Apa Itu Server dan Untuk Apa Saja Fungsinya

Apa Itu Server dan Untuk Apa Saja Fungsinya?

5/5 - (2 votes)

LABTekno.com – Semua data yang terdapat pada perangkat seluler, komputer, laptop dan melalui jaringan internet akan disimpan dalam sistem yang disebut server.

Salah satu yang server yang lagi banyak dibahas di kalangan blogger saat ini diantaranya adalah cloud server hosting yang merupakan salah satu pilihan server terbaik untuk penyimpanan blog personal ataupun website corporate.

Bahkan semua kegiatan pada saat menggunakan sarana internet tanpa disadari menggunakan sistim ini. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya apa itu server dan untuk apa saja kegunaannya akan dibahas dalam artikel ini.

Apa Itu Server?

Server adalah sistem komputer performa tinggi yang membantu mengirim atau menerima banyak sumber daya, data, atau bahkan layanan dari atau ke mesin panjang lainnya melalui berbagai jenis jaringan seperti Wide Area Network  (WAN) atau Local Area Network (LAN).

Di pusat data, server adalah komputer fisik dalam bentuk mesin atau mesin khusus yang digunakan untuk tujuan lain untuk menjalankan program layanan untuk klien. Biasanya mesin ini besar dengan spesifikasi prosesor cepat dan RAM berkapasitas besar.

Dalam bahasa pemrograman, server adalah sistem atau layanan yang menunggu dan memenuhi permintaan program klien yang mungkin berjalan di komputer yang sama atau komputer lain. Sistem ini dapat berjalan dalam beberapa jenis sistem komputer.

Tetapi, sistem komputer yang digunakan harus didukung sesuai dengan permintaan untuk kebutuhan sistem itu sendiri. Sebagai contoh,  server website akan  membantu menjalankan sejumlah besar halaman website secara real time.

Server Software adalah sistem yang dirancang untuk target layanan tertentu, di mana perangkat keras bukan menjadi perhatian utama. Kemudian, sistem operasi server adalah sistem yang menyediakan lingkungan komunikasi yang lebih baik antara klien dan aplikasi.

Berdasarkan pengertian dari apa itu server, dapat diketahui bahwa fungsi dari server adalah :

Melayani permintaan komputer klien

Fungsi utama server adalah bahwa ia akan melayani semua permintaan dari klien untuk diproses. Apakah itu permintaan data atau aplikasi untuk dijalankan oleh klien. Sistem operasi yang cepat dan aman digunakan server sebagai pendukung fungsi ini. Jadi, klien dapat bekerja lebih efektif dan tentu saja aman.

Menyimpan data atau informasi

Fungsi lain dari server adalah sebagai tempat untuk menyimpan data yang dikirim dari klien. Data yang disimpan dapat dalam bentuk jenis dokumen dan informasi yang kompleks. Untuk dapat mengakomodasi banyak data, server tentunya harus memiliki kapasitas besar. Sehingga penyimpanan data dan pengaksesan data dapat dilakukan bersama-sama antar klien.

Menyediakan database untuk dijalankan

Server juga memiliki fungsi untuk menyediakan database sebagai prosesor penyimpanan dan data. Biasanya perusahaan besar menggunakan fungsi ini untuk menerapkan data besar. Kemudian, semua data yang disimpan dalam database dapat diproses dan diakses oleh pengguna. Dengan layanan ini, banyak perusahaan dapat mengembangkan produk bisnis mereka.

Tetapkan transfer data atau arsip lalu lintas

Fungsi server lain adalah bahwa ia akan menyesuaikan komunikasi dan transfer informasi ke klien. Anda dapat membayangkan betapa sibuknya server ketika banyak klien akan mengirimkan permintaan. Untuk alasan ini, perangkat server biasanya memiliki kapasitas seperti hard drive dan RAM tinggi.

Aman dari serangan kejahatan

Fungsi server terakhir adalah melindungi komputer atau situs web dari serangan peretas. Alamat IP dan informasi lainnya akan selalu di periksa oleh server setiap saat ketika ada permintaan data dari klien. Jika ada hal -hal yang mencurigakan, seperti ancaman malware, server dapat mencegah akses ke alamat IP. Dengan begitu, data yang disimpan di komputer atau situs web dapat tetap aman.

Untuk Apa Saja Server Itu

Dari pengertian tentang apa itu server, maka akan diketahui server itu untuk apa saja. Beberapa manfaat yang diperoleh dari server, yaitu:

Untuk Memastikan keamanan data

Dengan server, maka Anda dapat memelihara dan menyimpan semua data Anda lebih aman dan dipantau kapan saja. Selain itu, Anda dapat mengakses data yang telah tersimpan dengan cepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dan yang paling penting, Anda juga dapat menyimpan penyimpanan data dari perangkat komputer klien Anda dan dapat ditransfer ke server.

Sebagai Sarana Untuk Menghemat Biaya

Manfaat berikutnya tentu dapat menghemat biaya untuk membeli kebutuhan perangkat penyimpanan data. Server telah memberikan kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada komputer klien secara umum.

Jadi, Anda tidak perlu membeli terlalu banyak perangkat komputer atau hard drive untuk kebutuhan data bisnis Anda.

Sebagai Fasilisator Dalam Manajemen Data

Manfaat lain adalah dapat memfasilitasi proses mengelola berbagai dokumen dan informasi penting yang membutuhkan penanganan cepat. Server juga menjamin penyimpanan data dalam periode waktu yang lebih lama.

Saat ini ada juga penyimpanan server berbasis cloud atau cloud. Di mana, data Anda akan disimpan di internet dengan alokasi penyimpanan yang jauh lebih besar.

Meski demikian, adanya cloud server untuk penyimpanan tidak menghilangkan kebutuhan blogger pemula untuk tetap menggunakan hosting murah untuk belajar membangun sebuah website.

Dapat Mengoptimalkan Fungsi Kolaborasi Antar Tim

Manfaat terakhir adalah dapat memaksimalkan kolaborasi dan bekerja antar departemen. Di mana, dalam bisnis, terutama di bidang TI mengharuskan masing -masing tim untuk bekerja tidak hanya offline. Tetapi harus dapat bekerja secara online atau remote.

Dengan demikian, server memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan perusahaan atau lembaga terkait.

Setelah mengetahui apa itu server dan untuk apa saja server dalam penggunaan sehari -hari. Kita dapat optimal lagi menikmatinya sesuai kebutuhan kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

eleven − 11 =

Scroll to Top