Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Achmad Fachrur Rozi

Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara melihat dan menghapus riwayat pencarian Google sebenarnya wajib diketahui setiap pengguna.

History atau riwayat pencarian Google merupakan catatan semua aktivitas pencarian yang dilakukan pengguna saat memakai layanan Google. 

Hal ini mencakup semua kata kunci atau keyword yang dimasukkan ke dalam mesin pencarian Google, situs web yang dikunjungi, video yang ditonton di YouTube, aplikasi yang digunakan, dan berbagai aktivitas lainnya yang terkait dengan akun Google Anda.

Alasan Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Sebelum membahas cara melihat dan menghapus riwayat pencarian Google, biasanya ada beberapa alasan. Apa saja itu?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin melihat dan menghapus riwayat pencarian Google. Berikut ini beberapa alasan yang umum:

  1. Privasi: Beberapa orang mungkin peduli dengan privasi online mereka dan ingin membatasi jumlah informasi yang tersedia tentang mereka secara daring. Dengan melihat dan menghapus riwayat pencarian, mereka dapat mengurangi jejak digital mereka dan meminimalkan kemungkinan informasi pribadi mereka digunakan oleh pihak lain.
  2. Keamanan: Riwayat pencarian yang tersimpan dapat menjadi sumber informasi yang berharga bagi pihak yang tidak bermaksud baik. Dengan menghapus riwayat pencarian, seseorang dapat mengurangi risiko akses tidak sah atau penyalahgunaan data pribadi mereka.
  3. Sensitive Searches: Terkadang, orang melakukan pencarian yang berhubungan dengan topik-topik yang mungkin mereka anggap pribadi atau sensitif. Dalam situasi seperti itu, mereka mungkin ingin menghapus riwayat pencarian agar informasi tersebut tidak terlihat oleh orang lain yang menggunakan perangkat yang sama.
  4. Kesalahan Ketik atau Keyword yang dimaksud: Mungkin ada saat-saat di mana seseorang ingin menghapus riwayat pencarian karena mereka melakukan kesalahan dalam mengetik atau mencari informasi yang tidak relevan. Dengan menghapus riwayat pencarian, mereka dapat membersihkan catatan yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka di masa depan.
  5. Ruang Penyimpanan: Riwayat pencarian Google dapat mencakup jumlah data yang signifikan dari waktu ke waktu. Jika seseorang ingin membebaskan ruang penyimpanan di akun mereka atau perangkat mereka, menghapus riwayat pencarian dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi jumlah data yang disimpan.
Baca Juga  Apa Itu FYP, Catat Jam FYP TikTok Terbaru

Tentu saja, alasan seseorang ingin melihat dan menghapus riwayat pencarian Google dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi mereka.

Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Setelah mengetahui alasannya, langsung saja simak cara melihat dan menghapus riwayat pencarian Google berikut.

Cara Melihat Riwayat Pencarian Google

Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Untuk melihat riwayat pencarian Google Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman web Google di browser Anda.
  • Pastikan Anda sudah masuk atau login ke akun Google Anda.
  • Klik ikon gambar profil Anda di sudut kanan atas layar.
  • Dalam menu dropdown, klik opsi Google Akun atau Akun Saya.
  • Di halaman Akun Google, cari opsi Pribadi atau Pengaturan Privasi.
  • Cari opsi Kelola Riwayat Anda atau Kelola Aktivitas Anda.
  • Pada halaman Riwayat Aktivitas, cari opsi Aktivitas Web & Aplikasi atau Aktivitas Pencarian dan Penelusuran.
  • Di sini, akan muncul riwayat pencarian Anda yang tercatat oleh Google.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian Google

Setelah melihat riwayat penelusuran Google, jika Anda ingin menghapus riwayat pencarian Google, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Riwayat Aktivitas Google seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  2. Temukan opsi Hapus aktivitas menurut atau Hapus riwayat menurut di sisi kiri halaman.
  3. Klik opsi ini, dan nantinya akan muncul beberapa opsi untuk menghapus riwayat pencarian.
  4. Anda dapat memilih untuk menghapus riwayat pencarian dalam rentang waktu tertentu, mulai dari satu jam terakhir, satu hari terakhir, sebulan terakhir, atau semuanya.
  5. Jika Anda ingin menghapus semua riwayat pencarian, pilih opsi Seluruh periode.
  6. Setelah memilih opsi yang diinginkan, klik tombol Hapus untuk membersihkan riwayat pencarian.

Perlu diingat bahwa menghapus riwayat pencarian Google hanya menghapus riwayat dari akun Anda dan tidak menghapus informasi yang terkait dengan situs web atau layanan lain di luar Google. 

Baca Juga  Cara Dapat Uang dari YouTube Short

Selain itu, jika Anda menggunakan perangkat yang berbeda atau browser yang berbeda, mungkin perlu menghapus riwayat pencarian pada perangkat atau browser tersebut secara terpisah.

Demikian cara melihat dan menghapus riwayat pencarian Google yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga privasi sekaligus meringankan kinerja browser. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment