Aplikasi Edit Video Pendek Terbaik untuk Konten

Achmad Fachrur Rozi

Aplikasi Edit Video Pendek Terbaik untuk Konten
Rate this post

LABTekno.com – Aplikasi edit video pendek saat ini semakin digemari. Sebab setiap orang berlomba-lomba membuat kontennya sendiri semenarik mungkin.

Nah, meski beberapa platform media sosial populer sudah memiliki editor video bawaan yang bisa memangkas klip, menambah filter dan menerapkan overlay teks. Namun biasanya hanya digunakan sebagai alternatif sekunder. Editor video bawaan tersebut hanya digunakan untuk menambahkan stiker dan trek audio yang disetujui platform.

Tips Memilih Aplikasi Edit Video Pendek yang Sesuai

Saking banyaknya aplikasi edit video pendek yang tersedia saat ini, kalian mungkin akan kebingungan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi pihak ketiga yang sesuai, antara lain:

  • Fitur: Kemampuan apa yang dibutuhkan dari aplikasi? memiliki beragam efek, alat praktis text to speech, alat AI, dan sebagainya.
  • Fleksibilitas: Jika aplikasi ini akan digunakan bersama anggota tim, maka gunakan aplikasi yang mendukung banyak pengguna dan memudahkan berbagi di luar aplikasi.
  • Kompatibel: Perangkat yang akan digunakan, berupa desktop atau mobile.
  • Biaya: Pertimbangkan juga soal biaya berlangganan paket berbayar. Pilih yang sesuai budget.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Pendek untuk Konten

Jika sudah mempertimbangkan beberapa aspek di atas, baru kita bahas beberapa aplikasi edit video pendek terbaik yang cocok untuk membuat konten media sosial, antara lain:

#1 Adobe Express

Rekomendasi aplikasi edit video pendek terbaik pertama adalah Adobe Express. Di dalamnya tersedia berbagai template, rekaman stok, hingga musik bebas royalti.

Editor video gratis ini adalah bagian dari ekosistem Adobe, sehingga mungkin memiliki pustaka aset terbesar—banyak di antaranya disertakan dengan paket gratis.

Aplikasi Edit Video Pendek - Adobe Express

Rangkaian alat aplikasi jauh melampaui pengeditan video dasar. Misalnya, bisa digunakan untuk menambahkan topeng dan animasi, menerapkan palet warna, dan menggunakan tata letak dinamis untuk menyempurnakan desain teks. 

Baca Juga  Aplikasi untuk Membuat Flyer

Adobe Express juga berguna untuk pengeditan cepat pada konten yang ada. Seperti menggunakan alat AI untuk memangkas klip, mengubah ukurannya untuk berbagai saluran media sosial, dan menggabungkannya sebelum mengunggahnya ke Instagram atau YouTube. 

Selain itu, Adobe Express juga memungkinkan berbagi file melalui tautan pribadi, aplikasi menyederhanakan alur kerja persetujuan.

Nah, soal biayanya, Adobe Express memiliki versi gratis sudah termasuk alat AI dan perpustakaan kreatif terbatas. Jika ingin beralih ke paket premium mulai dari $9,99 (Rp142.000) per bulan dan mencakup perpustakaan lengkap font Adobe, gambar stok, dan aset kreatif lainnya.

#2 Canva

Jika mencari aplikasi edit video pendek mulai dari Reels dan Shorts hingga video Facebook dan YouTube yang terbaik, Canva memiliki ratusan template untuk setiap saluran sosial utama dan rasio aspek.

Kalian juga bisa membuat video sendiri menggunakan dimensi prasetel atau kustom.

Canva

Dengan alat pengeditan video Canva, Anda dapat memangkas klip, menyesuaikan kecepatan pemutaran, serta menambahkan filter dan transisi. 

Anda juga dapat melakukan penyesuaian manual pada setiap klip atau di seluruh video.

Untuk memperkuat pesan dan menambah visual yang menarik, kalian bisa menambahkan teks dan stiker Canva.

Selain itu, Anda juga dapat merekam sulih suara Anda sendiri atau menambahkan musik komersial secara langsung langsung di aplikasi.

Nah, mirip seperti aplikasi sebelumnya, Canva juga mendukung kolaborasi atau umpan balik antar anggota tim lain dengan mudah. 

Tidak ketinggalan juga, video yang dihasilkan berkualitas tinggi tanpa tanda air dengan versi gratisnya.

Sementara untuk masalah biaya, Canva menyediakan versi gratis yang mencakup akses ke sebagian besar tools. Jika masih belum puas dengan tools yang tersedia, paket berbayar mulai dari $12,99 (Rp197.000) perbulan untuk aset premium dan tools praktis lainnya.

Baca Juga  Adobe Firefly AI, Pengeditan Video dan Audio Lebih Mudah

#3 CapCut

Aplikasi edit video pendek CapCut juga sedang tren dan bisa diandalkan untuk membuat konten yang cenderung disukai oleh algoritma TikTok, Instagram, atau YouTube. 

Perpustakaan template-nya sangat beragam dan memang dioptimalkan untuk TikTok, Reels, dan kategori yang sedang tren. 

Setiap template menampilkan metrik penggunaan sehingga pengguna bisa mencari pilihan populer dengan cepat.

CapCut

Terserah kalian, ingin memulai dengan template atau membangun dari awal, CapCut memiliki beberapa fitur pengeditan video dan audio terbaik. Misalnya, mengedit kecepatan pemutaran untuk setiap klip, menerapkan transisi dan efek antar klip, serta menambahkan efek video dan tubuh.

Selain itu, keunikan CapCut lainnya terletak pada dukungan AI, yang mampu membuat seluruh skrip dalam hitungan detik. 

Cukup dengan mengetuk untuk mengubah skrip menjadi teks, dan aplikasi secara otomatis menerapkannya ke bingkai video. 

Tugas kalian selanjutnya hanyalah menggunakan alat edit batch untuk menyesuaikan pemformatan secara massal.

Menariknya lagi, jika video tersebut bertujuan sebagai konten TikTok, maka kalian bisa menautkan akun TikTok ke CapCut. 

Dengan begitu, pengguna bisa menambahkan suara asli secara langsung. 

Masih banyak fitur lainnya seperti penghapus latar belakang, alat pengeditan audio aplikasi untuk merekam suara, menyesuaikan efek, dan memeriksa hak cipta.

Tenang saja, CapCut bisa diakses secara gratis.

Demikian beberapa aplikasi edit video pendek terbaik untuk konten yang bisa mempermudah pekerjaan Anda. Pilih berdasarkan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Leave a Comment