ASUS ROG Phone 6D Akan Ditenagai Dimensity 9000 Plus

ASUS ROG Phone 6D Akan Ditenagai SoC Dimensity 9000 Plus

5/5 - (2 votes)

LABtekno.com – ASUS ROG Phone 6D sedang dalam proses pengerjaan. Para penggemar smartphone gaming harus bersabar sebentar lagi. 

Jika sebelumnya smartphone gaming terbaru dari ROG menawarkan flagships gaming android 2022 dengan prosesor top-end terbaru dari Qualcomm. Namun pada varian ROG Phone 6 edisi “D” nantinya diperkirakan juga akan menggunakan spesifikasi tercanggih yang sama, termasuk layar dengan refresh rate 165Hz dan baterai 6.000mAh.

Beralih dari Kebiasaan: Snapdragon ke MediaTek

Pada bulan Juli 2022 lalu, ROG Phone terbaru seri 6 menggunakan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Nantinya dalam waktu dekat akan segera hadir varian smartphone gaming dari ROG ditenagai SoC yang berbeda.

Sebagai smartphone gaming pertama dari ROG Phone yang akan ditenagai chipset MediaTek, ROG Phone 6D kemungkinan akan menggunakan chip Dimensity 9000 Plus. 

Beralih dari kebiasaannya, ASUS yang selama ini menggunakan Qualcomm chipset Snapdragon pada jajaran ROG Phonenya. 

Berikut perbandingan Snapdragon 8 Plus Gen1 vs MediaTek Dimensity 9000 Plus:

Perbandingan Snapdragon 8 Plus Gen 1 vs MediaTek Dimensity 9000 Plus

Rumor ini telah tersebar luas, menurut Leaker Digital Chat Station, “ROG Phone 6D” ini akan diluncurkan dengan semua keunggulan 6 atau 6 Pro asli, layar 165Hz yang diturunkan dari Samsung, baterai 6.000mAh, dan termasuk kecepatan pengisian 65W – namun, pada bagian prosesornya akan menjatuhkan pilihannya pada platform Qualcomm asli yang mendukung MediaTek Dimensity 9000+.

Dua Perangkat 5G Baru Telah Didaftarkan

Kabar tersebut hadir bersamaan dengan pendaftaran 2 perangkat seluler 5G baru yang disebut ASUS_AI2203_A dan ASUS_AI2203_B dengan regulator Cina 3C, yang keduanya memang tampaknya telah disertifikasi untuk pengisian daya 65W dan masing-masing telah diberi power brick untuk tingkat yang sama.

Oleh karena itu, smartphone baru yang masih misterius ini memang bisa menjadi 2 RAM/SKU penyimpanan dari ROG Phone 6D. Digital Chat Station telah berani mengabarkan bocoran tersebut sebagai “smartphone gaming Dimensity asli”, dan bahkan tampaknya menyebutnya sebagai “rival kuat versi 8+ Gen 1“. 

Pada seri 6D dari ASUS ROG ini mungkin bisa dikatakan sebagai smartphone gaming yang sangat layak untuk ditimbangkan oleh beberapa penggemar game Android pada tahun 2022. 

Akankah ROG Phone 6D Dipasarkan di Luar China?

Misalkan jika kemudian varian unggulan tersebut benar-benar diluncurkan di luar China juga, maka smartphone ROG ini jelas akan mendapat banyak perhatian. 

Namun sayangnya peluang ROG Phone 6D untuk diluncurkan di luar China masih sangat minim terealisasi. 

Skor Antutu ROG Phone 6D Bocor

Asus mendaftarkan kemungkinan varian ROG Phone 6 baru.  (Sumber: 3C melalui ITHome)
Asus mendaftarkan kemungkinan varian ROG Phone 6 baru. (Sumber: 3C melalui ITHome)

Pada sebuah bocoran terbaru di Weibo, yang menampilkan skor ASUS ROG Phone 6D diuji menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu. Digital Chat Station sebagai Leaker populer menyebutkan bahwa ASUS ROG Phone 6D meraih total skor AnTuTu 1.146.594 poin. 

Skor ini berasal dari skor CPU 291.317 poin, GPU 430.867 poin, MEM 218.270 poin dan UX 206.140 poin. 

Melihat skor CPU dari ASUS ROG Phone 6D terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan smartphone Android lain yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Plus Gen 1. 

Skor tertinggi Snapdragon 8 Plus Gen 1 pada smartphone Android biasanya mencapai 250.000 poin. Namun skor GPU chip Dimensity 9000 Plus tercatat lebih rendah, karena Snapdragon 8 Plus Gen 1 meraih skor 470.000 poin. 

Perlu diketahui bahwa chipset MediaTek 9000 Plus merupakan chip terbaru dari MediaTek yang dibangun dengan fabrikasi 4 nm. Chip ini sengaja dirancang MediaTek untuk menyaingi Snapdragon 8 Plus Gen 1. 

Telah Lolos Sertifikasi 3C

Lolos sertifikasi 3C Asus ROG Phone 6D sudah mendapat sertifikasi dari China Compulsory Certificate (3C) dengan nomor model ASUS_AI2203. 

Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa ponsel gaming itu didukung dengan fast charging 65 watt. 

Tidak ada informasi tercantum lainnya dalam sertifikasi 3C yang menjelaskan spesifikasi ROG Phone 6D. 

Kendati demikian, rumor soal spesifikasi ponsel ini sudah beredar di internet. Rumor menyebutkan bahwa ASUS ROG Phone 6D akan hadir dengan spesifikasi yang identik dengan ASUS ROG Phone 6 series, terlepas dari chipset-nya yang berbeda. 

Misalnya pada aspek layar yang kemungkinan didukung refresh rate 165 Hz, kamera 50 MP hingga baterai berkapasitas 6.000 mAh. 

Pihak ASUS sendiri belum memberikan bocoran terkait spesifikasi ROG Phone 6D, meskipun sudah muncul di situs web ASUS pada halaman “China RoHS Compliance Mark”. 

Demikian beberapa informasi seputar rumor ASUS ROG Phone 6D yang kabarnya akan diluncurkan dengan ditenagai prosesor Mediatek Dimensity 9000+. Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik dengan ponsel ini nantinya?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

19 − six =

Scroll to Top