Beda Hosting Dengan Email Hosting, Jangan Sampai Salah Kira

Beda Hosting Dengan Email Hosting, Jangan Sampai Salah Kira
5/5 - (2 votes)

LABTekno.comHosting merupakan sebuah tempat penyimpanan pada server yang digunakan untuk menampung file agar dapat diakses secara online. Umumnya, dalam satu server terdapat beberapa hosting yang disebut dengan shared hosting.

Selain, itu ada yang disebut dengan email hosting. Artikel kali ini akan membahas beda hosting dengan email hosting untuk menambah informasi bagi pembaca.

Sebenarnya, terdapat berbagai macam jenis hosting, beberapa diantaranya ialah Web Hosting dan Email Hosting. Maka, dari itu untuk mengetahui beda hosting dengan email hosting simaklah penjelasan berikut ini.

Beda Hosting dengan email hosting yang perlu diketahui

Hosting atau disebut juga Web Hosting atau sewa hosting adalah penyewaan suatu tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses melalui Internet.

Data yang dimaksud dapat berupa file, gambar, email, aplikasi, dan database. Beda hosting dengan email hosting tentunya anda perlu untuk mengetahuinya.

Pengertian Hosting dapat diartikan sebagai sebuah website yang diibaratkan sama dengan kios atau ruangan di Mall. Manajemen Mall akan menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya supaya orang-orang dapat membuka usaha mereka.

Setiap kios pengelolanya pasti berbeda, dekorasinya pun berlainan dan beroperasi dengan cara merekan masing-masing. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewakan tentu mempunyai batasan ruangan dan batas maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting akan menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan kebutuhan lainnya agar konsumen dapat membuka atau membuat website.

Baca Juga  Apa Itu Server dan Untuk Apa Saja Fungsinya?

Server (gedung Mall) akan dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing dari pelanggan tersebut mempunyai batas penggunaan diskspace

Dan tentu saja disetiap pelanggan akan mengoperasikan websitenya masing-masing. Jelas, beda hosting dan email hosting akan mulai terlihat setelah memahami pengertian keduanya.

Namun, dengan penjelasan diatas tentu beda hosting dengan email hosting sudah mulai dipahami pastinya.

Kelebihan Web hosting

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki layanan web hosting, yaitu sebagai berikut :

  1. Bisa dimanfaatkan untuk membangun website.
  2. Dapat mensupport addon domain, sub domain, serta park domain.

Kekurangan Web hosting

Layanan web hosting juga memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan layanan web hosting, yaitu :

  1. Mudah terkena virus dari website.
  2. Pengiriman email dibatasi dengan 100 pengiriman tiap jam untuk semua akun.

Email Hosting

Email Hosting merupakan layanan penyewaan tempat yang ada di server dengan fasilitas yang di sediakan oleh penyedia atau provider yang dibuat khusus untuk email saja. Berbeda dengan layanan web hosting yang berguna untuk membuat website, layanan email hosting tidak memiliki fitur yang seperti itu.

Namun begitu, layanan email hosting juga memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Maka, dari itu beda hosting dan email hosting tentu jelas sekali bagi para pembaca tentunya.

Kelebihan email hosting

Email hosting sangat cocok bagi perusahaan yang ingin memiliki email pribadi dengan domainnya sendiri. Dengan memiliki email sendiri maka, secara otomatis akan menaikan citra perusahaan sebab tidak menggunakan domain orang lain atau gratisan seperti yahoo, gmail atau layanan email lainnya.

Dengan layanan ini tentu perusahaan bisa memiliki alamat email sendiri yang sesuai. Hal ini sangatlah penting dalam pembuktian keseriusan perusahaan untuk dapat meningkatkan citra baik pada client.

Baca Juga  Pengertian Virtual Private Server, Cara Kerja dan Fungsinya

Email hosting yang disediakan oleh perusahaan dapat mensupport beberapa fitur email umum seperti Webmail, POP3, IMAP, SMTP, sehingga dengan begitu dapat disetting pada komputer atau device lainnya.

Kekurangan email hosting

Selain memiliki kelebihan, email hosting pun juga tak luput dari beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak dapat digunakan untuk membuat dan menyimpan data website.
  • Akun email hanya diperuntukkan bagi domain utama.
  • Tidak mensupport addon domain, sub domain, serta parked domain.

Email Berbayar dan Email Gratis

Mungkin dikarenakan alasan hosting email berbayar inilah yang membuat banyak pengguna lebih memilih untuk menggunakan email gratis saja.

Padahal dengan memakai email berbayar banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Beberapa ini meruapkan ulasan kelebihan dan kekurangan hosting email berbayar dengan yang gratis.

Email Gratis

Kelebihannya adalah :

  • Gratis, tanpa mengeluarkan uang pengguna bisa menggunakan fitur yang ditawarkan oleh email. Misalnya seperti Google yang akan terhubung secara otomatis dengan banyak akun Google lainnya seperti Google Docs, Drive, Photos, dan masih banyak lagi.
  • Menyediakan layanan penyimpanan file digital yang cukup untuk kebutuhan bisnis kecil atau individu. Penyimpanan ini telah cukup untuk memenuhi kebutuhan digital dari personal.

Kekurangannya adalah :

  • Iklan, karena gratis maka penyedia email ini biasanya akan menampilkan iklan ke seluruh pengguna mereka. Iklan ini dapat berupa pesan atau banner.
  • Keamanan data yang kurang transparan. Pengguna tidak akan tahu apakah data yang tersimpan dalam email aman atau tidak dan hal lainnya yang menjadi kekhawatiran pengguna.

Hosting Email Berbayar

Kelebihan :

  • Nama Domain lebih personal dan bisa saja jika ingina menggunakan merek yang tentu saja akan terlihat lebih profesional. Sehingga email tidak berhubungan dengan brand penyedia layanan email.
  • Kapasitas dari penyimpanan dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sehingga bisa memilih berapa besar kapasitas yang dibutuhkan untuk dapat menampung semua data digital email pengguna.
Baca Juga  Apa Itu Server dan Untuk Apa Saja Fungsinya?

Kekurangan :

  • Dapat mengelola layanan sendiri, paling tidak harus memahami dasar-dasar hal teknis mengenai email server.
  • Sebab, hosting email menawarkan fitur premium yang tidak bisa didapatkan pada email gratisan. Maka dari itu memerlukan biaya rutin yang harus dikeluarkan guna membayar server. Namun, jangan khawatir pengguna dapat beli email hosting yang murah. Tentunya, beberapa platform telah menyediakan hosting murah.

Itulah informasi yang dapat kami sajikan tentang beda hosting dengan email hosting. Semoga postingan berikut ini dapat menjadi referensi terdepan bagi pengguna.


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + twelve =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top