10 Cara Agar Penelusuran Google Lebih Efisien

Achmad Fachrur Rozi

10 Cara agar Penelusuran Google Lebih Efisien
Rate this post

LABTekno.com – Cara agar penelusuran Google lebih efisien bisa dipelajari dengan mudah. Hal ini akan berguna ketika kalian akan berbelanja, meriset produk, atau mencari referensi saat berdebat dengan teman.

Hasil penelusuran Google kadang tidak akurat, dengan menyuguhkan miliaran hasil dari informasi yang dibutuhkan.

Sebenarnya, jika kalian ingin hasilnya lebih akurat atau efisien, ada trik tersendiri yang harus dilakukan.

Berikut ini cara agar penelusuran Google lebih efisien:

Cari situs web untuk keyword yang tepat

Cara agar penelusuran Google lebih efisien yang pertama adalah dengan mencari keyword yang diinginkan pada situs web yang tepat.

Hal ini penting, mengingat beberapa situs web tidak memiliki fungsi pencarian bawaan yang mumpuni. Sehingga kalian mungkin akan kesulitan menemukan sesuatu yang dicari di situs tersebut.

Nah, untuk mengatasinya, gunakan Google sebagai mesin pencari yang canggih. Namun ikuti juga langkah berikut:

Gunakan kueri penelusuran site:website.com keyword

Jadi saat kalian ingin mencari keyword “rumor smartphone” di LABTekno.com misalnya, maka ketik pada kolom pencarian, site: labtekno.com rumor smartphone

Dengan begitu, hasil pencarian akan menampilkan halaman yang memiliki keyword rumor smartphone di dalamnya serta variasi keyword yang serupa. 

Telusuri frasa yang tepat

Jika kalian belum mengetahui situs mana yang menyajikan konten yang diinginkan, maka gunakan cara ini.

Baca Juga  3 Cara Melacak IP Address Android

Alternatif cara agar penelusuran Google lebih efisien berikutnya adalah dengan mempersempit pencariannya dengan meminta Google untuk mengembalikan hasil yang berisi kata kunci yang sama persis. 

Meskipun belum tahu akan mencarinya di situs mana, namun kalian sudah mengetahui frasa yang diinginkan. Maka kalian hanya perlu meletakkan kata-kata tersebut atau padanan persisnya dalam tanda kutip.

Contohnya, kalian ingin mencari frasa “persaingan ponsel lipat”, maka hasil pencarian Google akan menampilkan kata-kata yang sama persis dalam urutan kata tersebut, seperti yang ditulis pada tanda kutip.

Temukan item di antara kisaran harga tertentu

Jika kalian sedang mencari referensi untuk berbelanja, cara agar penelusuran Google lebih efisien bisa dilakukan dengan mencari produk dalam anggaran tertentu. 

Kalian bisa mamasukkan kisaran harganya dengan menempatkan dua periode antara angka-angka tersebut. 

Nah, cara ini sangat efisien dan menghemat waktu dalam mencari item yang ingin dibeli. Kalian juga bisa mengecualikan item yang melebihi anggaran.

Contohnya, ketika ingin mencari flash drive dengan harga antara Rp80.000 hingga Rp150.000, maka ketikkan pada kolom pencarian flash drive Rp80000..Rp150000.

Kecualikan kata-kata tertentu dari pencarian

Berikutnya, cara agar penelusuran Google lebih efisien juga bisa dilakukan dengan mengecualikan kata-kata tertentu. 

Terutama jika istilah penelusuran yang ingin kalian cari didominasi oleh merek. Kalian bisa mengecualikan merek tersebut dari hasil penelusuran dengan menambahkan tanda hubung (-) di sampingnya.

Misalnya, jika ingin mencari laptop, namun ingin mengesampingkan merek Dell. Maka tulis di kolom pencarian: laptop -dell

Laptop Dell akan dikecualikan dari pencarian, kecuali iklan. Jadi jika Dell menjalankan kampanye iklan untuk “laptop”, iklan mereka akan tetap muncul di bagian atas hasil pencarian.

Baca Juga  Cara melacak IP address pengguna Instagram

Cari jenis file tertentu

Bagi para akademisi, mungkin kalian sudah lelah karena hasil pencariannya tidak sesuai ekspektasi.

Cara agar penelusuran Google lebih efisien, terutama ketika mencari jenis file tertentu, maka kalian bisa mempersempit pencariannya. 

Beri tahu Google untuk hanya mengembalikan hasil dari jenis file tertentu dengan menggunakan filetype: prompt.

Contohnya, jika ingin mencari kitab Fathul Izar dalam format PDF. Maka ketikkan pada kolom pencarian: kitab Fathul Izar filetype: pdf

Dengan begitu maka semua hasil penelusuran akan menampilkan file PDF saja. 

Lakukan beberapa kueri penelusuran secara bersamaan

Cara agar penelusuran Google lebih efisien juga bisa dilakukan dengan beberapa kueri penelusuran secara bersamaan.

Cara ini mungkin jarang kalian gunakan, padahal akan sangat efisien jika ingin mencari beberapa informasi sekaligus.

Untuk melakukannya, hanya perlu menambahkan OR (atau) di antara dua pencarian. 

Maka Google akan menampilkan hasil dari kedua kueri penelusuran tersebut. Bukan dalam hasil yang sama, tapi keduanya akan tercampur. 

Misalnya, jika ingin menelusuri “HDD 1 TB Terbaik” atau “SSD 1 TB Terbaik” secara bersamaan, masukkan pada kolom pencarian:

“HDD 1TB Terbaik” ATAU “SSD 1TB Terbaik”

Urutan kata kunci yang dimasukkan tidak berpengaruh pada hasil. 

Dapatkan hasil untuk beberapa keyword

Caranya mirip seperti di atas, hanya diganti dengan kata DAN (and). Hal ini bertujuan untuk menampilkan hasil yang berisi kedua kata kunci dalam penelusuran—bukan hanya salah satu.

Jadi, jika ingin menemukan halaman yang memiliki hasil untuk  “HDD 1TB Terbaik” dan “SSD 1TB Terbaik” pada halaman yang sama, maka silakan masukkan pada kolom pencarian: “HDD 1TB Terbaik” DAN “SSD 1TB Terbaik”

Dengan begitu maka hasilnya akan menampilkan halaman yang berisi salah satu kata kunci, halaman yang berisi kata yang lain akan dihilangkan dari hasil pencarian.

Baca Juga  Cara Melihat Analytic YouTube, Agar Channel Lebih Berkembang!

Temukan hasil yang dipublikasikan sebelum atau setelah tanggal tertentu

Ada juga cara agar penelusuran Google lebih efisien ketika mencari publikasi pada rentang waktu tertentu. Kalian bisa menggunakan sebelum:<tanggal> dan setelah:<tanggal> untuk memfilter hasilnya.

Jadi, jika menginginkan hasil untuk karya ilmiah dengan judul tertentu yang diposting setelah tahun 2021 misalnya. Maka ketikkan pada kolom pencarian Google: judul karya ilmiah tersebut setelah:2021

Maka hasilnya akan menampilkan artikel yang diposting setelah 2021 saja. Jika ingin mencari artikel yang publish sebelum tahun 2021, maka ganti dengan sebelum: 2021. Maka hanya artikel yang diposting sebelum tahun 2021 saja yang akan muncul di hasil.

Temukan konten yang tertaut ke situs lain

Trik ini mungkin jarang digunakan karena hanya dapat benar-benar digunakan dalam situasi tertentu, seperti jika ingin tahu siapa yang mengutip artikel di situs web lain. 

Misalnya, jika Anda ingin melihat situs web mana yang telah ditautkan kembali ke labtekno.com, masukkan:

link:labtekno.com

Maka Google akan menampilkan hasil penelusuran pada semua situs yang tertaut situs LABTekno.com, bahkan artikel tertentu yang serupa.

Demikian 

Baca Juga

Tags

Leave a Comment