ASUS ROG Ally, Konsol Game Genggam Saingan Steam Deck

Achmad Fachrur Rozi

ASUS ROG Ally, Konsol Game Genggam Saingan Steam Deck
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – ASUS ROG Ally baru saja diumumkan secara resmi ke publik. Konsol game genggam baru di bawah merek Republic of Gamers – ROG Ally ini berjalan di Windows 11.

Konsol game genggam, juga dikenal sebagai konsol game portabel atau handheld, adalah jenis konsol game yang dirancang untuk dimainkan secara mobile dan portabel. 

Konsol game genggam umumnya memiliki layar kecil yang terintegrasi ke dalam konsol dan kontroler yang terpasang pada konsol.

Sumber daya yang digunakan pada konsol game genggam biasanya menggunakan baterai, sehingga dapat dimainkan di mana saja tanpa harus terhubung ke sumber daya listrik atau televisi.

Meskipun layar kecil dan kontroler yang terbatas, konsol game genggam masih menawarkan pengalaman bermain game yang menyenangkan dan portabel. 

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak konsol game genggam yang telah dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti layar sentuh, grafis yang memukau, dan konektivitas internet, yang memungkinkan pengalaman bermain game yang lebih kaya dan interaktif.

ASUS ROG Ally Berjalan di Windows 11

Seperti yang telah disebutkan di atas, ASUS ROG Ally merupakan perangkat genggam yang berjalan pada sistem operasi Windows 11. 

Mengingat bahwa perangkat berjalan pada Windows 11, kemungkinan semua layanan game berbasis cloud akan berfungsi, termasuk Steam dan Xbox Cloud Gaming.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang memposisikannya sebagai saingan Steam Deck maupun Nintendo Switch.

Berikut ini tampilan ASUS ROG Ally yang telah beredar luas ke publik:

Spesifikasi ASUS ROG Ally

Perusahaan asal Taiwan, yaitu ASUS memang tidak mengungkapkan banyak hal seputar detail perangkat tersebut. 

Baca Juga  4 Cara Membuat Denah Lokasi Undangan dengan HP

Mereka hanya merilis beberapa gambar, video teaser, dan beberapa spesifikasinya saja. 

Pada sektor chip, konsol game genggam dari ASUS ini ditenagai oleh chip AMD APU khusus, yang dapat digabungkan dengan eGPU ROG X6 Mobile. 

ASUS ROG Ally dan Steam Deck

Berkat CPU & GPU yang dimilikinya tersebut, ASUS mengklaim bahwa konsol game portabelnya ini memiliki performa dua kali lipat lebih baik dari Steam Deck.

Soal ukuran, ROG Ally lebih memang terlihat lebih mungil dari Steam Deck. Bobotnya hanya 608 gram dan dimensi 280 mm x 113 mm x 39 mm. 

Steam Deck

Oya, sebagai perbandingan, Steam Deck berbobot 669 gram dengan dimensi 298 mm x 117 mm x 50,5 mm. 

Layarnya berukuran 7 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, rasio aspek 16:9, dan refresh rate 120Hz. Untuk tingkat kecerahan (brightness) maksimalnya yaitu 500 nits.

ASUS ROG Ally

ASUS ROG Ally pernah diuji coba oleh YouTuber teknologi, yaitu Dave2D. Ia menemukan bahwa ROG Ally bisa mendapatkan FPS yang lebih tinggi ketika bermain game, tanpa harus menurunkan kualitas grafik. 

Dari eksperimen yang dilakukan oleh Dave2D juga menunjukkan bahwa suara kipas ROG Ally lebih kecil di sekitar 20 db ketimbang Steam Deck yang mencapai 37 db. 

Konsol ini didukung pula oleh aplikasi ASUS yang mencakup launcher untuk game, pengaturan cahaya RGB konsol, pengatur FPS, dan masih banyak lagi. 

Steam Deck sendiri mengandalkan sistem operasi SteamOS berbasis Linux. 

Meskipun ASUS telah mengumumkannya di website resminya, detail mengenai peluncuran konsolnya secara global masih belum diketahui tanggal resmi yang pasti. 

Terakhir, ASUS juga mengklaim bahwa perangkat genggam ROG Ally tersebut akan dipasarkan dengan harga yang kompetitif.

Demikian beberapa informasi mengenai ASUS ROG Ally, tampilan dan spesifikasi yang perlu diketahui hingga saat ini. Bagaimana menurut Anda?

Baca Juga  Xiaomi Mix Fold 2 Saingan Galaxy Z Fold 4

Baca Juga

Leave a Comment