Cara Membuka File ZIP yang Terkunci

Cara Membuka File ZIP yang Terkunci

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara membuka file zip yang terkunci perlu Anda ketahui. Terlebih jika Anda sering mendownload file kompres atau melakukan kompres menjadi zip atau rar. File tersebut merupakan file hasil kompresi dari beberapa file menjadi satu.

Singkatnya, zip merupakan paket file ringkas. File-file tersebut, dapat Anda bagikan ke platform lain seperti Youtube, GDrive, dan sebagainya.

Anda mungkin akan sering menemukan file zip yang menggunakan proteksi atau terkunci oleh password.

Jika Anda tidak mengetahui passwordnya, tentu akan bingung cara membukanya. Oleh sebab itu, akan dijelaskan cara membuka file zip yang terkunci password.

Salah satu cara membuka file zip yang terkunci yaitu dengan menggunakan aplikasi ArchiDroid. Melalui ArchiDroid, Anda tidak memerlukan password untuk mengekstrak file tersebut. Bukan hanya membukanya, Anda juga bisa membuat file arsip zip melalui aplikasi ini.

Ukuran ArchiDroid sangatlah ringan, yaitu tidak lebih dari 1 MB saja. Hal ini tentu tidak akan membebani perangkat Anda.

Berikut ini cara membuka file zip yang terkunci di Android menggunakan aplikasi ArchiDroid:

  • Install aplikasi ArchiDroid pada perangkat Anda
  • Perangkat Anda mungkin akan mengingatkan bahwa sumber tidak dikenal
  • Oleh sebab itu kunjungi menu pengaturan
  • Aktifkan pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal
  • Selanjutnya, cobalah install lagi aplikasi ArchiDroid
  • Tunggu beberapa saat hingga proses installnya selesai

Selanjutnya jika Anda sudah menginstall aplikasi tersebut, maka langsung saja ikuti cara membuka file zip yaitu melalui menu Unpack Archive. Semua format file kompres bisa dibuka melalui menu ini.

Anda juga dapat membuka file zip yang diproteksi oleh password dengan mudah tanpa perlu mencari tahu kata sandinya.

  • Berikut ini cara membuka file zip 
  • Buka aplikasi ArchiDroid
  • Pilih menu Unpack Archive 
  • Maka Anda akan diarahkan ke file manager
  • Tap ikon titik tiga di samping kolom Archive File Path
  • Cari file zip yang ingin dibuka
  • Klik dan pilih file tersebut untuk membukanya 
  • Selesai, file zip Anda sudah terbuka

Sekarang, Anda hanya perlu memindahkan file tersebut ke penyimpanan lokal dalam folder yang dikehendaki. Sehingga tidak perlu lagi memakai aplikasi tersebut untuk membuka file zip.

Anda juga dapat mengatur tata letak file yang akan diekstrak pada menu Out Path. Namun jika hal ini menurut Anda tidak diperlukan maka tidak usah diatur. Sebab aplikasi tersebut akan secara otomatis menyimpan file hasil ekstrak tersebut di penyimpanan internal paling luar.

Anda bisa dengan mudah menemukan hasil ekstrak dari file zip tersebut.

Kemudian, tap ikon gembok untuk membuat password. Sebenarnya password yang dimaksud di sini tidak perlu mencari tahu password aslinya. 

Masukkan passwordnya sesuka hati Anda. Namun pastikan juga bahwa Anda memberikan checklist atau centang pada Use Password sebelum Anda membuat password tersebut.

Jika sudah, meski Anda memasukkan passwordnya asal-asalan, namun nantinya file zip tersebut akan terbuka.

Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu menekan ikon mata yang terletak di sebelah ikon kunci. Jika notifikasi yang muncul adalah Extraction Was Completed, maka artinya file zip yang terkunci tersebut sudah berhasil dibuka.

Anda dapat langsung membukanya melalui menu file manager di perangkat Anda. 

Demikian cara membuka file zip yang terkunci dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di atas agar dapat membuka file ekstrak yang diinginkan. Sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika Anda tidak mengetahui password file zip yang terkunci.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

10 − 6 =

Scroll to Top