Maps Punya Tampilan Imersif untuk Rute dan Fitur AI Lainnya

Achmad Fachrur Rozi

Tampilan Imersif untuk Rute Google Map
5/5 - (1 vote)

LABTekno.com – Tampilan imersif untuk rute, kini telah hadir pada versi Google Maps terbaru. Bersamaan dengan dukungan fitur AI lainnya.

Pembaruan Maps ini mempermudah perencanaan dan navigasi dengan percaya diri serta memberi penggunanya cara baru untuk menelusuri dan menjelajah.

Selama beberapa tahun terakhir, Google Maps telah mengubah cara orang berinteraksi dengan dunia dengan fitur seperti tampilan imersif untuk rute ramah lingkungan, membantu penggunanya mengambil rute hemat bahan bakar atau energi, dan Live View untuk membantu menyesuaikan diri saat berjalan dengan augmented reality. 

Sekarang berkat kecanggihan AI, tersedia lebih banyak pembaruan sehingga bisa merencanakan dan menavigasi perjalanan dengan percaya diri, membuat pilihan yang ramah lingkungan, dan mendapatkan inspirasi cepat untuk melakukan sesuatu.

Cek Tampilan Imersif untuk Rute Sebelum Bepergian

Google Maps menyediakan lebih dari 20 miliar kilometer petunjuk arah setiap hari. Kemudian dengan bantuan AI, Maps bisa membantu penggunanya menyusun rencana perjalanan sebelum berangkat. 

Pada I/O tahun ini, Google Maps mengumumkan Tampilan Imersif untuk rute, sebuah cara baru untuk melihat pratinjau setiap langkah perjalanan — baik saat mengemudi, berjalan kaki, atau bersepeda. 

Mulai minggu ini, Tampilan Imersif untuk rute mulai diluncurkan di beberapa kota besar di dunia, seperti Amsterdam, Barcelona, ​​Dublin, Florence, Las Vegas, London, Los Angeles, Miami, New York, Paris, San Francisco, San Jose, Seattle, Tokyo, dan Venesia di Android dan iOS.

Tampilan imersif untuk rute ini, bisa dimanfaatkan misalnya jika kalian ingin bersepeda menyusuri perairan menuju Istana Seni Rupa di San Francisco.

Cukup minta petunjuk arah bersepeda, lalu ketuk pratinjau Immersive View untuk melihat rute dalam tampilan multidimensi dari awal hingga akhir. 

Baca Juga  4 Aplikasi untuk Spam WA, Penerima Auto Panik

Kalian juga bisa melihat setiap belokan seolah-olah sedang berada di sana dengan petunjuk arah belokan demi belokan yang detail dan visual, serta menggunakan penggeser waktu untuk merencanakan waktu berangkat berdasarkan informasi berguna, seperti simulasi kondisi lalu lintas dan cuaca. 

Dengan begitu, pengguna Maps bisa lebih mudah menghindari berkendara saat cuaca hujan atau lalu lintas padat.

Berkat bantuan AI untuk menggabungkan miliaran Street View dan gambar udara, pengguna bisa mengetahui seperti apa bentuk sebuah restoran atau bangunan terkenal lainnya sebelum bepergian. 

Pengembang Google Maps kini juga bisa menciptakan pengalaman mendalam dengan diluncurkannya Ubin 3D Fotorealistik di Google Maps Platform.

Pahami lingkungan sekitar Anda dengan mudah menggunakan Lens di Maps

Tidak hanya tampilan imersif untuk rute saja. Bagi kalian yang suka bepergian ke tempat baru, Google Maps juga memudahkan untuk memahami lingkungan sekitar saat baru tiba di suatu tempat — seperti saat keluar dari stasiun kereta bawah tanah dan perlu menyesuaikan diri atau jika sedang menjelajahi lingkungan baru dan perlu mencari kedai kopi terdekat. 

Lens di Maps (sebelumnya disebut Penelusuran dengan Live View) menggunakan AI dan augmented reality untuk membantu penggunanya menyesuaikan diri dengan cepat — baik saat menjelajahi kota baru atau menemukan permata lokal yang tersembunyi.

Cukup ketuk ikon Lens di bilah pencarian dan angkat smartphone kalian untuk menemukan informasi tentang ATM, stasiun transit, restoran, kedai kopi, dan toko terdekat. 

Fitur Lens in Maps ini akan dirilis mulai minggu ini dan akan hadir di lebih dari 50 kota baru termasuk A​​ustin, Las Vegas, Roma, São Paulo, dan Taipei.

Peta lebih detail

Kita mungkin sudah terbiasa dengan informasi dari Google Maps tentang kondisi real-time, seperti kecelakaan di sekitar atau kemacetan lalu lintas yang akan datang.

Baca Juga  6 Aplikasi Pencatat Pengeluaran Terbaik

Nah, untuk menyempurnakan gambaran tampilan imersif untuk rute, nantinya peta navigasi akan dapat mencerminkan dunia nyata dengan lebih akurat.

Selain warna yang diperbarui di seluruh peta, bentuk bangunan juga akan terlihat lebih realistis – seperti sedang berkendara di pusat kota dan perlu memahami posisi kalian selama perjalanan terakhir. 

Ketika mengemudi di jalan raya, beberapa manuver mengemudi tersulit sering terjadi (seperti pintu keluar menjengkelkan yang mengharuskan untuk melintasi beberapa jalur dengan cepat).

Nantinya kalian bisa melihat detail jalur yang ditingkatkan untuk membantu mempersiapkan perjalanan lebih baik. 

Pembaruan ini mulai diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang di 12 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Prancis, dan Jerman.

Lebih Banyak Informasi tentang Kendaraan Listrik

Bagi pengguna kendaraan listrik, kalian mungkin sering merasa cemas saat akan mengisi daya. Misalnya ketika sedang dalam perjalanan, berangkat kerja, atau melintasi kota. Tampilan Maps sebelumnya hanya menyediakan sedikit informasi yang mendukung pengguna EV.

Kini kalian bisa memanfaatkan kemampuan Maps pada mobil yang dilengkapi Google, pengemudi kendaraan listrik di Android dan iOS kini akan melihat informasi stasiun pengisian daya.

Bahkan informasi tersebut lebih detail, termasuk apakah pengisi daya kompatibel dengan kendaraan yang kalian gunakan dan apakah pengisi daya yang tersedia cepat, sedang, atau lambat untuk membantu menemukan stasiun pengisian daya yang paling sesuai dengan kebutuhan kendaraan listrik kalian. 

Kalian juga bisa melihat kapan pengisi daya terakhir kali digunakan untuk mencari pengisi daya yang rusak. Pembaruan ini mulai diluncurkan secara global di iOS dan Android minggu ini di mana pun informasi stasiun pengisian daya EV tersedia.

Informasi pengisian daya EV juga akan tersedia bagi pengembang di Google Maps Platform di Places API, sehingga perusahaan dapat menampilkan informasi stasiun pengisian daya EV secara real-time di situs web dan aplikasi mereka.

EV Charging stations di Maps terbaru

Temukan inspirasi dengan cara penelusuran baru

Jika kalian sedang gabut, dan tidak tahu mau pergi kemana, maka kalian bisa menemukan inspirasi melalui penelusuran di Google Maps.

Baca Juga  Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola

Penelusuran di Google Maps ini memang dikembangkan untuk memberikan lebih banyak jawaban atas pertanyaan, membantu menemukan aktivitas, dan menemukan inspirasi dengan cara yang benar-benar baru.

Kini, kalian bisa menelusuri hal-hal spesifik di Maps dan akan mendapatkan hasil foto pertama dari apa yang dicari. 

Hasil ini didasarkan pada analisis miliaran foto yang dibagikan oleh komunitas Google Maps — semuanya dilakukan dengan AI dan model pengenalan gambar tingkat lanjut. 

Dengan daftar visual tempat ini, menemukan tempat baru yang sesuai dengan apa yang dicari adalah hal mudah. 

Cukup gulir hasilnya, ketuk foto untuk mempelajari lebih lanjut, dan navigasikan ke sana. Cara baru untuk melakukan penelusuran di Maps ini mulai diluncurkan di Prancis, Jerman, Jepang, Inggris Raya, dan Amerika Serikat pada minggu ini dan akan diperluas ke lebih banyak negara seiring berjalannya waktu.

Jika kalian bingung ingin memanfaatkan liburan akhir pekan mau kemana, kalian bisa melihat hasil penelusuran yang lebih terorganisir untuk memicu imajinasi pengguna. 

Misalnya jika kalian berada di Jogja, kalian bisa menelusuri “aktivitas yang dapat dilakukan” untuk melihat saran tempat tematik seperti “pagelaran wayang”, “teater kolosal”, atau “pameran seni”. 

Klik tempat-tempat yang diminati untuk mempelajari lebih lanjut, dan bahkan kalian bisa menyimpan opsi ke daftar jika ingin memeriksanya nanti. 

Hasil tematik untuk aktivitas dan kuliner akan diluncurkan secara global di Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang.

Dengan pembaruan Maps terbaru, kini kalian bisa mengeksplore lebih banyak tempat secara efisien dan mengubah cara menjelajah dan bernavigasi.

Wisata Tematik di Maps

Posisi AI semakin penting dalam menghadirkan dan membangun pengalaman inovatif bagi pengguna Maps di seluruh dunia.

Demikian beberapa informasi yang perlu kalian ketahui tentang tampilan imersif untuk rute dari Maps terbaru. Wah, jadi tidak sabar ingin mencoba fitur terbarunya ini!

Baca Juga

Leave a Comment