Aplikasi Ganda Samsung, Begini Cara Pakainya

Achmad Fachrur Rozi

aplikasi ganda Samsung
Rate this post

LABTekno.com – Aplikasi ganda Samsung atau Samsung Dual Messenger merupakan fitur yang disediakan oleh Samsung di beberapa perangkat ponsel pintar mereka. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan dua akun untuk aplikasi yang sama pada satu perangkat yang sama.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menggunakan dua akun WhatsApp, Facebook, dan aplikasi media sosial lainnya secara terpisah pada satu perangkat. 

Misalnya, jika Anda memiliki dua nomor telepon atau dua akun WhatsApp, Anda dapat menginstal dua aplikasi WhatsApp yang berbeda dan menggunakan keduanya secara terpisah pada satu ponsel Samsung.

Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin memisahkan aktivitas pribadi dan pekerjaan atau memiliki akun ganda untuk keperluan bisnis atau organisasi tertentu. 

Perlu diketahui bahwa Samsung Dual Messenger atau aplikasi ganda Samsung telah tersedia di beberapa ponsel Samsung seperti Galaxy A series, Galaxy S series, dan Galaxy Note series.

Artinya, kalian bisa menggunakan 1 HP dengan memiliki 2 akun atau lebih sekaligus. Tak perlu menggunakan dua HP untuk dua akun. Sekarang, cukup manfaatkan fitur aplikasi ganda Samsung.

Sebenarnya bukan hanya Samsung saja, HP Android yang menyediakan fitur aplikasi ganda.

Entah itu untuk akun pribadi atau akun bisnis.

Cara Membuat Aplikasi Ganda Samsung

aplikasi ganda samsung
  • Pertama, yang perlu dilakukan adalah memilih aplikasi yang ingin digandakan di HP Samsung. Caranya yaitu tekan dan tahan pada ikon aplikasi messenger, misalnya WhatsApp
  • Kemudian pilih “Install second app”
  • Setelah itu aplikasi messenger akan dibuat menjadi dua aplikasi. Dimana aplikasi tersebut bisa digunakan secara bersamaan
Baca Juga  5 Cara Monetize TikTok untuk Pemula

Ada juga cara buat aplikasi ganda Samsung. Lebih lengkapnya, berikut ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai cara mengaktifkan aplikasi ganda Samsung:

Samsung Dual Messenger - Aplikasi Ganda Samsung
  • Pastikan perangkat Samsung Anda mendukung fitur aplikasi ganda. Fitur ini biasanya tersedia di beberapa perangkat Samsung seperti Galaxy A series, Galaxy S series, dan Galaxy Note series.
  • Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Aplikasi”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan aplikasi.
  • Di dalam pengaturan aplikasi, cari opsi “Aplikasi Ganda” atau “Dual Messenger”. Ketuk opsi ini untuk membuka menu aplikasi ganda.
  • Di menu aplikasi ganda, pilih aplikasi yang ingin Anda buat ganda. Biasanya, opsi aplikasi ganda hanya tersedia untuk aplikasi tertentu seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan beberapa aplikasi media sosial lainnya.
  • Setelah memilih aplikasi yang ingin Anda buat ganda, ketuk tombol “Aktifkan” atau “Tambahkan” untuk membuat aplikasi ganda. Proses ini akan membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikan.
  • Setelah selesai, aplikasi ganda akan muncul di layar beranda perangkat Anda. Aplikasi ganda ini biasanya memiliki ikon yang mirip dengan aplikasi asli, tetapi dengan tanda tambahan seperti ikon ganda atau ikon berganda.
  • Buka aplikasi ganda dan masuk menggunakan akun yang berbeda dari yang Anda gunakan di aplikasi asli. Anda dapat menggunakan aplikasi ganda ini secara terpisah dari aplikasi asli dan menjalankan kedua akun sekaligus di perangkat Samsung yang sama.

Pengaturan Dual Messenger pada Hp Samsung A6, A6+ dan A7 2018

Jika HP Samsung yang Anda gunakan saat ini masih keluaran jadul, maka berikut ini caranya:

  • Masuk ke menu Pengaturan/ Settings
  • Ketuk Advanced Features
  • Ketuk Dual Messenger
  • Pilih salah satu aplikasi > ketuk untuk Install
  • Dengan mengetuk opsi Install, maka secara otomatis akan membuat dual messenger
  • Aplikasi ganda Samsung sudah berhasil dipasang, Anda bisa mengeceknya melalui DUAL MESSENGER APP
Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Jadi Animasi 3D

Demikian cara membuat aplikasi ganda Samsung dengan mudah. Perlu diketahui bahwa fitur ini tidak tersedia untuk semua aplikasi dan perangkat Samsung. Oleh sebab itu, pastikan untuk memeriksa daftar perangkat yang mendukung fitur ini sebelum mencobanya.

Baca Juga

Leave a Comment