3 Cara Cek RAM HP Samsung

Achmad Fachrur Rozi

Cara Cek RAM HP Samsung
Rate this post

LABTekno.com – Cara cek RAM HP Samsung bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai metode yang berbeda. 

Hal ini penting untuk diketahui pengguna, sebab cepat tidaknya performa ponsel Samsung tergantung dari kapasitas RAM yang ada di dalamnya. 

Tentu saja, semakin tinggi kapasitasnya, semakin cepat kinerjanya. Karena Ram berperan sangat penting dalam manajemen memori saat multitasking atau bermain game.

Setiap ponsel Samsung memiliki kapasitas RAM yang berbeda. Namun performa sebuah smartphone tidak hanya bergantung pada performa memori saja, karena masih ada prosesor, GPU dan memori internal yang mempengaruhi performa smartphone. 

RAM sendiri berfungsi sementara untuk menghemat memori aplikasi. Jadi jika 10 aplikasi berjalan pada saat yang sama, kapasitas RAM akan dibagi antara 10 aplikasi yang berjalan. Ketika kapasitas memori RAM rendah, pasti mempengaruhi kinerja smartphone saat menjalankan aplikasi apa pun.

Agar aplikasi atau game berjalan dengan lancar, memilih HP Samsung dengan kapasitas RAM yang besar seperti keharusan. 

Contohnya adalah Samsung Galaxy S23 series yang menawarkan varian RAM terendahnya mulai 8 GB. Meski harga HP Samsung satu ini masih sangat mahal karena menawarkan spek mumpuni dan memang masih baru dirilis. 

Kapasitas RAM maksimal yang ditawarkan HP Samsung Galaxy S23 series adalah 12 GB. Mungkin jika penggunaan standarnya hanya untuk memantau medsos dan berbalas pesan, kapasitas RAM 12 GB terbilang mubazir. 

Baca Juga  Cara Mencari TikTok Shop, Ternyata Cuma Begini

Namun berbeda halnya jika digunakan untuk tugas berat seperti mengedit, rendering video, bermain game RAM 12 GB tentu bisa memberikan performa yang luar biasa. 

Oleh sebab itu, spesifikasi ponsel menjadi hal wajib yang harus diperhatikan saat ingin membeli smartphone. Entah itu kapasitas RAM, penyimpanan, dan kecepatan prosesornya. Nah, jika Anda belum mengetahui kapasitas RAM HP yang dimiliki, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara cek RAM HP Samsung.

Cara cek RAM HP Samsung

Untuk mengecek RAM HP Samsung, bisa dilakukan melalui berbagai cara. Anda bisa mengeceknya melalui fitur yang disediakan oleh Samsung atau dengan menginstal aplikasi khusus yang dapat menunjukkan sisa penggunaan RAM dan total kapasitas penyimpanan. Berikut ini beberapa langkah sebagai cara cek RAM HP Samsung:

Buka menu Pengaturan atau Settings

Untuk melihat dengan mudah kapasitas RAM dan sisa RAM ponsel Samsung, Anda dapat melihatnya melalui fungsi pemeliharaan perangkat di menu pengaturan HP Samsung. 

Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka menu Pengaturan. 

Kemudian pilih menu Device Management / Manajemen Perangkat

Nah setelah masuk ke menu setting atau pengaturan, langkah selanjutnya adalah mencari menu Device Maintenance atau dalam bahasa Indonesia disebut Device Care.

Selanjutnya, pilih menu Device Care

Device Care memiliki beberapa menu yaitu Battery, Storage, Memory dan Security. Nah untuk mengetahui RAM HP Samsung, Anda harus memilih menu memori. 

Perlu diketahui bahwa fitur Device Care bisa langsung menunjukkan total kapasitas RAM dan jumlah total RAM yang digunakan, sehingga memudahkan pengguna HP Samsung untuk mengecek RAM.

Periksa sisa RAM + total kapasitas RAM

Untuk melihat informasi lebih detail, silakan buka menu Memory atau RAM. Nah di menu ini bisa melihat berapa sisa RAM dan berapa banyak yang terpakai. 

Baca Juga  Cara Menyaring Konten Disarankan untuk Anda di Facebook

Jika menurut Anda RAM terlalu banyak digunakan dan RAM rendah, maka bersihkan dulu RAM HP Samsung kalian dengan cara mengetuk tombol “Bersihkan Sekarang” atau “Optimize Now”. 

Cara Cek Ram Samsung Dengan Memory Booster

Selain menggunakan fitur bawaan, cara cek RAM HP Samsung juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store. 

Sebagai contoh, yaitu menggunakan aplikasi Memory Booster. Kalian bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store. 

Fitur-fitur yang tersedia, di antaranya seperti Cleaner dan Speed Booster.

Ketika baru pertama kali menjalankan aplikasi Memory Booster, maka akan muncul informasi RAM secara lengkap, mulai dari sisa RAM, pemakaian RAM, hingga total kapasitas RAM. 

Selain itu, tersedia pula informasi mengenai memori internal dan statistik penggunaan RAM.

Cara Cek RAM HP Samsung Melalui CPU-Z

Alternatif cara cek RAM HP Samsung lainnya juga bisa dilakukan melalui aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melihat spesifikasi sebuah smartphone secara lengkap dan detail. 

Bagi kalian yang sering membaca artikel atau menonton video seputar review gadget, aplikasi CPU-Z mungkin sudah tidak asing lagi. 

Sebab aplikasi ini bisa digunakan sebagai salah satu cara cek RAM HP Samsung yang paling mudah. 

Untuk menggunakannya, silahkan download terlebih dahulu aplikasi tersebut secara gratis di Play Store.

Setelah didownload, selanjutnya masuk ke menu Device. Nah pada menu tersebut akan terlihat informasi spesifikasi hp Samsung, mulai dari Model, Manufacturer, Board, Screen Size, Total Ram, Sisa Ram, dan kapasitas memori internal.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara cek RAM HP Samsung yang paling mudah dan bisa langsung kalian gunakan untuk mengetahui informasi seputar RAM. Termasuk total kapasitas RAM, sisa RAM, hingga total pemakaian RAM. 

Baca Juga  Cara Membuka Blokiran Messenger dengan Mudah 

Tak usah khawatir akan lemot jika HP Samsung kalian memiliki RAM yang besar. Sebab semakin besar kapasitas RAM, maka semakin powerful juga performanya.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment