Rekomendasi Software Teknik Sipil Terbaik

Software Teknik Sipil
5/5 - (1 vote)

LABtekno.com – Software teknik sipil sebenarnya sangat beragam, tergantung kebutuhannya. Bagi mahasiswa teknik sipil maupun insinyur teknik sipil, jelas harus paham dan menguasai beberapa software untuk memenuhi permintaan client nantinya.

Berikut ini beberapa software teknik sipil yang wajib dikuasai:

AutoCAD

AutoCAD

Rekomendasi Software Teknik Sipil yang pertama yaitu AutoCAD. Aplikasi tersebut wajib dikuasai oleh para mahasiswa teknik termasuk teknik sipil. Apalagi jika sudah menjadi bidang yang digeluti dalam pekerjaannya. 

AutoCAD merupakan aplikasi yang dapat membantu untuk menggambar 2D atau bahkan 3D. Semua pekerjaan di bidang konstruksi biasanya mensyaratkan penguasaan CAD.

Sebab kedudukan software AutoCAD saat ini sudah sangat krusial dan menentukan kualitas suatu bangunan yang dikerjakan nantinya.

Perlu diketahui juga bahwa AutoCAD saat ini sudah memiliki versi mobile, yaitu Autodesk AutoCAD 360. Sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses desain konstruksi secara langsung dimanapun dan kapanpun.

SAP 2000

SAP 2000

Software Teknik Sipil berikutnya mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sedang menggeluti dunia konstruksi tersebut. 

Structural Analysis Program (SAP) merupakan aplikasi atau program yang biasanya digunakan untuk mendesain dan menganalisis suatu struktur bangunan atau objek.

SAP 2000 wajib Anda kuasai jika ingin menganalisa kelayakan hasil desain yang telah dibuat.  Kelebihan utamanya pada struktur beton dan baja.

Jika pada software sebelumnya Anda dapat merancang desain dalam bentuk 2D atau 3D, maka pada software SAP 2000 ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk menganalisa.

Ketahanan dan kelayakan suatu konstruksi dari desain tersebut dapat dianalisis secara akurat melalui aplikasi tersebut.

HEC-RAS

HEC-RAS

Software Teknik Sipil berikut ini dibuat secara khusus oleh U.S Army Corps of Engineers (USACE). HEC-RAS merupakan software yang mampu diandalkan untuk analisis bangunan air seperti bendungan, pelabuhan dan waduk.

Baca Juga  Aplikasi untuk Mengembalikan Foto yg Terhapus

Aplikasi tersebut mampu memodelkan aliran subkritis, superkritis, dan aliran campuran bersama dengan efek jembatan, gorong-gorong, bendung, dan struktur.

Bagi para insinyur teknik sipil, HEC-RAS biasanya digunakan untuk memodelkan air yang mengalir melalui sistem saluran terbuka dan menghitung profil permukaan air.

Khususnya dalam pengelolaan dataran banjir dan studi (asuransi banjir) untuk mengevaluasi perambahan jalur banjir. 

ETabs

ETabs

Hampir sama dengan software SAP 2000, software ETabs juga mampu digunakan untuk menganalisis ketahanan bangunan terhadap gempa.

Software ETabs merupakan perangkat lunak atau program yang biasa digunakan untuk rekayasa struktural dan gempa.

ETABS saat ini sangat dibutuhkan untuk desain struktur bagunan gedung bertingkat/high risk building dengan memperhitungkan beban berat sendiri struktur, beban hidup, beban angin, dan beban gempa. 

Software ETabs akan menganalisis beban gempa dengan 2 cara yaitu dengan beban respon spectrum function dan dengan time history function

Terdapat lima perencanaan struktur yang dianalisis yaitu analisis frame baja, frame beton, balok komposit dan baja rangka batang dan analisis dinding geser.

Plaxis 2D

Plaxis 2D

Software teknik sipil selanjutnya yang harus dikuasai adalah Plaxis. Software Plaxis 2D biasanya digunakan dalam bidang ilmu geoteknik. 

Anda dapat menggali informasi terkait stabilitas lereng lokasi proyek untuk mencegah longsor dan berbagai runtuhan yang tidak diinginkan.

Secara umum, PLAXIS 2D mudah digunakan untuk analisis deformasi dan stabilitas 2D dalam rekayasa geoteknik dan mekanika batuan. Aplikasi tersebut sangat ideal untuk berbagai kebutuhan mulai dari penggalian, tanggul, dan pondasi hingga pembuatan terowongan, pertambangan, minyak dan gas, dan geomekanika reservoir.

Demikian beberapa software teknik sipil yang wajib dikuasai jika Anda ingin menggeluti bidang konstruksi. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi lain yang tidak kalah bagusnya untuk kebutuhan berbeda. Namun paling tidak, software di atas merupakan software krusial dalam dunia teknik sipil.

Baca Juga  Aplikasi untuk Membuat Flyer

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top