Cara DM di Twitter Mudah bagi Pemula

Achmad Fachrur Rozi

Cara DM di Twitter
Rate this post

LABTekno.com – Cara DM di Twitter bagi pengguna baru mungkin masih kesulitan. Perlu diketahui bahwa DM adalah singkatan dari “Direct Message” dalam konteks Twitter. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan langsung secara pribadi antara satu sama lain di platform Twitter.

Pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain secara privat melalui DM atau pesan langsung. Cara DM di Twitter bisa dilakukan dengan berbagai format pesan, mulai dari pesan teks, gambar, GIF, video, atau tautan.

Manfaat DM di Twitter

Sebelum membahas cara DM di Twitter, akan dijelaskan terlebih dahulu berbagai tujuan pengguna memanfaatkan Pesan langsung (DM) di Twitter, antara lain: 

  1. Berkomunikasi dengan teman atau anggota keluarga secara pribadi.
  2. Berdiskusi atau berkoordinasi dengan rekan kerja, mitra bisnis, atau kolega di industri yang sama.
  3. Mengirimkan pesan kepada pengguna yang mungkin tidak mengikuti Anda atau pengikut Anda yang mungkin tidak ingin membagikan percakapan secara publik.
  4. Menyampaikan pertanyaan, permintaan, atau umpan balik secara pribadi kepada merek, perusahaan, atau akun publik lainnya di Twitter.

DM juga dapat digunakan untuk menjaga privasi dalam percakapan dengan pengguna lain, terutama ketika Anda ingin berbagi informasi yang lebih sensitif atau pribadi yang tidak ingin Anda publikasikan di umpan Twitter Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa ada batasan dan kebijakan dalam penggunaan pesan langsung di Twitter, dan Anda harus mengikuti aturan dan etika yang berlaku serta menghormati privasi dan preferensi pengguna lain ketika mengirim DM.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Koin di TikTok dengan Cepat

Cara DM di Twitter

Cara DM di Twitter dapat dilakukan dengan mudah, baik itu mengaksesnya dari situs web maupun aplikasinya langsung. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Twitter atau akses situs web Twitter di peramban web Anda.
  2. Login ke akun Twitter Anda dengan menggunakan nama pengguna (username) dan kata sandi yang sesuai.
  3. Setelah masuk ke akun Twitter, cari dan temukan profil pengguna yang ingin Anda kirim pesan DM.
  4. Buka profil pengguna tersebut dan perhatikan ikon pesan (ikon balon obrolan) di sebelah tombol “Follow” (ikuti). Klik ikon tersebut.
  5. Setelah itu, nantinya akan muncul jendela pesan yang memungkinkan Anda untuk menulis dan mengirim pesan langsung ke pengguna tersebut.
  6. Tulis pesan yang ingin dikirimkan dalam kotak teks dan tekan tombol “Kirim” (Send) untuk mengirimnya.
  7. Pengguna yang dikirimi pesan akan menerima pemberitahuan tentang pesan baru dan dapat membacanya serta membalasnya.

Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengirim pesan langsung ke pengguna Twitter yang mengizinkan pesan dari orang lain yang bukan pengikut mereka. 

Jika pengguna tersebut tidak mengizinkan pesan dari orang lain, Anda tidak dapat mengirim DM ke akun mereka.

Selain itu, ada beberapa batasan dalam penggunaan pesan langsung di Twitter. Misalnya, jika Anda tidak mengikuti akun pengguna lain, mereka mungkin perlu mengikuti Anda kembali untuk menerima pesan langsung dari Anda.

Pastikan juga untuk mengikuti aturan dan kebijakan Twitter saat mengirim pesan kepada pengguna lain dan hindari penyalahgunaan atau perilaku yang melanggar.

Cara Mengatasi Spam DM di Twitter

Setelah mengetahui cara DM di Twitter, perlu diingatkan juga agar tidak mengganggu privasi pengguna lain dengan mengirimkan spam.

Baca Juga  Ketentuan dan Cara Ganti Username di Snapchat

Jika Anda menerima DM yang mengandung tautan mencurigakan, jangan mengkliknya. Tautan semacam itu dapat mengarah ke situs yang berbahaya atau mencoba mencuri informasi pribadi Anda.

Selain itu, jangan pernah memberikan informasi pribadi atau rahasia kepada pengguna yang tidak Anda kenal atau yang tidak dapat dipercaya.

Bagi pengguna yang merasa terganggu dengan banyaknya spam DM Twitter yang masuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

Cara mengatasi spam DM di Twitter dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Blokir Akun Pengirim Spam

Jika Anda menerima pesan DM yang mengandung spam atau konten yang tidak diinginkan, Anda dapat memblokir pengguna tersebut. Caranya gampang: 

  • Buka pesan DM yang mengandung spam 
  • Klik pada tiga titik vertikal di pojok kanan atas pesan
  • Pilih opsi “Block @nama_pengguna”. 

Dengan memblokir pengguna seperti di atas, Anda tidak akan menerima pesan lagi dari mereka.

Laporkan ke Twitter

Jika Anda mengalami spam DM yang cukup serius atau berulang, Anda dapat melaporkannya kepada Twitter. Dengan begitu, jika pengguna tersebut terbukti melanggar maka akan dikenakan sanksi.

Entah itu bentuknya hanya berupa peringatan, penghapusan konten sementara atau permanen, pembatasan interaksi, pembatasan akses, suspensi akun hingga penghapusan akun.

Penting untuk dicatat bahwa sanksi yang diberlakukan oleh Twitter dapat bervariasi tergantung pada tingkat pelanggaran dan kebijakan yang dilanggar. 

Twitter juga memiliki kebijakan penegakan hukum dan bekerja sama dengan otoritas hukum jika diperlukan. 

Nah, jika sudah paham beberapa sanksi yang bisa diberikan Twitter kepada pengguna, berikut ini cara laporkan spam DM berulang ke Twitter: 

  • Buka pesan DM yang mengandung spam 
  • Klik pada tiga titik vertikal di pojok kanan atas pesan
  • Pilih opsi “Laporkan @nama_pengguna”. 
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Twitter untuk melaporkan spam tersebut.
Baca Juga  10 Cara Mempercepat Loading Windows 11

Gunakan fitur Filter DM

Twitter memiliki fitur Filter DM yang memungkinkan Anda mengelola pesan yang masuk ke folder permintaan pesan (Message Requests). 

Melalui fitur ini, pesan DM dari pengguna tidak ikuti akan masuk ke folder permintaan pesan, dan Anda dapat memilih apakah ingin menerima atau mengabaikan pesan tersebut. 

Anda dapat mengaktifkan atau menyesuaikan pengaturan Filter DM di bagian pengaturan privasi dan keselamatan akun Anda.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat, cara DM di Twitter, dan beberapa tips menarik seputar DM lainnya. Oya, silakan kunjungi akun Twitter LABTekno. Selamat mencoba!

Baca Juga

Leave a Comment