Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara memperbaiki charger HP lambat mengisi bisa dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dari pada mengecas HP berjam-jam tapi belum kunjung penuh juga, yang ada malah membuat makin kesal.

HP keluaran terbaru saat ini, hampir semuanya sudah mendukung fast charging. Hanya dalam hitungan menit saja sudah penuh. Umumnya, pada HP yang belum mendukung fitur pengisian daya cepat, paling tidak butuh waktu 1 hingga 2 jam hingga terisi penuh.

Namun jika sudah melebihi dari waktu tersebut, Anda perlu memeriksa apakah chargernya bermasalah atau tidaknya. Bisa pula disebabkan karena baterainya. 

Faktor Penyebab Charger HP Lambat Mengisi

Sebelum membahas cara memperbaiki charger HP lambat mengisi, perlu diketahui juga beberapa kemungkinan penyebabnya. 

Berikut ini beberapa faktor yang menyebakan HP lambat mengisi, antara lain:

  • Rusaknya IC adaptor.
  • Ada masalah pada Port USB.
  • Penurunan kinerja pada kabel.
  • Rusaknya kepala charger.
  • Belum support fitur fast charging.
  • Lubang port rusak.
  • Baterai rusak.
  • Penurunan kinerja baterai karena sering mengisi daya menggunakan powerbank atau laptop.

Jika kemungkinan penyebab utama HP Anda lambat mengisi karena chargernya, maka ada beberapa solusi yang dapat Anda gunakan sebagai cara memperbaiki charger HP lambat mengisi. 

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Berikut ini beberapa caranya:

Ganti Adaptor Charger HP Lain

Jika sudah berjam-jam Anda mengisi daya baterai HP namun tak kunjung penuh, maka cobalah untuk mengganti adaptor charger HP lain. 

Tes dulu, apakah jika menggunakan charger HP lain pengisian dayanya bisa lebih cepat atau tidak. Jika lebih cepat, maka gantilah adaptor lain yang lebih baik, sesuaikan dengan spesifikasi HP.

Ganti atau Perbaiki Kabel Charger

Jika Anda merasa adaptornya normal, kemungkinan selanjutnya karena kabelnya. Cobalah ganti kabel chargernya. Sebab mungkin saja kabel charger HP Anda mengalami penurunan kinerja. Sehingga proses mengisi daya menjadi lambat. 

Jika setelah mengganti kabelnya, proses mengisi daya jadi lebih cepat, maka berarti memang masalahnya ada pada kabel.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan budget lebih, maka bisa juga menggunakan cara memperbaik charger HP lambat mengisi dengan mengikuti langkah berikut:

  • Potong bagian tengah kabel charge
  • Kupas pembungkus bagian luar kabel dengan gunting. 
  • Sambungkan kabel tersebut sesuai warnanya. 
  • Pisahkan hasil sambungannya, masing-masing menggunakan selotip.
  • Tutup sambungan dengan rapi dan rapat, serta pastikan juga tidak ada kabel yang bocor. 

Kabel yang lebih pendek menghasilkan nilai resistensi kabel yang lebih kecil. Sehingga arus listrik yang mengalir akan lebih cepat dan arus listrik tak banyak terbuang.

Bersihkan Port USB

Cara memperbaiki Charger HP lambat mengisi selanjutnya adalah dengan membersihkan Port USB. 

Bisa jadi lambatnya pengisian daya disebabkan karena portu USBnya proses mengisi daya berjalan lambat. Rutinlah membersihkan port USB.Perlu Anda ketahui, membersihkan port USB tidak boleh Anda lakukan sembarangan. 

Biasanya, komponen pada port USB sangat sensitif dan rawan rusak.Cara terbaik untuk membersihkan port ini adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus elektronik.

Lakukan penyemprotan tersebut sedikit demi sedikit. Lalu lap dengan tisu kering secara perlahan.

Jika sudah selesai membersihkan port USB, cobalah untuk mengisi daya ponsel Anda. Ketika proses isi daya berjalan normal dan cepat artinya masalah sudah tertangani dengan benar. Untuk Anda ketahui saja, kondisi port USB yang bersih membuat aliran listrik tetap berjalan lancar. Hal ini mempengaruhi kinerja charger.

Periksa Kondisi Baterai

Jika baterai rusak, maka kemampuannya dalam menyimpan daya juga menurun. Pada HP yang umurnya lebih dari 2 tahun, biasanya memang kondisinya sudah menurun. 

Apabila sudah semakin parah, maka segeralah ganti baterai HP Anda. Jika HP Anda menggunakan baterai tanam, mintalah bantuan teknisi untuk memasang baterai barunya.

Demikian beberapa cara memperbaiki charger HP lambat mengisi. Menggantinya dengan yang baru merupakan keputusan yang lebih baik. Sebab pada charger atau baterai baru, biasanya masalah lambatnya pengisian daya bisa teratasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

five + sixteen =

Scroll to Top