Cara Membuat Bot WhatsApp dengan 3rd Party Tanpa Coding

Achmad Fachrur Rozi

Cara Membuat Bot WhatsApp - LABTekno
Rate this post

LABTekno.com – Cara membuat Bot WhatsApp mungkin agak sedikit rumit bagi pemula. Pihak WhatsApp sebenarnya telah menyediakan WhatsApp Business yang memiliki fitur seperti bot, meliputi greeting, auto-reply, quick reply dan sebagainya.

Namun bagi kalian yang masih belum puas dengan fitur-fitur tersebut, maka solusinya adalah membuat bot WhatsApp.

Bot WhatsApp ini memang berguna untuk kebutuhan customer service dan CRM (Customer Relationship Management) agar dapat lebih optimal. 

Nah, tugas bot di sini adalah membantu untuk berinteraksi dengan lebih efisien. 

Apa itu Bot WhatsApp?

Di zaman yang serba otomatis seperti sekarang ini, mungkin kalian sudah sering menjumpai bot WhatsApp. Misalnya saat menghubungi nomor whatsapp bisnis, pasti pernah mendapatkan pesan sapaan atau pesan balasan otomatis. 

Balasan pesan otomatis ini biasanya memang template atau bot yang dikirim dengan menggunakan suatu program otomatis yang diintegrasikan dengan layanan WhatsApp. Bot WhatsApp ini dirancang untuk merespon atau mengirim pesan secara otomatis kepada pengguna. 

Untungnya, sekarang sudah banyak AI atau kecerdasan buatan yang biasa digunakan programer untuk memahami dan merespon pesan yang masuk.

Mulai dari menanyakan jadwal kerja, pesan makanan, sampai mengecek lama pengiriman barang, semuanya bisa dilakukan hanya dengan mengirim pesan ke bot WA ini. 

Namun, bot WhatsApp memang jarang yang secanggih ChatGPT. Berikut ini fitur dasar yang biasanya dimiliki bot WhatsApp, antara lain: 

  1. AutoReply
  2. Greeting/Salam Selamat Datang
  3. Pemberitahuan/Pengingat
  4. Scheduling/Penjadwalan
  5. Label Kontak
  6. Tree chart/flow chart chat

Cara Membuat Bot WhatsApp dengan Third Party (No Coding)

Cara membuat bot WhatsApp sekarang ini tidak harus mengerti programming, coding, WhatsApp API, dan berbagai hal lain terkait server.

Sudah banyak third party atau pihak ketiga yang menyediakan aplikasi bot WA semacam ini. Tentu saja, hal ini bakal memudahkan cara membuat bot WhatsApp, khususnya bagi orang awam yang tidak menguasai coding sama sekali.

Berikut ini beberapa layanan yang menyediakan bot WhatsApp, di antaranya:

Baca Juga  2 Cara Melihat Komentar Di Twitter X

Landbot

Cara Membuat Bot WhatsApp Melalui Landbot

Cara membuat bot WhatsApp yang pertama, bisa dilakukan melalui Landbot. Layanan Landbot ini merupakan platform pembangun chatbot no coding yang paling powerful, dirancang untuk membantu meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional, dan memuaskan pelanggan.

Landbot memudahkan penggunanya untuk menciptakan kampanye kampanye pemasaran percakapan, melibatkan pelanggan yang ada, dan menyediakan layanan pelanggan, semuanya di dalam WhatsApp.

Bahkan fiturnya lebih dari sekedar chatbot biasa, karena Landbot juga menyediakan alat untuk menganalisis kinerja melalui metrik, laporan, dan analitik channel yang dapat diekspor, layaknya aplikasi CRM.

Tampilan flowchart chat yang intuitif dari Landbot memudahkan pembuatan chatbot yang responsif dan efektif, menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Berikut ini cara membuat bot WhatsApp di Landbot:

  1. Download Landbot melalui website resminya
  2. Jalankan Landbot
  3. Klik “Build a Chatbot” di kanan atas
  4. Kemudian Pilih “WhatsApp”
  5. Buat chatbot berdasarkan template yang telah tersedia atau bisa juga membuatnya dari awal.
  6. Kemudian, bisa juga untuk menambahkan tree diagram atau flow chart chat-nya
  7. Jangan lupa test terlebih dahulu sebelum diluncurkan dengan menghubungkannya dengan WhatsApp

Layanan Landbot SandBox bisa diakses secara gratis selamanya. Namun, tentu saja dengan batasan tertentu. 

Jika ingin mengakses ke lebih banyak fitur, maka perlu menggunakan paket Starter dengan harga 30 Euro per bulan atau sekitar Rp 500.000 per bulan. 

Ada juga paket Pro dengan biaya 80 Euro per bulan atua sekitar Rp 1.340.000 per bulan.

Wotnot

Cara Membuat Bot WhatsApp Melalui WOTNOT

Cara membuat Bot WhatsApp yang kedua, adalah dengan menggunakan Wotnot. Kalian bisa membuat chatbot WhatsApp dalam hitungan menit, tanpa mengetik sebaris kode pun. Bot WA Wotnot dapat mengotomatiskan berbagai tugas bisnis, seperti dukungan pelanggan, pengumpulan umpan balik, pengayaan prospek, dan banyak lagi. 

Wotnot menawarkan kesempatan unik untuk mencapai prospek secara proaktif. Otomatisasi WhatsApp oleh Wotnot tidak hanya membantu dalam skala generasi prospek tetapi juga meningkatkan ROI dalam kampanye pemasaran.

Kalian bisa memanfaatkan fitur evaluasi data chatbot melalui dasbor analitik canggih, memberikan wawasan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat untuk hasil dan pengalaman yang lebih baik.

Baca Juga  Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Lupa iCloud

Wotnot menawarkan paket gratis namun hanya terbatas 500 chat saja. Sementara untuk versi berbayarnya ada Paket BASIC ($49/bulan). 

Selain semua fitur sebelumnya, ditambah lagi dengan batas chat hingga 2,000 chats, dan integrasi seperti Google Sheets dan Zapier, serta dukungan tiket dan chat.

Paket yang paling Populer, Starter, mencakup semua fitur pada paket sebelumnya, ditambah 5,000 chats, dan fitur tambahan seperti WhatsApp API, bot external, permintaan HTTP, integrasi Google, dan lebih banyak lagi. 

Jika masih kurang, ada lagi paket yang lebih tinggi, ($299/bulan) dengan limit 10,000 chats, live chat, pembangun FAQ, integrasi CRM, manajer akun, sembunyikan branding, pelacakan link, dan integrasi tambahan seperti Airtable dan Slack.

Mekari Kontak

Cara membuat bot WhatsApp melalui Mekari Qontak

Cara membuat bot WhatsApp selanjutnya bisa menggunakan perusahaan lokal, yaitu Mekari Qontak.

Mekari Qontak merupakan Mitra Resmi WhatsApp Business API di Indonesia, memberikan solusi komunikasi yang inovatif dan efisien untuk membantu bisnis meningkatkan penjualan dan pelayanan hingga 85%.

Dengan WhatsApp API, bisnis dapat menjangkau pelanggan secara lebih efisien melalui aplikasi WA, termasuk pengiriman pesan massal ke ribuan kontak sekaligus tanpa risiko diblokir.

Layanan bot WhatsApp dari Mekari Qontak meliputi, tanda centang hijau resmi dari API WhatsApp, Unlimited Blast WhatsApp, layanan otomatis 24/7, fitur agent routing otomatis yang memungkinkan pengaturan urutan jawaban pesan yang efisien. 

Sebenarnya masih banyak lagi layanan bot WhatsApp lainnya. Jadi meskipun kalian tidak memiliki keahlian programming maupun coding, kalian masih bisa membuatnya melalui layanan pihak ketiga tersebut.

Cara Membuat Bot WhatsApp Melalui Web Console

Semua layanan pihak ketiga di atas memang bisa diakses secara gratis, namun dengan fitur yang sangat terbatas. 

Jika kalian ingin menekan biaya, atau bahkan ingin membuat bot WhatsApp yang tidak memakan biaya sama sekali, maka pelajari cara membuat bot WhatsApp melalui Web Console. 

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkahnya dengan mudah: 

  1. Dapatkan Akses ke WhatsApp Business API

Pertama, kalian perlu mengajukan permohonan akses ke WhatsApp Business API. Ini bisa dilakukan melalui penyedia layanan resmi yang bermitra dengan WhatsApp.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

API (Application Programming Interface) digunakan untuk memesan operasi atau data dari program lain, sehingga dua perangkat lunak yang berbeda bisa berkomunikasi satu sama lain.

Dengan WhatsApp API, platform WA bisa berinteraksi dengan chatbot yang dibangun.

  1. Pilih Platform

Ada berbagai platform dan alat yang menyediakan antarmuka berbasis web untuk membangun chatbot WhatsApp. Misalnya seperti Github, Dialogflow, Twilio, atau bahkan menggunakan WhatsApp Business API secara langsung.

  1. Buat Akun & Login ke Web Console

Daftar dan login ke web console dari platform yang dipilih. Web console adalah antarmuka web yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengonfigurasi bot.

Web console adalah antarmuka berbasis browser yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, server, atau platform tertentu melalui web. Web console memberikan cara yang mudah untuk mengelola berbagai aspek dari sistem atau layanan tanpa harus menginstal perangkat lunak khusus.

Contoh Web Console yang umum digunakan untuk Chat Bot adalah Google Cloud Console (GCP), Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure Portal, Kubernete, dan Twilio.

  1. Rancang Percakapan

Biasanya, akan ada pilihan untuk memulai proyek baru atau memilih template yang sudah ada. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Di web console, kalian bisa merancang alur percakapan bot, menentukan pertanyaan yang diajukan bot dan jawaban yang diberikan, berdasarkan input dari pengguna.

  1. Integrasikan dengan WhatsApp

Setelah merancang percakapannya, kini kalian perlu menghubungkan bot tersebut dengan nomor WhatsApp yang akan digunakan. Cara ini berbeda-beda tergantung platform, tetapi biasanya melibatkan pengaturan seperti token akses, nomor telepon, dan lain sebagainya.

  1. Test Bot

Sebelum live, lakukan test bot WhatsApp terlebih dahulu untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Banyak web console menyediakan alat untuk uji coba.

  1. Luncurkan

Setelah puas dengan uji coba, langsung saja luncurkan bot WhatsApp tersebut. Kini bot WhatsApp akan merespons pesan yang dikirim ke nomor WhatsApp tersebut.

  1. Pantau & Tingkatkan

Setelah bot WhatsApp dijalankan beberapa waktu, gunakan analitik dan laporan (jika tersedia) untuk memantau bagaimana bot berfungsi dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.

Demikian beberapa cara membuat bot WhatsApp dengan third party tanpa coding. Silakan tentukan layanan yang ingin digunakan sesuai preferensi masing-masing. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment