konten yang menarik orang baru ke situs Anda dan konten yang mendatangkan kembali pengunjung ke situs Anda. Jika keduanya seimbang maka lebih baik. 

Tentukanlah situs yang tepat untuk konten Anda, bisa berupa situs blog, situs berita, forum dan grup diskusi, jaringan sosial khusus, dan fitur online gratis. 

Kelima jenis situs tersebut dinilai paling mudah untuk dioptimalkan dengan konten yang menarik, dipromosikan, dan dicarikan tata letak yang sesuai untuk menampilkan konten dan mendapatkan klik pada iklan.

Buat Ad Unit

Setelah Anda memiliki situs yang tepat untuk kebutuhan iklan Anda, maka cara mendapatkan uang dari Google AdSense selanjutnya adalah membuat Ad Unit atau Unit Iklan. 

Ada beberapa opsi jenis iklan yang biasa digunakan oleh Perusahaan saat mengiklankan produknya. Yaitu iklan berbasis teks sederhana, iklan gambar, dan iklan video.

Oleh sebab itu, Anda harus memberikan kesempatan kepada audiens untuk terhubung dengan pengiklan yang kemungkinan besar akan diklik.

Hal yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memperhatikan pengalaman pengguna saat menentukan jenis iklan yang akan digunakan dan lokasi penempatannya. Konten yang ditampilkan pada halaman Anda harus lebih banyak daripada iklan. 

Berikut ini cara membuat Ad Unit:

  • Login ke akun AdSense
  • Jika sudah masuk, klik My Ads yang terletak di kiri atas
  • Lalu buat Ad unit baru
  • Klik Content 
  • Lalu Ad units, klik tombol +New ad unit

Beri nama Ad Unit baru Anda dengan mengikuti format standar yang ada. Hal ini untuk memudahkan pengelolaan data dalam jumlah besar. Misalnya menggunakan [situs target untuk iklan]_[ukuran iklan]_[tanggal iklan] 

Jika harus dicontohkan, maka labtekno.com_336x280_100822 . Jadikan format penamaan tersebut sebagai standar Anda.

Tentukan ukuran iklan yang kiranya mendatangkan lebih banyak klik. Atur juga jenis iklan Anda yang nantinya akan terlihat di website. Bisa itu berupa teks, teks dan gambar/banyak media atau bisa juga hanya berupa gambar/banyak media.

Buat Channel Kustom

Anda bisa menggunakan channel kustom untuk mengelompokkan iklan sesuai pilihan Anda. Contohnya berdasarkan ukuran atau lokasi pada halaman.

Lakukan pelacakan performa dengan channel kustom, dan mengubah channel Anda ke dalam penempatan iklan yang ditargetkan. Hal ini akan membuat para pemasang iklan bisa mengarahkan iklan mereka pada ad unit Anda.

Buat Gaya Iklan Unik

Untuk menarik lebih banyak orang, Anda perlu membuat gaya iklan yang unik. Misalnya seperti memilih warna yang tepat untuk berbagai komponen dari sebuah iklan. Baik itu berupa border, judul, latar belakang, teks, dan URL. 

Anda juga dapat mengatur gaya sudut, baik itu persegi sampai bulat, famili font, dan ukuran font default.

Secara umum, penerapan gaya iklan yang baik yaitu dengan menciptakan gaya iklan yang selaras dengan tampilan dan warna website Anda.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan pengaturan standar dari Google, atau menggunakan pengaturan Anda sendiri sesuai selera. 

Misalnya contoh iklan di sebelah kanan akan menunjukkan kepada Anda bagaimana iklan Anda nanti akan muncul

Dapatkan Kode Iklan

Jika semua langkah di atas telah diikuti dengan baik, maka sekarang Anda bisa menyimpan ad unit Anda. Caranya dengan mengklik tombol Save and get code yang terletak pada bagian bawah untuk mendapatkan kode HTML untuk situs Anda.

Tambahkan Short Link

Cara mendapatkan uang dari Google AdSense selanjutnya adalah dengan menambahkan short link. Anda bisa meringkas link dan menyebarkannya ke sosial media agar orang lain bisa mengklik link yang Anda berikan. 

Setiap klik link tersebut, Anda akan mendapatkan imbalan per klik yang valid pada link tersebut. Anda bisa memperpendek link melalui website pemendek link

Nantinya, Anda bisa mencairkan uang yang telah Anda kumpulkan tersebut setelah memenuhi jumlah minimal penarikan.

Demikian cara mendapatkan uang dari Google AdSense yang dapat Anda coba. Cara-cara tersebut perlu Anda ketahui untuk memperoleh uang tambahan, atau malah justru bisa menjadi sumber pemasukan utama Anda nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

twenty − 14 =

Scroll to Top