Cara melacak IP address pengguna Instagram

Rate this post

LABtekno.com – Cara melacak IP address pengguna Instagram ternyata mudah, cukup ikuti beberapa langkah di bawah, Anda sudah seperti hacker. Sebelum membahas hal tersebut, perlu diketahui bahwa sosial media saat ini memiliki peran yang sangat penting di kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak jarang, ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, akan mengecek jejak digital terlebih dahulu untuk profiling.

Boleh dikatakan apa yang dilakukan di sosial media juga berdampak dalam kehidupan nyata. Sehingga sangat penting kiranya untuk menjaga diri dari perilaku-perilaku yang akan merugikan diri sendiri di masa mendatang.

Saat ini, bukan berarti karena tidak mengenal orang yang berinteraksi secara langsung sehingga bisa seenaknya berbuat apa saja. Bisa jadi Ketika seseorang merasa tersinggung dengan komentar orang lain misalnya, ia dapat melacak lokasinya. Misalkan komentar pedas Anda di Instagram telah menyinggung seseorang, jika orang tersebut mau mempermasalahkannya maka hanya perlu menghitung waktu untuk dapat menemukan lokasi Anda. Bagaimana caranya?

Cara melacak seseorang via media sosial Instagram bisa dilakukan melalui IP address. Anda hanya perlu memanfaatkannya untuk mengetahui lokasi keberadaan orang tersebut.

Berbekal IP address tadi, Anda hanya perlu memanfaatkan webtool yang sudah banyak beredar di internet dan dapat diakses secara gratis. Sehingga melacak lokasi keberadaan seseorang saat ini bukanlah hal yang sulit.

Berikut ini cara melacak IP address pengguna Instagram dengan mudah, antara lain:

  1. Anda bisa memanfaatkan foto orang yang akan dilacak, cukup cari foto tersebut di akun milik target.
  2. Lalu klik menu titik tiga yang terletak pada bagian pojok kanan atas foto orang tersebut, akan muncul beberapa opsi menu, kemudian klik opsi salin tautan.
  3. Pada step ketiga ini, barulah IP Address bisa dimanfaatkan. Namun untuk memanfaatkannya, Anda perlu menggunakan aplikasi atau webtool pihak ketiga.
  4. Gunakan webtool yang tersedia pada browser Anda dengan mengetikan grabify.link. Ini adalah salah satu website yang dapat membantu pencarian IP.
  5. Setelah muncul halaman utama web tersebut, lalu klik menu create URL.
  6. Pada saat inilah, gunanya Anda menyalin tautan foto tadi. Tempelkan URL yang telah disalin tersebut.
  7. Kirimkan URL yang sudah di-generate kepada orang yang akan dilacak IP addressnya. Terserah melalui apapun itu, baik WA, DM Instagram, dan sebagainya. Buat semenarik mungkin agar ia mau membukanya. Jangan sampai ia curiga dan tidak mau membuka tautan yang telah Anda kirimkan.
  8. Jika target sudah membuka link yang Anda kirim, maka Anda hanya perlu me-reload web grabify.link. Jika target sudah membuka link tadi, maka IP Addressnya akan muncul pada bagian bawah web tersebut.
  9. Apabila IP Addressnya sudah dimiliki, masih ada langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, yaitu membuka situs geobytes.com/iplocator
  10. Masukkan IP Address target pada kolom situs geobytes, lalu lakukan pencarian.
  11. Catatlah latitude dan longatitud yang muncul, untuk mengetahui lokasi pasti dari IP Address tersebut.
  12. Barulah ketikkan latitude dan longatitud yang telah dicatat tadi pada aplikasi Google Earth. Hal ini bertujuan untuk memastikan lokasi keberadaan orang yang hendak Anda cari lokasi keberadaannya. Namun perlu diingat bahwa penulisan latitude dan longatitude tadi menggunakan koma. Jangan sampai salah agar lokasinya benar-benar muncul. Apabila
  13. Selesai
Baca Juga  Cara Mengatasi Virus Shortcut

Demikian cara melacak IP address pengguna Instagram dengan mudah. Meski Instagram bisa dijadikan tempat berinteraksi di dunia maya, bukan berarti seseorang bisa seenaknya menyinggung yang lain. Jadi bijaklah dalam bersosial media dan yang terpenting jika Anda sudah mengetahui cara di atas, bukan berarti Anda bisa melakukan hal seenaknya karena merasa telah disinggung orang lain.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top