7 Cara Cek Hoax di WhatsApp dengan Mudah

Cara Cek Hoax di WhatsApp
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Cara cek hoax di WhatsApp perlu diketahui setiap kalangan, terlebih mendekati masa pemilu. Di masa menjelang pemilihan umum, hoaks atau informasi palsu menjadi ancaman besar bagi demokrasi. 

Hoax dapat menyebar dengan cepat melalui berbagai media sosial dan platform online, sehingga dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kandidat atau partai politik tertentu. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan verifikasi dan cek fakta sebelum menyebarkan informasi yang diduga hoax.

Salah satu alasan mengapa cek hoax penting di masa menjelang pemilu adalah untuk mencegah masyarakat menjadi korban dari propaganda politik yang salah atau tendensius. 

Dalam lingkungan politik yang semakin memanas, para kandidat atau pendukung mereka dapat menggunakan hoax untuk menyerang pesaing mereka dan mencoba mempengaruhi pemilih dengan cara yang tidak jujur atau tidak etis.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memastikan bahwa informasi yang mereka terima adalah akurat dan dapat dipercaya sebelum membuat keputusan pemilihan.

WhatsApp sebagai salah satu platform paling populer untuk berbagi pesan dan informasi di Indonesia, tetapi sayangnya, banyak hoax dan informasi palsu yang juga menyebar melalui aplikasi ini. 

Berangkat dari hal tersebut, sangat penting untuk melakukan verifikasi dan cek fakta sebelum menyebarkan informasi ke grup WhatsApp atau kontak pribadi. Berikut adalah beberapa cara cek hoax di WhatsApp:

Periksa sumber informasi

Sebelum membagikan informasi yang diterima dari grup atau kontak WhatsApp, pastikan untuk memeriksa sumbernya. 

Baca Juga  Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro: Spesifikasi dan Harganya

Carilah informasi tambahan tentang topik tersebut dari sumber lain, seperti situs berita terkemuka atau organisasi resmi. 

Jika informasi tidak ditemukan di tempat lain atau tidak ada sumber yang dapat dipercaya, ada kemungkinan besar bahwa informasi itu palsu.

Periksa kebenaran informasi

Jika informasi terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu hoax. 

Cobalah untuk memeriksa kebenaran informasi dengan mencari tahu fakta-fakta dan angka-angka terkait topik tersebut. 

Jangan langsung percaya informasi yang disebarkan tanpa melakukan pengecekan lebih lanjut.

Periksa tanda-tanda hoax

Beberapa ciri khas hoax di WhatsApp adalah ketidakteraturan penggunaan huruf kapital, tanda seru, dan kata-kata provokatif. 

Hoax juga sering menggunakan gambar atau video yang diedit secara berlebihan atau diambil dari konteks yang salah. 

Jika ada tanda-tanda ini, maka informasi itu mungkin hoax.

Gunakan aplikasi pencari fakta

Cara cek hoax di WhatsApp berikutnya yaitu melalui aplikasi pencari fakta. Ada beberapa aplikasi pencari fakta yang dapat membantu Anda memeriksa kebenaran informasi. 

Beberapa aplikasi pencari fakta terkemuka di antaranya adalah Fact Check Google, TurnBackHoax.id, dan CekFakta.com

Cukup masukkan kata kunci atau judul dari informasi yang akan diperiksa, dan aplikasi akan memberikan hasil pengecekan fakta dari sumber-sumber terpercaya.

Berdiskusi dengan orang lain

Jika Anda masih ragu tentang kebenaran informasi, diskusikan dengan orang lain di grup atau kontak WhatsApp. 

Mintalah pendapat mereka dan cari tahu apakah mereka memiliki informasi tambahan tentang topik tersebut. 

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa informasi yang Anda sebarkan adalah akurat dan dapat dipercaya.

Cara Cek Hoax di WhatsApp Melalui ChatBot Mafindo 

Cara Cek Hoax di WhatsApp - Mafindo

Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah) adalah sebuah organisasi anti-hoax yang beroperasi aktif di Indonesia dengan menyediakan layanan tipline selama 24 jam nonstop bagi masyarakat yang hendak memeriksa sebuah kebenaran berita.

Baca Juga  Redmi Note 12 Pro 5G dan Redmi Note 12 4G Rilis di Indonesia

Mafindo bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) dan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) lewat dukungan Google News Initiative beserta FirstDraf dalam menangani ribuan berita hoax di tanah air.

Masyarakat bisa mengirimkan tautan (link), kirim video berdurasi panjang di WhatsApp, salinan pesan, dan sejumlah informasi yang mengarah pada pemberitaan bohong serta manipulatif.

Akun ini sudah centang hijau, sebagai tanda official account. Oleh sebab itu, Anda tak perlu khawatir lagi soal kredibilitasnya.

Berikut ini cara cek hoax di WhatsApp dengan mudah dan cepat:

  • Buka akun WhatsApp
  • Klik Pesan Baru atau New Message
  • Klik Bisnis pada Daftar Kontak
  • Silakan kamu ketik Mafindo di kolom pencarian
  • Klik akun Mafindo paling atas
  • Kemudian kirim pesan sebagai salam pembuka
  • Nantinya WA Mafindo pun akan mengirimkan menu, silakan klik opsi Periksa/Lapor Konten untuk mengecek sebuah kebenaran berita
  • Selanjutnya kirimkan pertanyaan/link/gambar/atau video yang mau diperiksa oleh Tim Mafindo
  • Informasi tersebut akan dicek oleh tim Mafindo dan tinggal tunggu hingga pesan tersebut selesai dicek. Biasanya Tim Pemeriksa Fakta akan membalas pesan dalam 1 x 24 jam.

Namun jika butuh lebih banyak data untuk menjawabnya, maka Anda harus lebih bersabar lagi.

Cara Cek Hoax di WhatsApp Melalui ChatBot IFCN

Tidak hanya chatbot dari Indonesia, sejak tahun 2018 lalu, WhatsApp juga telah bermitra dengan organisasi pemeriksa fakta di seluruh dunia. Sudah lebih dari 50 organisasi pemeriksa fakta yang telah menggunakan produk WhatsApp tersebut.

Demi mencegah penyebaran informasi yang salah, jika pengguna menerima informasi yang terdengar mencurigakan atau tidak akurat, Anda bisa memeriksa ulang informasi tersebut. Caranya yaitu melalui Organisasi pemeriksa fakta IFCN atau melalui chatbot IFCN di +(727) 2912606.

Baca Juga  3 Cara Broadcast WhatsApp, Kirim Banyak Pesan Sekaligus

Dengan melakukan verifikasi dan cek fakta sebelum menyebarkan informasi di WhatsApp, kita dapat membantu memerangi hoax dan informasi palsu di platform tersebut. Dalam lingkungan digital yang semakin kompleks, penting bagi kita semua untuk menjadi lebih waspada dan berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

Baca Juga

Leave a Comment