Cara Melihat Penghasilan Google AdSense

Kategori
5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – Cara melihat penghasilan Google AdSense dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Namun sebelumnya, perlu diketahuui bahwa AdSense merupakan program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense ini, nantinya pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya akan diperbolehkan memasang unit iklan. Semua bentuk dan materi iklannya telah ditentukan oleh Google di halaman web tersebut.

Lalu nantinya, setelah iklan tersebut tayang di web atau blog tersebut, pemiliknya akan mendapatkan penghasilan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs tersebut. Hal ini biasa disebut sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik.

Jika Anda ingin mencoba hal tersebut, maka penting untuk mengetahui cara melihat penghasilan Google AdSense. Namun sebelumnya, Anda harus melakukan monetisasi blog terlebih dahulu untuk memaksimalkan keuntungan. Monetisasi blog merupakan salah satu fitur yang mendatangkan keuntungan melalui blog website dan sekaligus dapat meningkatkan traffic website tersebut.

Syarat Monetisasi Google AdSense

Berikut ini syarat monetisasi Blogger atau syarat google AdSense Blogger, agar kriteria monetisasi dapat terpenuhi, antara lain:

  1. Konten menarik.
  2. Bukan hasil plagiat.
  3. Memiliki minimal pengunjung 250 orang.
  4. Berumur 18 tahun ke atas.
  5. Tidak boleh menampilkan konten pornografi, vulgar, dan kekerasan.
  6. Tidak diperbolehkan menampilkan konten illegal dan mengajak atau menghasut orang lain ke arah tersebut.
  7. Tidak boleh ada konten yang menawarkan obat-obat terlarang hingga minuman keras.
  8. Blog tidak boleh berisi konten hoax yang mengajak pengunjung untuk mengklik iklan atau link tertentu.
Baca Juga  Cara Melihat Ongkir J&T

Cara Mendaftar Google AdSense

Berikut ini cara mendaftarkan website atau blog Anda ke Google AdSense, antara lain:

  • Kunjungi Situs Google AdSense dan isi data yang diminta.
  • Masukan URL Blog Anda beserta email aktif Anda.
  • Pilih “Yes” jika Anda ingin menerima saran Google dan “No” jika tidak.
  • Lalu klik Save and Continue.

Mohon untuk memastikan alamat website yang diisi sudah benar. Baca syarat dan ketentuan yang diberlaku dari Google AdSense. Lalu, jika semuanya sudah dicek, maka langsung saja “Create Account” untuk mengaktifkan akun Anda. Langkah selanjutnya yaitu:

  • Masukkan rincian akun setelah masuk pada tampilan Google AdSense. Hal ini penting karena berhubungan dengan pencairan pendapatan AdSense Blogger Anda.
  • Masukan data rincian untuk pembayaran.
  • Google akan memberikan kode script dalam bentuk Html.
  • Pastikan kode itu dipasang dalam kode html website blog Anda, agar dapat terhubung ke Google AdSense.

Cara Melihat Penghasilan Google AdSense

Jika akun blog Anda sudah terdaftar di Google AdSense, maka nantinya Anda akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan performa dari blog Anda. Cara mudah untuk melihat jumlah penghasilan Anda dari Google AdSense, antara lain:

  • Login ke akun Google AdSense.
  • Klik menu Laporan yang terletak pada menu Google AdSense di sebelah kiri.

Nantinya akan ditampilkan jumlah penghasilan Anda, konten yang paling aktif dan mendapatkan banyak profit. Hal ini juga dapat ditampilkan sesuai filter periode waktu hingga mata uang yang dipilih. Anda dapat mengatur periode penghasilan, mulai dari seminggu ataupun sebulan. Bisa juga dengan memilih zona waktu yang diinginkan, memilih mata uang IDR untuk mengetahui secara pasti jumlah penghasilan dalam kurs mata uang rupiah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Jika Anda memiliki blog lebih dari satu, maka caranya juga hampir sama. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Google AdSense.
  • Klik menu Laporan yang terletak pada menu Google AdSense di sebelah kiri.
  • Cara melihat penghasilan Google AdSense dari beberapa blog bisa dengan memilih menu Situs. Pada menu tersebut akan terlihat beberapa penghasilan dari 2 blog atau lebih yang telah Anda daftarkan di Google AdSense.

Itulah cara untuk melihat penghasilan kalian dari Google AdSense. Anda juga dapat mengetahui cara cek pendapatan YouTuber melalui cara ini, bila telah menyambungkan channel YouTube Anda ke dalam Google AdSense. Tentunya itu adalah untuk mengecek penghasilan channel Anda, bukan cara cek AdSense YouTube orang lain.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cara melihat penghasilan Google AdSense melalui aplikasi pihak ketiga, yaitu menggunakan tools Google Publisher. Melalui aplikasi ini, Anda dapat memantau penghasilan website langsung dari browser Chrome Anda.

Demikian beberapa hal penting terkait cara melihat penghasilan Google AdSense. Hal ini wajib Anda ketahui jika Anda memiliki website atau blog yang ingin atau sudah dimonetisasi. Semoga bermanfaat.

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

LABtekno.com - Cara mendapatkan uang dari aplikasi baca novel hari ini jelas perlu diketahui untuk menambah penghasilan. Sebab...

Cara Membuat Komunitas YouTube

LABtekno.com – Cara membuat komunitas YouTube perlu diketahui setiap pemilik channel. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian...

6 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

LABtekno.com – Memperkuat sinyal WiFi Indihome bisa dilakukan dengan berbagai cara. Langkah-langkah yang perlu dijalankan juga terbilang...