Cara Buat Linktree untuk Promosi di Media Sosial

Achmad Fachrur Rozi

Cara Buat Linktree
Rate this post

LABTekno.com – Cara buat linktree perlu diketahui untuk kebutuhan bisnis di media sosial untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Kalian mungkin sering menjumpai linktree di bio akun Instagram, TikTok, Facebook, Thread, dan media sosial lainnya.

Nyatanya, linktree semacam ini memang memudahkan seseorang untuk membagikan link konten maupun link jualan online dengan lebih mudah. Sehingga bisa menarik pengunjung lebih banyak.

Perlu diketahui bahwa linktree merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk menghubungkan orang lain dengan semua tautan yang dimiliki. 

Fitur ini memudahkan penggunanya membagikan berbagai link dalam sebuah halaman website khusus atau landing page.

Hanya dari satu tautan, kalian bisa membuat daftar berbagai barang atau konten yang ingin dipromosikan ke lebih banyak orang.

Linktree juga bisa digunakan untuk mengeksplorasi profil dan semua hal yang sedang kalian lakukan. Seperti misalnya seorang editor video, ia bisa membagikan link konten-konten yang telah dibuat kepada followers-nya.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang sedang menggeluti industri dan bisnis digital seperti menjadi konten kreator atau berjualan online, cara buat linktree ini sangat diperlukan. 

Salah satu cara promosi bisnis online yang efektif dan mudah adalah melalui media sosial. Cantumkan link jualan online di link media sosial dengan memanfaatkan platform linktree. Oya, tenang saja, Linktree ini bisa diakses secara gratis. Namun jika ingin membuka lebih banyak fitur yang tersedia, pengguna bisa beralih ke versi premium.

Manfaat Penggunaan Linktree

Sebelum membahas cara buat linktree, ada beberapa manfaat linktree yang perlu diketahui. Tadi di atas memang sudah sedikit disinggung beberapa manfaatnya. 

Baca Juga  Cara Membuka WA yang Diblokir

Link tersebut bisa ditempatkan di bio akun media sosial seperti Instagram, TikTok dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa fungsi membuat linktree di media sosial seperti Instagram, antara lain:

  1. Memudahkan audiens untuk menemukan channel bisnis online 
  2. Memudahkan audiens untuk mengakses channel bisnis online
  3. Mampu meningkatkan trafik ke semua channel bisnis online
  4. Mengetahui potensi pelanggan dari jumlah audiens yang akses link tersebut
  5. Menganalisis efektivitas digital marketing yang dilakukan

Nah, setelah mengetahui manfaat dari pembuatan linktree ini, mari kita bahas cara buat linktree agar bisa ditempelkan di bio media sosial. 

Cara Buat Linktree untuk Media sosial

Cara Buat Linktree

Cara buat linktree sebenarnya sangat mudah. Nantinya bisa kalian tempelkan di media sosial seperti Instagram. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kunjungi laman Linktree di browser melalui perangkat smartphone atau laptop.
  2. Lalu setelah muncul halaman utamanya, masukkan alamat email yang dapat diakses untuk memverifikasi akun baru tersebut.
  3. Tentukan nama pengguna yang diinginkan.
  4. Buat kata sandi.
  5. Klik Register untuk mendaftarkan akun baru.
  6. Klik pada menu Get Started.
  7. Maka setelah itu akan muncul formulir pembuatan akun linktree.
  8. Isi formulirnya secara benar dan lengkap, seperti nama depan, nama belakang, pilih tiga kategori yang menggambarkan profil maupun bisnis kalian.
  9. Pilih paket berlangganan yang diinginkan.
  10. Jika sudah, silakan submit dan lakukan verifikasi pendaftaran.
  11. Setelah berhasil, nanti akan langsung diarahkan ke halaman utama situs web Linktree.
  12. Langkah selanjutnya yaitu membuat link baru dengan klik tombol Add New Link.
  13. Lalu masukkan link yang diinginkan.
  14. Jika ingin menambahkan nomor WA, silakan gunakan WA.me atau tuliskan format URL: https://wa.me/62(nomor WhatsApp) di kolom yang tersedia.
  15. Setelah berhasil membuat tautan Linktree, kalian bisa langsung membagikan link tersebut di bio akun media sosial dengan klik Share di halaman utama situs tersebut dan pilih opsi Copy untuk menyalin link tersebut.
  16. Kemudian, buka akun media sosial yang ingin ditempeli link.
Baca Juga  Cara Dapat Uang dari YouTube Short

Demikian beberapa cara buat linktree untuk kebutuhan promosi di media sosial. Dengan menempelkan linktree, kalian bisa lebih mudah menarik audiens ke landing page yang diinginkan. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment