3 Aplikasi Hitung Weton, Lengkap dengan Pengertian dan Caranya

Achmad Fachrur Rozi

Aplikasi Hitung Weton
Rate this post

LABTekno.com – Aplikasi hitung weton saat ini sudah tersedia untuk memudahkan berbagai keperluan penggunanya. 

Aplikasi hitung weton semacam ini memang diperlukan, mengingat orang yang memahami dan bisa menghitung weton saat ini sudah mulai langka.

Sebelum membahas aplikasinya, perlu dijelaskan terlebih dahulu pengertian weton dalam budaya Jawa.

Pengertian Weton dalam Budaya Jawa

Weton adalah sistem perhitungan hari kelahiran dalam kalender Jawa yang digunakan untuk menentukan karakter dan sifat seseorang serta memilih hari yang baik untuk melaksanakan suatu kegiatan. 

Untuk menghitung weton, ada dua komponen utama yang perlu diperhatikan untuk menggambarkan gabungan dari dua unsur kalender yaitu pasaran dan wuku.

Pasaran adalah satu siklus lima hari dalam kalender Jawa. Sedangkan wuku adalah siklus 30 atau 35 hari dalam kalender Jawa yang digunakan untuk membagi setahun menjadi 12 atau 13 bagian.

Cara Menghitung Weton

Untuk menghitung weton, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu pasaran dan wuku pada tanggal tertentu yang ingin Anda hitung. 

Pasaran dan wuku biasanya dapat ditemukan di kalender Jawa atau melalui sumber online yang menyediakan informasi kalender Jawa.

Berikut adalah cara menghitung weton:

  1. Tentukan tanggal yang ingin Anda hitung weton-nya.
  2. Temukan pasaran pada tanggal tersebut. Misalnya, pada tanggal 21 Maret 2023 pasaran adalah Legi.
  3. Temukan wuku pada tanggal tersebut. Misalnya, pada tanggal 21 Maret 2023 wuku adalah Manis Galungan.
  4. Gabungkan pasaran dan wuku. Misalnya, weton pada tanggal 21 Maret 2023 adalah Legi Manis Galungan.

Untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk menghitung weton:

  1. Tentukan tanggal kelahiran atau tanggal tertentu yang ingin dihitung weton-nya.
  2. Cari tahu pasaran pada tanggal tersebut. Pasaran terdiri dari 5 hari yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. 
  3. Untuk menentukan pasaran, gunakan rumus: ((tanggal + bulan + tahun) mod 5) + 1. 
  4. Jika hasilnya 1 maka pasaran adalah Legi, jika 2 maka pasaran adalah Pahing, jika 3 maka pasaran adalah Pon, jika 4 maka pasaran adalah Wage, dan jika 5 maka pasaran adalah Kliwon.
  5. Cari tahu wuku pada tanggal tersebut. Wuku terdiri dari 7 hari yaitu Sinta, Landep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbreg, dan Wariga. 
  6. Untuk menentukan wuku, gunakan rumus: ((tanggal + bulan + tahun) mod 210) + 1. Berikut adalah urutan wuku: Sinta, Landep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbreg, Wariga, dan seterusnya.
  7. Gabungkan pasaran dan wuku yang telah didapatkan. Contohnya, jika pasaran adalah Pahing dan wuku adalah Wukir, maka weton-nya adalah “Pahing Wukir”.
Baca Juga  2 Aplikasi Edit Foto Ganti Wajah Pengantin Terbaik

Itulah cara menghitung weton dengan menggunakan sistem penanggalan Jawa. Perlu diingat bahwa weton hanya berlaku dalam budaya Jawa dan tidak dapat diaplikasikan pada sistem penanggalan lainnya.

Dalam budaya Jawa, weton memiliki arti penting dalam menentukan keberuntungan seseorang, menentukan waktu yang baik untuk melakukan suatu kegiatan, atau menentukan keseimbangan dalam hubungan antara pasangan. Namun, penting untuk diingat bahwa weton hanya sebagai referensi dan tidak boleh dijadikan sebagai patokan utama dalam pengambilan keputusan atau kepercayaan pribadi.

Aplikasi Hitung Weton

Jika Anda masih bingung cara menghitung weton, kini sudah dimudahkan dengan hadirnya berbagai aplikasi hitung weton.

Aplikasi hitung weton merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui weton dan penanggalan Jawa. Meski pengguna tidak memiliki pengetahuan mendalam mengenai kalender Jawa, aplikasi hitung weton ini membantu pengguna dalam mencari wetonnya secara akurat.

Berikut beberapa aplikasi hitung weton yang dapat digunakan:

Cek Weton

Aplikasi hitung weton yang pertama adalah Cek Weton. Berikut ini fitur, keunggulan dan kelemahannya:

Fitur: Aplikasi ini dapat menghitung weton dengan mudah dan akurat, serta menampilkan kalender Jawa untuk melihat tanggal-tanggal penting. Selain itu, juga terdapat fitur untuk membuat catatan penting dan pengingat acara.

Keunggulan: Tampilan yang user friendly, dapat diakses secara offline dan gratis, serta memiliki fitur pengingat acara.

Kelemahan: Beberapa fitur hanya tersedia di versi premium, serta terdapat iklan.

Kalender Weton Jawa

Fitur: Aplikasi ini menyediakan kalender Jawa lengkap dengan penanggalan, pasaran, dan wuku. Selain itu, terdapat fitur pencarian hari kelahiran, serta informasi mengenai sifat-sifat orang berdasarkan weton-nya.

Keunggulan: Mudah digunakan dan dapat diakses secara offline, serta menyediakan informasi tambahan mengenai sifat orang berdasarkan weton-nya.

Baca Juga  Microsoft Membuat Rumus Excel Baru Lebih Mudah

Kelemahan: Tidak memiliki fitur pengingat acara, serta terdapat iklan.

Kalkulator Weton Jawa Lengkap

Fitur: Aplikasi ini dapat menghitung weton, menampilkan kalender Jawa, serta menyediakan informasi mengenai zodiak Jawa dan karakteristik orang berdasarkan weton-nya.

Keunggulan: Dilengkapi dengan fitur pengingat acara, serta menyediakan informasi mengenai zodiak Jawa dan karakteristik orang berdasarkan weton-nya.

Kelemahan: Terdapat iklan dan beberapa fitur hanya tersedia di versi premium.

Demikian pengertian, cara, dan aplikasi hitung weton yang bisa dicoba. Sekali lagi perlu diingatkan bahwa perhitungan weton merupakan salah satu referensi saja dalam pengambilan keputusan, bukan penentu.

Aplikasi hitung weton yang tersedia saat ini secara umum kurang lengkap dan akurat. Oleh sebab itu, untuk hal-hal semacam ini, bisa konsultasikan kepada sesepuh atau orang yang kompeten dalam bidang tersebut.

Baca Juga

Leave a Comment