3 Teknologi Smartphone 5 Tahun Mendatang

Achmad Fachrur Rozi

3 Teknologi Smartphone 5 Tahun Mendatang
Rate this post

LABTekno.com – Satu dekade ini, smartphone telah menjadi bagian terpenting dari kehidupan kita. Semakin hari, teknologi yang disematkan juga terus berkembang. Dalam lima tahun mendatang, diharapkan akan memiliki beberapa terobosan besar yang bisa mengubah cara penggunaan dan berinteraksi dengan perangkat tersebut.

Berikut ini 3 teknologi smartphone teratas yang akan merevolusi ponsel pintar tersebut dalam waktu dekat:

Konektivitas Satelit

Teknologi smartphone yang akan mentransformasi kebiasaan pengguna yang pertama adalah konektivitas satelit. Mari kita bayangkan, jika bisa mengirim dan menerima pesan dari mana saja di Bumi tanpa jaringan seluler.

Nah, inilah yang ditawarkan oleh konektivitas satelit. Sekarang ini beberapa produsen smartphone seperti Samsung, Apple dan Huawei sudah memperkenalkan perangkat yang bisa terhubung ke satelit untuk keperluan darurat.

Namun juga beberapa melangkah lebih jauh dan mengaktifkan pesan SMS dua arah. Sehingga memungkinkan penggunanya tetap berhubungan satu sama lain, mengakses informasi penting, dan mendapatkan bantuan saat dibutuhkan, kapanpun dan dimanapun kalian berada.

Jaringan satelit bertujuan untuk mengisi kekosongan jangkauan seluler dan menawarkan cara andal berkomunikasi di daerah terpencil. 

Fitur semacam ini, sangat dibutuhkan di daerah kepulauan seperti di Indonesia, karena di beberapa wilayah memang belum tercover jaringan seluler. 

Hadirnya smartphone yang mendukung jaringan satelit, pengguna bisa tetap berkomunikasi saat mendaki, mengemudi di pelosok desa, di atas kapal, atau dalam situasi lain yang nyata tak memiliki konektivitas. 

Jadi tenang saja, fitur ini juga memudahkan penggunanya untuk meminta bantuan dalam situasi darurat.

Saat ini, dua produsen chipset terbesar, Qualcomm dan MediaTek sudah mengumumkan fitur tersebut. Tunggu saja, dalam beberapa tahun ke depan kemungkinan semua smartphone akan memiliki fitur ini. 

Baca Juga  Rumor iPhone 15 Series Punya Dynamic Island, iPhone 16 Pro Debut UD Face ID

Baterai Solid State

Teknologi smartphone di masa depan lainnya adalah baterai Solid State. Seperti yang diketahui bahwa tantangan terbesar pengguna smartphone adalah masa pakai baterai.

Kita harus sering mengisi baterai smartphone ketika kehabisan daya. Oleh sebab itu, baterai Solid State menjadi salah satu upaya yang menarik sebagai solusi masalah tersebut.

Berbeda dari baterai lithium-ion konvensional yang menggunakan larutan elektrolit cair, baterai solid state menggunakan elektrolit padat. 

Artinya baterai ini mampu mengemas lebih banyak energi dalam ruang yang lebih sedikit. Sehingga bisa menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama dan waktu pengisian yang lebih cepat. 

Dilihat dari segi keamanannya, baterai solid state juga lebih aman dan lebih stabil daripada baterai lithium-ion, sekaligus juga mampu mengurangi risiko panas berlebih atau meledak.

Tampilan Fleksibel

Teknologi smartphone 5 tahun mendatang kemungkinan juga akan memiliki tampilan yang fleksibel. Kalian bisa bebas melipat, membengkokkan atau memutar layar smartphone tanpa merusaknya.

Tampilan OLED digunakan untuk membuat layar fleksibel yang dapat beradaptasi dengan berbagai bentuk dan ukuran. 

Smartphone dengan tampilan fleksibel dapat berubah dari ponsel cerdas ringkas menjadi tablet yang lebih besar, sehingga dapat memberi Anda lebih banyak keserbagunaan dan fungsionalitas. 

Hal ini juga berimplikasi pada daya tahan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan lebih banyak opsi multitugas dengan ponsel fleksibel.

Demikian 3 teknologi smartphone 5 tahun mendatang yang akan menjadi tren. Jika ketiga teknologi tersebut benar-benar diterapkan, maka smartphone yang akan datang lebih powerful. Jadi semakin tidak sabar menantikan perkembangan teknologi masa mendatang!

Baca Juga

Tags

Leave a Comment