3 Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Terlihat

Cara Melihat Status Whatsapp Tanpa Terlihat
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi pengguna saat stalking gebetan.

Anda mungkin sering menjumpai, orang yang membalas status tidak terdapat pada daftar viewer status WA. Padahal logikanya, ia perlu melihat status WhatsApp terlebih dahulu, baru bisa mengomentarinya melalui balasan pesan.

Tak perlu heran, ternyata memang ada caranya tersendiri. Seperti mekanisme Instagram Story, status di WhatsApp juga akan hilang dalam waktu 24 jam. Setelah itu, pembuat status maupun orang lain di daftar kontaknya juga tidak dapat melihatnya lagi.

Jika Anda ingin segera mungkin melihat status WhatsApp gebetan, namun gengsi kalau ketahuan gercep (gerak cepat). Maka Anda perlu mengetahui cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan. Berikut ini caranya.

Setting Melalui Pengaturan Read Receipt

Sama seperti fitur last seen atau terakhir dilihat, Anda juga tidak bisa menerima maupun mengirim informasi tersebut. 

Cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat selanjutnya bisa dilakukan melalui pengaturan Read Receipt. Fitur read receipt atau laporan dibaca pada WhatsApp, merupakan opsi dimana pengguna tidak dapat mengirim maupun menerima laporan tersebut. 

Sebaliknya, jika opsi ini tetap diaktifkan maka Anda masih dapat melihat siapa saja yang telah melihat story WA dan pengguna lain juga akan melihat Anda ke daftar orang-orang yang telah melihat statusnya. 

Fitur ini sebenarnya juga opsi untuk mengatur aktif atau tidaknya centang biru yang biasa muncul ketika orang lain membaca chat.

Hal ini bisa jelas memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Anda hanya perlu menentukan seberapa, mana yang kiranya lebih dibutuhkan.

Baca Juga  Cara Mempercepat Loading Windows 10 Anti Lemot

Bagi yang ingin tetap tak terlihat saat melihat status WhatsApp gebetan, maka berikut ini cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat: 

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda 
  • Tekan ikon titik tiga di sebelah kanan atas
  • Lalu masuk ke menu Settings
  • Pilih menu Privacy
  • Cari opsi Read Receipts, di samping kanannya tersedia toggle berwarna hijau yang berarti diaktifkan
  • Geser toggle hingga tidak menyala berwarna hijau, dengan begitu artinya fitur tersebut sudah dinonaktifkan

Jika opsi read receipt WhatsApp telah dinonaktifkan, Anda memang masih bisa melihat status orang lain tanpa ketahuan. 

Namun perlu diingatkan juga bahwa dengan mematikan read receipt, berarti Anda juga siap menerima dampaknya. 

Berikut ini beberapa dampak menonaktifkan pengaturan Read Receipt WhatsApp, di antaranya:

  • Anda tidak akan tampil sebagai viewers di status orang lain
  • Jika membuat status, Anda tidak akan mengetahui siapa saja yang telah melihatnya. Viewers akan disembunyikan dan hanya ada ikon bergambar mata.
  • Centang biru jadi tidak aktif sehingga Anda tidak dapat mengetahui apakah orang lain telah membaca pesan atau belum
  • Meskipun juga sebaliknya, orang lain juga tidak akan tahu kamu sudah membaca pesan mereka atau belum. 

Oleh sebab itu, jika Anda sudah siap mematikan Read Receipt, maka tak perlu terkejut jika WhatsApp mengalami perubahan setelan seperti yang disebutkan di atas. Konsekuensi dari fitur tersebut memang harus benar-benar dipahami terlebih dahulu.

Melihat melalui File Manager

Cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat yang kedua bisa dilakukan oleh pengguna Android. Sebab biasanya file WhatsApp Story yang diunggah oleh orang lain yang terdapat di kontak bisa dibuka melalui File Manager. 

Sebab setiap data yang diunggah akan otomatis terunduh pada penyimpanan smartphone. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan kemudahan ini untuk melihat status WhatsApp tanpa ketahuan. Berikut ini caranya:

  • Silakan masuk ke menu File Manager di smartphone
  • Kemudian cari folder WhatsApp 
  • Lalu pilih Media
  • Pilih Status
  • atau bisa juga dengan mencari menu Settings atau Pengaturan
  • Klik Show Hidden File atau Tampilkan File Tersembunyi untuk melihat semua file yang disembunyikan.
  • Lalu pilih folder Statuses
  • Maka semua file dari status WhatsApp baik itu status pribadi maupun orang lain di kontak Anda akan tersimpan di sana
Baca Juga  Cara Mengatasi Free Fire Patah Patah

Oleh sebab itu, Anda dapat leluasa melihat status WhatsApp orang lain tanpa ketahuan. Namun sayangnya, cara ini memang tidak dapat dilakukan di semua jenis smartphone Android. Beberapa smartphone mungkin memiliki pengaturan yang berbeda. Namun Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu, apakah smartphone Anda memungkinkan cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat ini.

Gunakan aplikasi GB WhatsApp

Jika kedua cara di atas masih dirasa sulit dilakukan, maka ada cara yang lebih praktis yaitu dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Anda bisa menggunakan aplikasi GB WhatsApp sebagai cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat.

Aplikasi GB WhatsApp memang tidak tersedia di Google Play Store. Oleh sebab itu Anda harus mengunduhnya melalui link download GB WhatsApp ini.

Jika aplikasi tersebut sudah terinstall, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik ‘GB Setting’
  • Klik ‘Privacy and Security’
  • Nyalakan toggle Hide View Status’

Apabila Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa leluasa melihat status orang lain tanpa ketahuan.

Namun perlu diingat bahwa GB WhatsApp tidak terjamin keamanan aplikasinya. Itulah sebabnya aplikasi GB WhatsApp tidak terdaftar di Play Store. 

Jika Anda masih bisa menggunakan cara lainnya, Anda tidak perlu mencoba cara terakhir tersebut karena berisiko mengancam privasi penggunanya.

Demikian cara melihat status WhatsApp tanpa terlihat yang wajib Anda ikuti. Melindungi privasi Anda agar tidak ketahuan oleh gebetan memang sangat berguna. Anda bisa tetap menstalking-nya tanpa diketahui. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top