Cara Buat Web Sendiri, Mudah Bagi Pemula

Cara Buat Web Sendiri
Rate this post

LABTekno.com – Cara buat web sendiri mungkin perlu diketahui bagi kalian yang ingin merambah dunia online. Bagi pemula, biasanya khawatir akan kesulitan dalam membuat website. Sebab di pikirannya, membuat website selalu menggunakan coding.

Coding memang menjadi mimpi buruk ketika para pemula yang sama sekali belum mengetahui seputar web development. 

Berikut ini beberapa cara buat web sendiri, antara lain:

Tentukan Tipe Website yang ingin dibuat

Cara Buat Web Sendiri dan Hal yang Perlu diperhatikan

Cara buat web sendiri yang pertama adalah menentukan segmentasi tipe website yang ingin dibuat. Mulai dari web toko online, Blog, Web Edukasi, Website Berita, Komunitas Online, hingga Portofolio.

Kalian bisa memilih salah satu tipe website tersebut sesuai dengan kebutuhan. Website seperti apa yang ingin kalian buat.

Tentukan Jenis Web Hosting

Setelah menentukan tipe website yang ingin dibuat, cara buat web sendiri selanjutnya adalah menentukan web hostingnya sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Perlu diketahui bahwa web hosting merupakan tempat penyimpanan online yang dapat menyimpan semua data dari situs yang kalian buat.

Pastikan web hosting tersebut memiliki layanan yang mumpuni dan terpercaya. Sebab akan sangat berpengaruh pada performa web tersebut.

Terdapat tiga jenis web hosting, antara lain share hosting, cloud hosting dan VPS hosting. 

Shared Hosting

Bagi para pemula yang ingin membuat website sederhana, kalian bisa memilih jenis server shared hosting. Server ini menaungi banyak user web skala kecil hingga medium.

Baca Juga  Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10

Cara kerja shared hosting mirip seperti transportasi umum. Harganya juga sangat terjangkau.

Namun terdapat batasan yang ketat agar semua user bisa menggunakannya bersama dan tidak menyalahgunakan resource.

Cloud Hosting

Bagi kalian yang ingin membuat website toko online, proyek skala besar, dan web berita online, layanan cloud hosting cocok dijadikan pilihan. Di dalamnya juga menawarkan kecanggihan virtual server. 

Cara kerjanya yaitu menyimpan salinan website pada beberapa server fisik yang saling terhubung. Jika salah satu server down, maka server lainnya dalam cluster tersebut akan menggantikannya agar website kalian tetap online.

Jika dibandingkan dengan shared hosting, resource pada cloud hosting lebih leluasa kalian gunakan karena tidak akan digunakan oleh user lain.

VPS Hosting

Bagi kalian yang ingin membuat website berskala besar dengan optimasi penuh, maka VPS hosting adalah pilihan yang tepat. VPS singkatan Virtual Private Server memiliki kebebasan dan kontrol menyeluruh untuk mengelola platform dan website.

Namun perlu diingat  bahwa penggunaan VPS Hosting menuntut kalian untuk menguasai skill manajemen server dan pengoperasian terminal.

Sederhananya, VPS hosting menawarkan kostumisasi penuh terhadap semua opsi yang tersedia, mulai dari sistem operasi hingga software stack. Kalian juga memiliki akses root di dalamnya.

Pilih Nama Domain

Cara buat web sendiri yang ketiga adalah memilih nama domain. Usahakan nama domain yang kalian pilih unik dan mudah diingat. Jangan sampai nama domain tersebut sulit dieja. 

Tentukan juga ekstensi domain sesuai bisnis atau kebutuhan, lalu cek ketersediaannya dengan tool cek domain. Kemudian beli dan daftarkan domain tersebut.

Pilih Platform dan Mulai Eksekusi

Cara Buat Web Sendiri

Terdapat tiga opsi yang bisa kalian untuk membuat website. Mulai dari CMS, Website Builder, maupun Coding.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Voucher Google Play Gratis

Bagi para pemula, kalian bisa menggunakan sistem manajemen konten atau CMS. Salah satu CMP yang memungkinkan untuk membuat website gratis yaitu WordPress.

Jika ingin yang lebih praktis, kalian bisa memilih website builder. Melalui tools ini, kalian bisa membuat website tanpa coding.

Namun bagi seseorang yang sudah memiliki basic, membuat website tentu akan lebih puas menggunakan coding. Web developer memiliki tantangan lebih yang menguras waktu dan tenaga. Kalian bebas menambahkan fitur apapun untuk mengembangkan website yang dibuat.

Setelah mengetahui gambaran ketiganya, akan dijelaskan lebih detail cara buat web sendiri dengan menggunakan CMS. Lebih tepatnya menggunakan WordPress.

Bukaan hanya bisa membuat website gratis, konfigurasi dan pengelolaan website melalui WordPress juga sangat mudah.

WordPress merupakan blogging platform yang memungkinkan penggunanya membuat suatu website tanpa coding.

Di dalamnya terdapat berbagai pilihan plugin dan tema yang dapat kalian install dan aktifkan. Hal ini dapat membuat website kalian lebih responsif dan menarik. 

Cara Install WordPress

Cara menginstall WordPress sebenarnya mudah, kalian hanya perlu memilih salah satu hostinger dan pilih Instalasi Otomatis.

Pilih opsi WordPress dan isi semua informasi yang diminta. Lalu klik Selanjutnya. Jika sudah, langsung saja klik Install dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Silakan buka tab baru dan ketikkan namadomain/wp-admin untuk masuk ke menu dashboard. Masukkan Username dan Password yang diminta.

Cara Buat Web Sendiri dengan WordPress

Bagi pengunjung, desain website sangat berpengaruh. Menarik tidaknya suatu website agar pengunjung betah berlama-lama di situs tersebut biasanya disebabkan karena faktor satu ini.

Kalian bisa memilih berbagai tema WordPress gratis hingga premium yang cocok pada tipe website tersebut.

Cara Install Tema WordPress

Pastikan dulu bahwa kalian sudah membuka panel admin WordPress. Berikut ini cara install tema WordPress:

  • Buka Dashboard > Appearance > Themes lalu pilih tema yang diinginkan. 
  • Klik tombol Add New Theme.
  • Kalian bisa melihat tema yang tersedia, lalu klik Details & Preview atau tombol Preview untuk melihat tampilannya.
  • Pilih salah satunya dan klik Install lalu klik Activate.
  • Apabila ingin mengedit desainnya, silakan klik tombol Customize.
  • Sesuaikan temanya berdasarkan selera. Bisa dengan mengubah layout, warna hingga font temanya.
Baca Juga  Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

Selanjutnya, kalian bisa mengeksplorasi fitur-fitur lainnya yang tersedia untuk mendesain website agar terlihat semakin menarik.

Demikian beberapa cara buat web sendiri mudah bagi pemula tanpa coding. Melalui WordPress, kalian bisa memilih layanan yang dibutuhkan dengan mudah. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top