5 Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate

Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate
Rate this post

LABTekno.com – Cara dapat uang dari Shopee Affiliate bisa kalian gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tak perlu khawatir, cara dapat uang dari Shopee Affiliate sebenarnya mudah dan bisa dipraktekkan siapapun.

Bukan hanya menjual produk saja yang bisa mendatangkan uang dari Shopee. Kalian juga bisa membantu para penjual mendapatkan orderan, dari orderan tersebut nantinya bisa mendapatkan komisi penjualan.

Shopee membuka peluang bagi para penggunanya untuk mendapatkan uang dari mendulang klik dan menghasilkan komisi sebanyak-banyaknya.

Melalui program Shopee Affiliate, platform belanja satu ini menawarkan komisi atau penghasilan tambahan bagi para pengguna, khususnya bagi content creator yang aktif bermedia sosial.

Sambil menyelam minum air, kalian bisa scroll medsos sepuasnya dan mendapatkan uang dari aktivitas tersebut. Lebih tepatnya dengan cara mempromosikan produk yang ada di Shopee dan mencantumkan custom link tertentu dari produk yang akan dipromosikan.

Komisi akan diberikan pada setiap pembelian dari custom link tersebut selama dinilai memenuhi syarat.

Apa itu Shopee Affiliates

Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate Program

Sebelum membahas cara dapat uang dari Shopee Affiliate, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Shopee Affiliates.

Sederhananya Shopee Affiliates Program adalah salah satu program khusus dari Shopee yang ditujukan untuk content creator yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan mempromosikan produk-produk Shopee melalui media sosial, seperti Instagram, YouTube, Facebook, hingga Twitter.

Afiliator yang bergabung di program tersebut akan dibebaskan untuk memilih produk-produk yang ingin mereka promosikan dan platform yang ingin digunakan. Bahkan meskipun jika kalian sebelumnya bukan content creator sekalipun, program ini bisa diikuti oleh siapa saja tanpa ada minimum followers.

Ketentuan daftar Shopee Affiliates

Hal yang tak kalah penting sebelum membahas cara dapat uang dari Shopee Affiliate adalah memahami ketentuannya. Terdapat beberapa ketentuan yang berlaku jika kalian ingin bergabung dengan Shopee Affiliates Program, antara lain:

  • Memiliki minimal 1 subscribers/followers/teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk bergabung ke Shopee Affiliates.
  • Memiliki minimal 2 ribu subscribers/followers/teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Influencers.
  • Memiliki akun media sosial aktif, memiliki konten original, dan terbuka untuk umum.
  • Akun media sosial yang dimiliki merupakan akun pribadi dan bukan akun toko atau penjual.
  • Akun media sosial tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  • Produk yang dapat dipromosikan hanya produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  • Produk yang dilarang adalah produk rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.
  • Komisi akan diberikan paling cepat setiap 2 minggu sekali.
  • Shopee berhak mengunggah ulang konten di sosial media dan aplikasi Shopee.

Keuntungan mengikuti program Shopee Affiliates

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kalian peroleh dari Program Shopee Affiliate. Bukan hanya keuntungan berupa uang saja, kalian juga bisa memperoleh keuntungan lain, seperti di antaranya:

  • Bebas memilih produk dan konten untuk promosi
  • Bisa mendapat komisi dengan mudah cukup dengan menyebarkan referral link
  • Komisi tetap mulai 2,5 persen hingga 10 persen untuk produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller
  • Ada juga komisi EXTRA 100 persen dari penjual
  • Mendapatkan produk dan voucher GRATIS dengan mengikuti campaign Shopee
  • Bonus Rp1.850.000 untuk 1.200 pesanan pertama
  • Bonus komisi 15 persen dari Shopee Affiliates Team

Cara daftar Shopee Affiliates

Cara dapat uang dari Shopee Affiliate yang pertama, kalian harus mendaftarkan akun Shopee pribadi terlebih dahulu. Adapun, cara untuk bergabung menjadi bagian Shopee Affiliates adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kalian sudah memiliki akun Shopee terlebih dahulu
  • Kemudian log in ke akun Shopee sebelum mendaftar program tersebut
  • Buka laman affiliate.shopee.co.id/ pada browser atau bisa juga melalui aplikasi Shopee secara langsung, lalu cari “Shopee Affiliates Program” pada kolom Pencarian
  • Nantinya akan muncul dua opsi jenis akun, “Saya seorang Afiliasi” dan “Saya seorang penjual”
  • Pilih opsi pertama yaitu “Saya seorang Afiliasi” dan klik tombol Selanjutnya
  • Isi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar
  • Setelah berhasil mendaftar, tunggu selama maksimal 3 hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee
  • Jika pendaftaran kalian telah dikonfirmasi oleh pihak Shopee, kalian sudah bisa mulai mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link Affiliates.

Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate

Apabila hal-hal di atas sudah dipahami dan dilakukan, kini saatnya untuk mengetahui cara dapat uang dari Shopee Affiliate. 

Langkah yang harus kalian lakukan sebagai cara dapat uang dari Shopee Affiliate adalah menyusun ide-ide konten yang menarik agar dapat meningkatkan daya tarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pilih Produk Paling Laris

Jika kalian sudah disetujui oleh Shopee untuk mengikuti program afiliasi, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan selanjutnya:

  • Setelah pengajuan mengikuti program Shopee Affiliates diterima, kalian akan mendapatkan custom link yang ada di halaman Shopee Affiliates Program.
  • Selanjutnya pilih produk paling laris dari Star Seller atau Shopee Mall untuk bahan promosi.
  • Cantumkan referral link produk yang sudah kamu pilih tadi di seluruh akun sosial media atau website yang dimiliki.
  • Buat konten yang bisa menarik orang untuk mengklik link yang dicantumkan dan melakukan pembelian.
  • Komisi yang akan didapatkan sesuai dengan harga jual barang yang dibagikan link nya.

Pembayaran komisi dilakukan dua minggu sekali dengan catatan minimal pendapatan Rp10 ribu pada tanggal pembayaran yang telah ditentukan. Jika pendapatan kalian kurang dari Rp10 ribu, maka komisi tidak akan dibayarkan.

Pengisian informasi rekening dan NPWP (opsional) ada pada pengaturan pembayaran (akun Anda > pengaturan pembayaran) di platform Shopee Affiliates Program, bukan melalui link Formulir Informasi Shopee Affiliates.

Ulasan Produk dari Kategori Tertentu

Salah satu parameter terpenting bagi calon pembeli biasanya akan mempertimbangkannya melalui ulasan produk. Para pelanggan yang sudah pernah membeli produk biasanya membagikan pengalaman mereka terhadap produk tertentu yang dibelinya. 

Istilah populernya saat ini adalah konten Racun. Konten tersebut biasanya dibuat berisikan informasi dan penilaian tentang suatu produk yang dimiliki atau baru saja dibeli.

Kalian bisa membagikan informasi seputar kelebihan atau kekurangan dari produk tersebut, agar hasil ulasannya bisa lebih dipercaya dan menarik perhatian.

Kontennya pun beragam, mulai dari produk elektronik, fashion, kecantikan, perlengkapan rumah, dan sebagainya.

Video Tutorial

Banyaknya media sosial yang bisa digunakan untuk membagikan video membuat content creator harus mampu semakin kreatif. Konten tutorial menjadi salah satu cara jitu dalam meningkatkan konversi afiliasi. 

Membuat konten mempromosikan suatu produk, sambil menginformasikan kepada para pembaca mengenai cara melakukan sesuatu hal tentu akan sangat menarik.

Misalnya kalian ingin menawarkan laptop baru, maka bisa membuat konten tutorial bermain game android di laptop melalui Google Play Game. Banyak orang yang belum mengetahui caranya. Silakan selipkan link produk tersebut untuk dapat diakses pembaca.

Ikuti Tren atau Buat Tren Baru

Ada dua hal yang bisa kalian pilih dalam membuat konten. Cara termudahnya, kalian bisa mengikuti tren dari masa ke masa. Sebab banyak pengguna yang ingin selalu up to date untuk memperbarui keingintahuannya. Termasuk produk yang lagi banyak dipakai orang.

Satu hal lagi yaitu buat tren baru. Cara ini mungkin jauh lebih sulit, karena tidak semua orang bisa mempengaruhi orang dengan cara berpikirnya untuk membuat tren baru tersebut. 

Kalian perlu mengamati hal-hal apa saja yang menarik namun belum terlalu disorot agar bisa menghasilkan tren baru.

Berbagi Tips dan Trik

Tipe konten ini biasanya akan menawarkan informasi dan tips-tips seru dan mudah yang belum banyak diketahui orang lain.

Kalian harus jeli untuk menempatkan produk yang ingin dipromosikan dengan mencantumkan tautan atau link affiliate.

Demikian cara dapat uang dari Shopee Affiliate. Kalian bisa menghasilkan cuan berlebih hanya dengan bermain sosial media saja. Terlihat nganggur di rumah ternyata gak buruk-buruk amat! Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top