Cara agar Video di YouTube Tidak Buram

5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Cara agar video di YouTube tidak buram saat ditonton pada perangkat Smart TV, smartphone, laptop, maupun komputer sebenarnya sangat mudah. Anda pasti sering kesal karena saat ingin menonton video di YouTube namun kualitasnya buruk, buram, dan sebagainya. Tenang saja, sebenarnya hal ini disebabkan karena fitur dari YouTube sendiri yang mampu menyesuaikan kualitas video yang diputarnya secara otomatis.

Terdapat beberapa pengaturan format kualitas video, mulai dari 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p hingga 4K. Selain beberapa format tersebut, biasanya pengaturan default dari YouTube adalah otomatis. Artinya kualitas video atau resolusinya tergantung kecepatan dan stabilitas koneksi internet yang Anda gunakan.

Semakin besar kualitas video yang dipilih, maka semakin menguras penggunaan datanya. Data yang digunakan akan semakin besar juga. Hal inilah yang menjadikan tampilan video di YouTube akan buram jika tidak dibarengi dengan kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang memadai.

Memilih Kualitas yang Tepat untuk Tiap Perangkat

Cara agar video di YouTube tidak buram bisa disiasati dengan pilihan kualitas video yang banyak tersebut. Anda dapat menyesuaikannya dengan perangkat yang Anda gunakan untuk menonton. Jika Anda menggunakan HP yang resolusi layarnya berukuran 5 inci, maka cukup memilih maksimal kualitas 360p saja. Terlebih jika koneksi internet ditempat Anda memang kurang bagus. Tentu dengan begitu tampilan video di YouTube Anda tidak buram lagi. Bahkan saat menontonnya tidak terjadi buffering atau loading sama sekali.

Kemudian saat Anda ingin menonton video YouTube pada perangkat laptop, maka cukup menggunakan format kualitas video 720p saja. Resolusi ini sudah cukup baik jika menonton pada layar laptop yang berukuran 14 inci. Namun jika Anda menggunakan perangkat smart TV berukuran 32 inci, maka akan lebih disarankan menggunakan format kualitas video minimal 1080p. Sebab pada ukuran layar sebesar ini kualitas video yang ditampilkan jelas butuh yang lebih baik.

Baca Juga  Cara Melihat Penghasilan Google AdSense

Jika memungkinkan, malah disarankan untuk menggunakan kualitas video 4K agar gambar yang dihasilkan semakin jernih dan detail. Sebab biasanya perangkat Smart TV sudah terhubung langsung dengan jaringan internet. Sehingga masalah koneksi jelas bukanlah masalah. Jangan mengatur kualitasnya pada mode otomatis.

Cara agar Video di YouTube Tidak Buram

Jika Anda masih kebingungan cara memilih kualitas video di YouTube, maka berikut ini langkah yang dapat Anda ikuti, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi YouTube.
  • Pilih video yang ingin ditonton.
  • Jika sudah mengekliknya, tekan tombol titik tiga yang berjajar vertical yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  • Pilih kualitas video yang tepat untuk perangkat Anda seperti yang telah dijelaskan di atas.

Menyesuaikan kualitas video ini penting demi menghemat kuota pada smartphone Anda. Sebab semakin besar kualitas videonya, maka semakin besar pula paket data yang digunakan. Jika Anda terlalu asyik menontonnya, bisa jadi dalam satu jam saja kuota Anda akan habis.

Cara agar video di YouTube tidak buram dapat Anda manfaatkan untuk mencari titik temu, antara pengalaman menonton video yang nyaman tanpa buffering, namun juga tetap hemat kuota. Meski sudah ada fitur pilihan kualitas video otomatis di YouTube, namun semakin buruk kualitas koneksi internetnya maka YouTube akan langsung memilih ke kualitas terendah yaitu 144p. Tentu saja, tampilan video akan terlihat pecah dan membuat pengalaman menontonnya semakin buruk.

Perlu diingat baik-baik bahwa, jika koneksi internet Anda lambat, maka loading video di Youtube juga akan lama. Masalah ini sangat bergantung pada koneksi internet. Sehingga hal yang harus dipastikan adalah kualitas koneksi internetnya juga harus baik terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Cek Nomor IM3 Lewat SMS dalam Sekejap!

Demikian cara agar video di YouTube tidak buram saat Anda menonton. Cukup dengan memastikan koneksi internet yang baik, lalu mengaturnya sesuai perangkat yang digunakan saja. Mudah-mudahan penjelasan di atas bermanfaat.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + fifteen =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top