Cara Membuka App Lock Jika Lupa Password 

Cara Membuka App Lock Jika Lupa Password
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara membuka App Lock jika lupa password sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa penggunaan aplikasi bawaan maupun pihak ketiga untuk mengunci aplikasi pada smartphone memang penting dilakukan. 

App Lock dapat dimanfaatkan untuk memilih dan mengunci beberapa aplikasi. Sebab banyak sekali aplikasi penting yang menyimpan berbagai data, keuangan maupun hal-hal penting yang sifatnya rahasia lainnya. 

Oleh sebab itu, kebutuhan akan App Lock menjadi sangat penting agar tidak mudah diakses oleh orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. 

Namun apa jadinya jika Anda lupa password saat menggunakan App Lock. Tentu rasanya seperti senjata makan tuan. 

Tenang saja, jika Anda bertanya, bagaimana cara mengatasi lupa kata sandi aplikasi? Maka tulisan kali ini wajib Anda baca dan cermati baik-baik. 

Berikut ini beberapa cara membuka App Lock jika lupa password, antara lain: 

Uninstall Aplikasi Pengunci 

Jika App Lock yang Anda gunakan adalah aplikasi pihak ketiga, maka cara membuka App Lock jika lupa kunci yang pertama dapat dilakukan dengan menguninstall atau menghapus aplikasi pengunci.  

Menghapus layanan App Lock pihak ketiga sekaligus dapat menghapus data-datanya. Caranya sangat mudah: 

  • Anda hanya perlu masuk ke menu Manajer Aplikasi yang berada di menu Setelan.  
  • Kemudian pilih opsi untuk paksa berhenti terlebih dulu pada App Lock 
  • Baru kemudian pilihlah opsi hapus atau uninstall. 
  • Dalam beberapa saat, App Lock akan hilang dan Anda dapat membuka aplikasi yang terkunci. 

Matikan Akses Administrator 

Mematikan akses asministrasi suatu aplikasi, dalam hal ini yaitu App Lock dapat dijadikan sebagai cara untuk membuka App Lock jika lupa password.  

Caranya mudah: 

  • Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan Aplikasi. 
  • Lalu pilih Device Administrators. 
  • Kemudian ubah settingannya menjadi non-aktif.  

Dengan demikian, aplikasi yang terkunci melalui App Lock tadi dapat dibuka lagi.  

Hapus Data App Lock 

Cara buka App Lock selanjutnya bisa dengan menghapus data App Lock. Cara ini bisa diterapkan jika aplikasi App Lock yang digunakan menyediakan opsi tersebut.  

Caranya hampir mirip dengan cara yang pertama, namun tidak sampai menguninstall aplikasi tersebut. Hanya menghapus datanya saja. Berikut ini caranya:  

  • Masuk ke menu settings atau setelan 
  • Kemudian pilih opsi menu Manajer Aplikasi  
  • Lalu cari menu App Lock yang digunakan 
  • Baru kemudian pilih dan klik menu Penggunaan Data 
  • Nantinya akan ada opsi untuk Hapus Data, lalu pilih.  

Jika Anda melakukan hal tersebut, maka seluruh data aplikasi tersebut akan hilang beserta password dan datanya. Cara tersebut bisa dijadikan alternatif jika Anda masih membutuhkan App Lock untuk mengamankan data-data penting pada smartphone.  

Non-aktifkan App Lock 

Cara lain tanpa menghapus App Lock yaitu dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai cara membuka App Lock jika lupa kunci.  

Anda tak perlu khawatir, karena caranya juga sangat mudah, antara lain: 

  • Pilih menu Pengaturan Aplikasi  
  • Lalu pilih Device Administrators  
  • Ada juga yang melakukannya pada menu Keamanan  
  • Lalu pilih Administrasi Perangkat  
  • Nantinya akan muncul beberapa aplikasi yang telah diberikan akses administrator oleh perangkat 
  • Terakhir, cari App Lock untuk menonaktifkan akses App Lock  

Factory Reset 

Cara membuka App Lock jika lupa password yang terakhir sebenarnya sangat tidak disarankan. Sebab dengan melakukan Factory Reset, App Lock memang dapat dibuka nantinya jika lupa kata sandi. 

Namun hal tersebut juga sekaligus mereset smartphone ke pengaturan pabriknya. Artinya seluruh pengaturan smartphone akan kembali seperti smartphone baru. Sudah pasti juga beberapa setting yang telah diatur sebelumnya juga hilang. 

Oleh sebeb itu, cobalah cara di atas terlebih dahulu. Jika memang benar-benar sudah tidak ada cara lain lagi, maka baru lakukan cara ini. 

Namun dengan catatan bahwa, seluruh data penting yang ada di dalam smartphone harus dibackup terlebih dahulu. Jika sudah, maka berikut ini caranya: 

  • Cari dan pilih menu pengaturan 
  • Gulir ke bagian paling bawah untuk menemukan opsi menu Factory Reset 
  • Proses reset ini akan memakan waktu beberapa menit sebelum akhirnya pengaturan smartphone tersebut benar-benar tereset seperti baru.  

Perhatikan juga sebelumnya, bahwa smartphone dalam keadaan terisi penuh dan tidak kehabisan baterai. Jika terpaksa memang sudah habis maka sebaiknya melakukannya dalam keadaan charging

Demikian beberapa cara membuka App Lock jika lupa password yang dapat Anda coba. Pilih yang menurut Anda paling mudah dan efektif digunakan pada smartphone Anda.  
 


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 5 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top