Microsoft Membuat Rumus Excel Baru Lebih Mudah

Rumus Excel Baru
Rate this post

LABTekno.com – Rumus Excel baru kini lebih mudah bagi pengguna karena Microsoft telah menambahkan beberapa fitur otomatis praktis ke software spreadsheet berbasis webnya tersebut.

Secara resmi dalam sebuah postingan websitenya, Microsoft telah mengumumkan akan membuat pelengkapan otomatis Excel menjadi lebih pintar. Setidaknya dalam versi web yang disertakan dengan Microsoft 365 (sebelumnya dikenal sebagai Office 365). 

Minggu lalu diumumkan saran rumus dan rumus dengan contoh, keduanya dapat membantu mengotomatiskan beberapa hal yang harus Anda lakukan secara manual.

Saran rumus cukup banyak seperti yang tertulis di kaleng: jika Anda mengetikkan tanda sama dengan ke dalam sel, Excel untuk web akan mencoba secara cerdas menyarankan jenis rumus apa yang harus Anda gunakan, berdasarkan data yang ada di sekitarnya. 

Misalnya, jika Anda memiliki banyak angka penjualan triwulanan dan kolom di bagian akhir berlabel “total”, Excel mungkin menyarankan untuk menjumlahkan rentang sel. 

Menurut posting blog dari Microsoft, fitur tersebut saat ini hanya berfungsi dalam bahasa Inggris, dan akan menyarankan rumus jumlah, rata-rata, hitung, hitung, min, dan maks. 

Hal ini mungkin bukan terobosan baru. Anda mungkin sudah akrab dengan Google Sheets yang memiliki keahlian semacam ini dan AutoSum Excel telah lama menjadi cara cepat untuk menerapkan rumus ke data. Namun dalam beberapa kasus penggunaan, hal ini bisa menjadi penghemat waktu yang bagus.

Membuat rumus sederhana di Excel

Anda dapat membuat rumus sederhana untuk melakukan penambahan, pengurangan, pengalian, atau pembagian nilai dalam lembar kerja. Rumus sederhana selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=), diikuti oleh konstanta yang berupa nilai numerik dan operator penghitungan seperti tanda plus (+), minus (), tanda bintang(*), atau garis miring (/). Kami beri contoh rumus sederhana:

  1. Di lembar kerja, klik sel tempat Anda ingin memasukkan rumus.
  2. Ketik tanda = (sama dengan) diikuti oleh konstanta dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda gunakan dalam perhitungan.
    Untuk contoh kami, ketik =1+1.
    Catatan: 
    • Daripada mengetik konstanta ke dalam rumus Anda, Anda dapat memilih sel berisi nilai yang ingin Anda gunakan dan masukkan operator di antara sel yang dipilih.
    • Mengikuti urutan standar operasi matematika, perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penjumlahan dan pengurangan.
  3. Tekan Enter (Windows) atau Return (Mac).
Baca Juga  6 Aplikasi Pencatat Pengeluaran Terbaik

Mari kita ambil contoh rumus sederhana lainnya. Ketik =5+2*3 di sel lain, lalu tekan Enter atau Return. Nantinya, Excel akan melakukan perkalian terlebih dahulu pada dua angka terakhir dan menjumlahkan angka pertama dengan hasilnya.

Rumus Excel Baru: AutoSum (Jumlah Otomatis)

Anda dapat menggunakan AutoSum atau Jumlah Otomatis untuk menjumlahkan kolom atau baris atau angka dengan cepat.

Cukup dengan memilih sel di samping angka yang ingin Anda jumlahkan, lalu klik AutoSum pada tab Beranda. Langsung saja tekan Enter (Windows) atau Return (Mac), dan selesai!

Jumlah Otomatis pada tab Beranda

Ketika Anda mengklik AutoSum, Excel akan otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi SUM) untuk menjumlahkan angka.

Catatan:  Anda juga dapat mengetikkan ALT+= (Windows) atau ALT+PERINTAH+= (Mac) ke dalam sel, dan Excel akan menyisipkan fungsi SUM secara otomatis.

Inilah contohnya. Untuk menambahkan angka di bulan Januari dalam anggaran Hiburan, pilih sel B7, sel berada tepat di bawah kolom angka. Selanjutnya klik AutoSum. Rumus Excel muncul di sel B7, dan Excel menyorot sel yang Anda jumlahkan.

Rumus Excel Baru AutoSum
Rumus Excel Baru – AutoSum

Tekan Enter untuk menampilkan hasil (95.94) di sel B7. Anda juga bisa melihat rumus di bilah rumus pada bagian atas jendela Excel.

Rumus Excel Baru AutoSum 1
Rumus Excel Baru – AutoSum

Catatan: 

  • Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel yang berada tepat di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan baris angka, pilih sel yang berada tepat di sebelah kanan.
  • Ketika Anda membuat rumus, Anda bisa menyalinnya ke sel yang lain daripada mengetiknya berulang kali. Sebagai contoh, jika Anda menyalin rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara otomatis menyesuaikan terhadap lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.
  • Anda juga bisa menggunakan JumlahOtomatis pada lebih dari satu sel sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menyorot baik sel B7 maupun C7, klik JumlahOtomatis, dan menjumlah di kedua kolom pada saat yang sama.
Baca Juga  Aplikasi untuk Melacak Lokasi Orang Lain Terbaik

Fitur Formula by Example

Lalu ada rumus Excel baru, Formula by Example, yang mirip dengan fitur Flash Fill yang dapat secara otomatis mendeteksi pola dalam data dan mengisi kolom lainnya. 

Fiturnya agak sulit untuk dijelaskan secara ringkas, tetapi video dari Microsoft ini memberi Anda gambaran tentang apa itu mendeteksi pola di mana Anda menyisir informasi dari sel dan kemudian secara otomatis membuat rumus yang akan menghemat pengetikan.

Fitur Formula by Example

Fitur Suggested Links

Satu rumus Excel baru lain yang berpotensi berguna dan mudah dipahami berikutnya datang ke web, yaitu “Suggested Links” atau tautan yang disarankan. Fitur ini secara otomatis akan membantu Anda memperbaiki tautan yang rusak ke buku kerja lain yang disimpan di cloud.

Demikian beberapa kemudahan dalam rumus Excel baru dari Microsoft. Bagaimana menurut Anda? Apakah fitur barunya ini dapat mempermudah pekerjaan Anda?


Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

PC dan Laptop

Tips n Trik

On Key

Artikel Terkait

Scroll to Top