5 Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Achmad Fachrur Rozi

Cara Membuat Polling di Whatsapp Grup
Rate this post

LABTekno.com – Cara membuat polling di WhatsApp grup perlu diketahui para admin grup. Sebab melalui polling, kalian bisa mengumpulkan berbagai pendapat dari anggota grup secara lebih cepat dan efisien.

Apalagi ketika akan mengadakan suatu kegiatan atau acara, polling semacam ini bisa ditujukan untuk mengumpulkan pendapat untuk mengatur jadwal pertemuan, memilih tempat dan sebagainya.

Pertanyaan yang diajukan perlu dipikirkan baik-baik sebelum mengikuti cara membuat polling di WhatsApp grup. Pikirkan juga beberapa pilihan jawaban yang menarik dan tepat.

Nantinya anggota grup bisa memberikan suaranya untuk jawaban yang dipilih. Sedangkan untuk hasilnya dapat diketahui oleh seluruh anggota grup secara instan.

Keuntungan Menggunakan Polling di WA Grup

Tidak hanya itu, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Polling di WhatsApp grup, antara lain:

Polling di WA grup merupakan fitur yang berguna untuk mengambil keputusan bersama secara efisien dan demokratis. 

Setelah mengetahui cara membuat polling di WA grup, berikut keuntungan menggunakan fitur polling di WhatsApp: 

Efisiensi Pengambilan Keputusan 

Dalam grup WhatsApp yang memiliki banyak anggota, mengambil keputusan secara konsensus bisa memakan waktu dan energi yang banyak. 

Dengan hadirnya fitur polling di WhatsApp grup, seluruh anggota grup dengan mudah dan cepat memberikan pendapatnya terhadap pilihan yang tersedia. 

Baca Juga  6 Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp, Gampang

Melibatkan Seluruh Anggota Grup 

Polling memungkinkan semua anggota grup untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan. 

Setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan pendapatnya melalui pemungutan suara. Hal ini menciptakan suasana yang lebih inklusif dan demokratis dalam grup. 

Menjaga Diskusi yang Teratur 

Penggunaan polling di WhatsApp grup juga membuat grup tersebut tetap aktif. Sebab biasanya WhatsApp grup memiliki obrolan yang berbeda. 

Nah, dengan adanya polling ini, seluruh anggota diarahkan untuk memfokuskan pemikirannya terhadap diskusi yang sedang berlangsung. Sehingga bisa tetap teratur dan anggota grup bebas menyuarakan pendapatnya secara langsung. 

Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan 

Tentu saja, setelah memantik arah diskusi menggunakan polling, interaksi dan keterlibatan anggota di dalam grup WhatsApp juga meningkat. 

Namun perlu diingat, agar pemungut polling memberikan opsi yang menarik dan relevan, sehingga anggota grup akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam polling. Hal ini bisa menciptakan iklim yang lebih hidup dan aktif dalam grup. 

Mengetahui Pendapat Mayoritas 

Setelah polling dilakukan, barulah keputusan bisa diambil berdasarkan opini mayoritas dari anggota grup.

Pembuat polling dan anggota grup juga bisa dengan mudah mengetahui opsi yang paling banyak disukai atau dipilih oleh mayoritas anggota grup sehingga membantu dalam pengambilan keputusan. 

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, mari simak selengkapnya mengenai cara membuat polling di WhatsApp grup.

Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Meskipun WA memiliki fitur yang cukup lengkap, beberapa pengguna mungkin masih belum menyadari dengan hadirnya fitur polling yang tersedia di aplikasi perpesanan WhatsApp. 

Dengan adanya fitur polling yang tersedia di WA grup, kini kalian tidak perlu lagi mengumpulkan suara satu per satu atau mengatur jadwal pertemuan offline melalui diskusi yang panjang. Cukup gunakan polling di WhatsApp grup saja.

Baca Juga  4 Cara Melihat Chat WhatsApp yang Terhapus

Berikut cara membuat polling di WhatsApp grup yang bisa kalian ikuti: 

Buka Grup WA dan Menu Opsi 

Pertama, buka aplikasi WA di perangkat dan pilih grup di mana ingin membuat polling. 

Setelah masuk ke dalam grup tersebut. ketuk tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar untuk membuka menu opsi grup. 

Pilih Poll dan Tulis Pertanyaan 

Dalam menu opsi, gulir ke bawah dan pilih opsi “Poll”. Ini akan membuka jendela baru di mana Anda bisa membuat polling. Masuk ke jendela polling, tulis pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada anggota grup. Pastikan pertanyaannya jelas dan mudah dipahami 

Tambahkan Pilihan Jawaban dan Atur Durasi Polling 

Setelah menulis pertanyaan, tambahkan pilihan jawaban yang ingin diberikan kepada anggota grup tersebut. 

Pada bagian bawah jendela polling, kalian bisa mengatur durasi polling sesuai kebutuhan. Mulai dari 5 menit, 1 jam, 1 hari hingga 1 minggu. Setelah durasi selesai, polling akan ditutup. 

Kirim Polling ke Grup 

Cara membuat polling di WA grup yang keempat yaitu mengatur pertanyaan. Selanjutnya pilihlah jawaban dan durasi polling. 

Ketuk tombol “kirim” untuk mengirim polling ke grup WhatsApp. Nantinya anggota grup akan menerima notifikasi tentang polling dan bisa memberikan suara mereka. 

Lihat Hasil Polling 

Setelah durasi polling berakhir, Anda bisa melihat hasil polling di grup yang dimiliki. Hasil polling akan menunjukkan persentase suara untuk setiap pilihan sehingga Anda bisa melihat opsi yang paling populer di antara anggota grup 

Cara membuat polling di WhatsApp grup memang cukup mudah diikuti dan bermanfaat dalam jalannya diskusi atau pengambilan keputusan dalam grup. 

Dengan fitur polling yang disediakan, grup WA akan menjadi tempat yang lebih produktif dan efektif saat melakukan diskusi.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Nomor Luar Negeri Untuk Telegram Gratis

Baca Juga

Leave a Comment