Cara Daftar Affiliate Amazon, Begini Panduannya

Cara Daftar Affiliate Amazon
Rate this post

LABTekno.com – Cara daftar affiliate Amazon bisa dibilang tidak begitu susah dan tidak gampang juga. Namun masih memungkinkan kalian untuk mencoba menjadi mitra penjualan Amazon dan mendapatkan passive income.

Amazon tidak hanya tempat jualan saja, kalian juga bisa memasarkan produk untuk mendapatkan keuntungan secara pasif. Melalui program affiliate Amazon atau menjadi salah satu Amazon Partner.

Sama seperti e-commerce umum di Indonesia, Amazon juga membuka kesempatan dari program afiliasi. Bahkan jika dihitung secara nominal, mungkin hasilnya jauh lebih besar karena menggunakan kurs dollar. 

Para content creator dan blogger bisa menambah penghasilannya dari Amazon Affiliate Marketing Program setiap rekomendasi yang berhasil memikat pembeli.

Mengutip dari website katadata, Amazon sebagai perusahaan retail terbesar dunia, mencatatkan penjualan bersihnya mencapai US$127,1 miliar pada kuartal III 2022. 

Besarnya angka penjualan produk di Amazon membuka peluang lebar bagi siapapun yang ingin mencoba menjadi affiliate marketing. 

Keuntungan yang bisa kalian dapat bervariasi mulai dari US$100 hingga US$20.000 atau setara dari Rp. 1.500.000,- hingga Rp. 300 Juta. Jumlahnya tergantung dengan jumlah referral dan jumlah link yang berhasil berujung pada pembelian.

Cara Kerja Program Affiliate Amazon

Cara Daftar Affiliate Amazon

Sebelum membahas cara daftar Affiliate Amazon, perlu diketahui terlebih dulu cara kerjanya.

Hampir sama dengan e-commerce lainnya, program affiliate Amazon dilakukan dengan menggunakan link khusus yang disediakan untuk mengarahkan pengunjung ke produk yang direkomendasikan.

Program ini hanya berlaku jika kalian sudah mendaftarkan diri sebagai bagian dari program tersebut.

Jika sudah menjadi Associates, kalian bisa share produk dari Amazon kepada pemirsa dan pengunjung blog. Setiap ada yang mengeklik link khusus yang telah diberikan, kalian bisa mendapatkan uang.

Baca Juga  5 Cara Dapat Uang dari Shopee Affiliate

Apalagi jika mereka mengeklik dan melakukan pembelian, sudah tentu Amazon akan memberikan bagian dari keuntungan pembeliannya kepada kalian. Jumlah keuntungannya juga berbeda-beda setiap produknya berdasarkan kategori.

Cara Daftar Affiliate Amazon

Cara Daftar Affiliate Amazon

Nah, jika kalian tertarik bergabung menjadi bagian dari affiliate Amazon, kalian harus mengetahui cara daftar affiliate Amazon. Berikut ini gambaran ringkas cara daftar affiliate Amazon:

  • Buka Website Amazon Associate untuk membuat Amazon Affiliate account.
  • Nantinya Amazon akan memberikan sebuah Associate ID yang unik untuk pemilik website.
  • Ketika pengajuan sudah diterima, kalian sudah bisa mulai membuat affiliate link di Amazon Portal.
  • Silakan tempatkan link tersebut di blog atau bagian lain di web.
  • Ketika pengunjung mengeklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka kalian bisa mendapatkan keuntungan.

Dilihat dari langkah-langkah di atas, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki blog. Jika belum, maka kalian harus membuatnya terlebih dahulu.

Jika sudah, sesuaikan tema dan konten blog dengan target pasar (niche market) masing-masing blog. Nantinya, produk yang kalian sematkan juga terkait dengan hal tersebut.

Ini perlu diperhatikan karena kalian harus mendeskripsikan website tersebut ketika mendaftarkan diri sebagai Amazon Affiliate.

Cara Daftar Affiliate Amazon

Oleh sebab itu, pastikan kalian sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai tema website, target audience dan cara menarik pengunjung ke web kalian.

Keuntungan yang bisa kalian dapatkan, tergantung seberapa banyak pengunjung website dan melakukan pembelian dari link yang direkomendasikan.

Buatlah blog semenarik mungkin agar pengunjung merasa nyaman dan percaya dengan blog kalian. Hal ini dilakukan agar mereka tertarik dengan rekomendasi yang diberikan dan membelinya.

  • Buka halaman Amazon Associate homepage
  • Klik Sign Up
  • Kemudian masukan informasi yang diminta, seperti nama, alamat dan nomor telepon.
  • Masukkan alamat website, blog atau Channel YouTube kalian.
  • Lalu tuliskan juga StoreID yang diinginkan. Jelaskan juga isi dan tujuan web kalian. Pilih niche marketnya juga.
  • Selanjutnya, silakan jelaskan cara kalian untuk mendatangkan traffic ke web atau cara web kalian mendapatkan keuntungan lain. Berikan informasi jumlah pengunjung yang datang ke web setiap bulan.
  • Pilih Metode Pembayaran.
  • Setelah akun tersebut direview dan disetujui oleh Amazon, kalian sudah bisa membuat affiliate link. Silakan pantau perkembangan kinerja affiliate link kalian di menu Dashboard web. Termasuk pendapatan dan jumlah klik.
Baca Juga  Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Bermain Game

Cara Membuat Affiliate Link di Amazon Associate

Bagi kalian yang masih bingung membuat affiliate link di Amazon Associate, berikut akan dijelaskan secara rinci:

  • Login ke akun Amazon Associate
  • Pastikan link teks yang dibuat sudah sesuai dengan produk yang dipromosikan dengan akun kalian.
  • Klik Product Link pada banner dan pilih Product Links
  • Nantinya kalian akan diarahkan ke halaman untuk membuat link affiliate.
  • Silakan tambahkan ASIN atau Amazon Standard Identification Number yang terdiri dari 10 digit angka yang merujuk pada suatu produk yang ditawarkan amazon. Hal ini bertujuan untuk proses identifikasi di produk katalog.
  • Jika semuanya sudah sesuai, silakan klik tombol Go.

Demikian cara daftar affiliate Amazon lengkap dengan panduannya. Kalian bisa mencobanya untuk menghasilkan penghasilan tambahan. Namun pastikan kalian sudah memiliki website, blog, atau channel YouTube terlebih dahulu, ya.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top