4 Cara Menghidupkan Laptop Acer

Achmad Fachrur Rozi

Cara Menghidupkan Laptop Acer - LABTekno
Rate this post

LABTekno.com – Cara menghidupkan laptop Acer sebenarnya sangat mudah. Namun bagi yang baru pertama kali menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas atau untuk bekerja, mungkin masih kebingungan.

Laptop sebagai salah satu perangkat elektronik paling penting untuk mempermudah pekerjaan berbagai kalangan pengguna dapat digunakan dimanapun dan fleksibel.

Lain halnya dengan PC atau komputer, yang selalu memerlukan sambungan daya listrik. Laptop memiliki baterai yang dapat diisi dan menyimpan daya. Jadi tak perlu repot harus selalu mencolokkan kabel power.

Semakin hari, produsen laptop berusaha menghadirkan laptop sesuai kebutuhan penggunanya, ada yang khusus digunakan untuk gaming, editing, maupun pekerjaan lainnya.

Bentuk laptop yang kecil, ringan, dan fleksibel, tentu dapat dijadikan sebagai gear andalan kedua setelah komputer. 

Laptop memiliki komponen yang sudah mencakup casing, perangkat input dan output termasuk keyboard, monitor, touchpad, motherboard, baterai, dan sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara menghidupkan laptop Acer bagi pemula hingga cara menghidupkan laptop mati.

Bagi yang masih bingung dan terkendala dalam menggunakannya, silakan simak sampai tuntas!

Cara Menghidupkan Laptop Acer

Pengguna mungkin pernah menjumpai adanya kasus laptop yang mati total dan sulit dinyalakan kembali. Jika hal ini terjadi pada kalian, tenang saja, masih ada beberapa cara menghidupkan laptop Acer.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan, antara lain:

Cara Menghidupkan Laptop Acer Menggunakan Charger

Cara menghidupkan laptop Acer yang pertama dan wajib dicoba adalah dengan menggunakan charger. Sebab, biasanya laptop mati karena kehabisan daya saja.

Baca Juga  Cara Edit Host File di Windows 10

Sehingga pengguna perlu memakai charger untuk melakukan pengisian daya. 

Pastikan juga jenis charger yang kalian gunakan asli agar baterainya tidak cepat rusak.

Tunggu beberapa saat hingga pengisian daya penuh. Jika sudah, lalu hidupkan laptop kalian. 

Periksa kembali apakah laptop tersebut memiliki daya baterai yang cukup kuat untuk hidup. Sebab bagi kalian yang sering menggunakan laptop tanpa kenal waktu, bahkan sampai lupa mengisi daya, maka biasanya baterai akan cepat rusak. 

Cara Menghidupkan Laptop Acer dengan Melakukan Power Reset

Cara menghidupkan laptop Acer selanjutnya juga bisa dilakukan melalui metode power reset. Sama seperti komputer, jika laptop atau PC kalian tidak mau bergerak atau bahkan tidak mau hidup, maka silakan lakukan power reset. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Cabut charger yang terpasang di laptop.
  2. Setelah itu, lepaskan baterai yang ada di bagian bawah laptop.
  3. Tekan tombol power yang ada di laptop dan tahan selama kurang lebih tiga puluh detik.
  4. Kemudian, lepaskan kembali.
  5. Masukkan kembali baterai pada laptop lalu pasangkan charger.
  6. Nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power dan tunggu sampai layar menyala.

Cara Menghidupkan Laptop Acer dengan Memeriksa Monitor

Cara menghidupkan laptop Acer berikut ini bisa dilakukan dengan memeriksa monitor. Sebab layar laptop yang mati memiliki kemungkinan yang disebabkan karena keteledoran penggunanya yang lupa mengecek monitor.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Copot semua perangkat yang tersambung seperti charger, kabel, USB dan sebagainya supaya proses bootingnya tidak terganggu.
  2. Nyalakan laptop seperti biasa.
  3. Apabila muncul suara berisik dari mesinnya namun layar tidak menyala maka tandanya layar tersebut memang rusak.
  4. Cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti layar laptop.

Bawa ke Tempat Service

Nah, bagi kalian yang sudah mengikuti semua cara di atas namun masih tetap belum bisa mengatasinya, maka solusi terakhirnya adalah dengan membawanya ke tempat servis atau layanan perbaikan. Biaya jasanya tergantung kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut.

Baca Juga  2 Cara Menghapus Akun MI Milik Orang Lain

Demikian beberapa cara menghidupkan laptop Acer yang mati. Silakan coba satu per satu cara di atas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service. Barangkali salah satu cara di atas dapat mengatasinya. Selamat mencoba!


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Baca Juga

Tags

Leave a Comment