Cara Melihat Data Aplikasi di Android

Kategori
Rate this post

LABtekno.com – Cara melihat data aplikasi di Android sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Sebelum beranjak ke sana, penyebab seseorang ingin melihat data aplikasi biasanya karena smartphonnya sudah terasa lag, lemot dan sejenisnya.

Ketika menginstall sebuah aplikasi pada smartphone, secara otomatis sistem akan membuat folder baru khusus untuk aplikasi tersebut. Sebab setiap aplikasi yang terinstall ini pasti pasti akan menimbulkan cache atau data tambahan. Gunanya folder khusus ini, yaitu agar pengguna bisa dengan mudah mencari file-file yang dibuat oleh aplikasi tersebut.

Sama halnya dengan PC atau laptop, pada system operasi windows juga menyimpan folder aplikasi khusus. Namun pada smartphone akan sedikit berbeda. Jika di Windows mungkin pengguna bisa membuat suatu aplikasi trial menjadi aplikasi full version hanya dengan cara menambah sebuah file ke dalam folder aplikasi. Sedangkan pada Android tidak bisa.

Jika smartphone Android Anda ingin mendapatkan aplikasi full version, maka perlu mengunduh dan menginstall mod-nya. Jika memaksa melakukannya maka file yang ditambahkan tidak akan bekerja sebagaimana yang terjadi pada perangkat Windows.

Namun, sebelum terlalu jauh, langsung saja membahas cara melihat data aplikasi Android. Perlu diketahui bahwa pada beberapa merk smartphone, pengguna dapat memanfaatkan folder tersembunyi tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Letaknya ada di File Manager, seret ke bawah hingga muncul ikon gembok di bagian atasnya.

Cara Melihat Data Aplikasi di Android Melalui File Manager

Cara berikut ini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, cukup gunakan menu file manager yang sudah pasti menjadi menu bawaan smartphone Anda:

  • Silakan buka menu File Manager
  • Lalu pilih Penyimpanan Telepon
  • Setelah itu cari dan pilih folder Android
  • Kemudian pilih folder Data
Baca Juga  Cara Dark Mode Youtube, Agar Tampilan Lebih Estetik!

Dalam hitungan kedipan mata, semua data dari aplikasi yang terinstall pada smartphone Android Anda akan muncul.

Cara Melihat Data Aplikasi di Android pada Layar Utama

Cara melihat data aplikasi di Android yang selanjutnya lebih sederhana lagi, teknisnya sama dengan fitur shortcut yang ada pada desktop.

  • Cukup dengan menekan dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin Anda lihat datanya
  • Kemudian akan muncul 3 opsi, yaitu tentang aplikasi, paksa berhenti dan uninstall. Anda pilih tentang aplikasi. Pada smartphone yang berbeda mungkin hanya beda penamaan saja.
  • Klik ikon berbentuk lingkaran dengan huruf ‘i’ di tengahnya.

Maka akan muncul tampilan penyimpanan data aplikasi. Jika anda ingin menghapus cache, silakan klik opsi tersebut. Jika hanya ingin melihat seberapa besar data yang digunakan, klik opsi data yang digunakan. Sesuai keinginan Anda. Namun harus hati-hati, jangan sampai terburu-buru, nanti salah-salah malah klik uninstall, padahal masih membutuhkannya.

Ada juga yang langsung menampilkan data aplikasi hanya dengan meng-klik dan tahan beberapa saat ikon aplikasi tersebut, maka akan menampilkan berbagai info tentang aplikasi. Jika Anda merasa aplikasi tersebut sudah memakan cukup banyak memori penyimpanan pada smartphone Anda maka tidak ada salahnya jika menghapus cache.

Dengan menghapus cache, maka riwayat penjelajahan, info login akan otomatis terhapus. Jika merasa cachenya masih terlalu sedikit namun penyimpanan memori aplikasi tersebut sudah membengkak, maka pilih opsi hapus data, maka otomatis, seluruh data yang telah disimpan dari aplikasi tersebut akan hilang seperti saat pertama kali Anda menginstallnya. Demikian cara melihat data aplikasi di Android, semoga dapat membantu. Jika setelah menghapus seluruh data aplikasi namun masih terasa lag, atau lemot maka kembalikan ke pengaturan pabrik. Jika perlu belilah smartphone baru yang memiliki kapastitas yang lebih besar.

Baca Juga  Cara Melihat Insight di IG

Ikuti Kami

Artikel Terbaru

Artikel Tterkait

Continue to the category

Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi Baca Novel

LABtekno.com - Cara mendapatkan uang dari aplikasi baca novel hari ini jelas perlu diketahui untuk menambah penghasilan. Sebab...

Cara Membuat Komunitas YouTube

LABtekno.com – Cara membuat komunitas YouTube perlu diketahui setiap pemilik channel. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian...

6 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi Indihome

LABtekno.com – Memperkuat sinyal WiFi Indihome bisa dilakukan dengan berbagai cara. Langkah-langkah yang perlu dijalankan juga terbilang...