5 Software Pembuatan Animasi Terbaik 2022

Software Pembuatan Animasi
Rate this post

LABtekno.com – Software pembuatan animasi yang mumpuni memang wajib dimiliki oleh setiap animator. Pekerjaan animator yang menantang, membutuhkan skill dan juga device yang memadai agar mendukung aktivitas berkaryanya.

Saat ini mungkin sudah banyak software yang mendukung kebutuhan proses pembuatan animasi. Berikut ini rekomendasi software pembuatan animasi terbaik 2022:

Blender

Blender - Software Pembuatan Animasi
Blender | Sumber: Microsoft Store

Software pembuatan animasi yang pertama pada daftar rekomendasi adalah Blender. Perangkat lunak satu ini paling sering dijadikan andalan oleh para animator profesional. Anda tak perlu meragukan kemampuan dan kecanggihannya. 

Software Blender merupakan perangkat lunak open source yang mampu mendukung proses pembuatan animasi 3D dengan tingkat realistik yang tinggi, bahkan mendekati nyata.

Di dalamnya tersedia berbagai fitur unggulan untuk memudahkan penggunanya, seperti proses sculpting, modelling, retopology, dan curve.

Bukan itu saja, tersedia juga tools simulasi dengan tampilan yang maksimal dan User Interface yang tergolong simpel ini membuat pengguna mudah memanfaatkan setiap alat  yang dimilikinya.

Blender juga menawarkan dukungan kelengkapan format hasil animasi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan format objek yang jarang digunakan sekalipun.

Salah satu keunggulan yang paling mencolok dari software Blender ini adalah gratis. Anda tak perlu mengeluarkan budget lebih untuk dapat mengaksesnya. Sehingga memungkinkan para pemula dalam bidang animasi untuk memulai karyanya. 

Apapun perangkatnya, sistem operasi apapun mulai dari Windows, Mac hingga Linux dapat kompatibel dengan software Blender tersebut. 

OpenToonz

Software pembuatan animasi terbaik selanjutnya merupakan software open source, yaitu OpenToonz. Perangkat lunak ini memiliki banyak fitur yang memudahkan para animator untuk melakukan pekerjaannya.

Baca Juga  Rekomendasi Software Teknik Sipil Terbaik

Beberapa fitur unggulan software OpenToonz di antaranya yaitu menciptakan distorsi bergelombang, membuat dramatisir cahaya, memindai empat gambar yang tidak sama, serta mengubah gaya pada gambar yang ada.

Anda tak perlu berlangganan terlebih dahulu untuk dapat mengaksesnya. Sebab OpenToonz merupakan software animasi 2D yang gratis dan bisa dinikmati semua animator tanpa harus membayar. Tidak terbatas entah itu untuk keperluan pribadi maupun komersial. 

Bahkan menurut informasi yang beredar, OpenToonz sudah digunakan oleh beberapa studio animasi besar. Seperti Studio Ponoc dengan karya Mary and The Witch’s Flower dan Kamikaze Douga dengan karya ciptaannya yaitu Batman Ninja.

Pencil 2D

Software pembuatan Animasi - Pencil 2D Animation
Pencil 2D Animation | Sumber: Pencil2D.org

Jika Anda ingin mencoba membuat animasi 2D, maka kami merekomendasikan software pembuatan aplikasi bernama Pencil 2D. Seperti namanya, software ini memiliki keunggulan pada fitur membuat gambar atau animasi dengan goresan pensil virtual.

Anda dapat mengeksplorasi ide dalam membuat animasi dengan proses frame-to-frame, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bagus, karena dikerjakan dengan cara manual.

Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil menciptakan karya melalui proses manual seperti ini. Melalui Pencil 2D, Anda membuat atau menggunakan tipe gambar vector maupun bitmap.

Pencil 2D menawarkan tampilan interface yang lebih sederhana dibanding software animasi lainnya, sehingga penggunanya bisa menggunakannya dengan mudah.

Pencil 2D juga merupakan software yang compatible dengan semua sistem operasi, seperti Windows, Mac, dan Linux.

Hal terpenting yaitu Anda tidak perlu khawatir dengan sistem berlangganannya, sebab Pencil 2D bisa digunakan secara gratis oleh siapapun.

KeyShot

Software pembuatan Animasi - KeyShot
KeyShot | Sumber: KeyShot.com

Apabila kebutuhan Anda adalah membuat animasi 3D, maka software pembuatan animasi yang cocok Anda gunakan yaitu KeyShot. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, KeyShot merupakan software untuk animasi 3D. 

Baca Juga  Aplikasi Untuk Menambah Followers Instagram

Anda dapat menghasilkan karya animasi dengan cepat dan mudah. Bahkan sudah termasuk proses rendering-nya yang juga cepat.

Real time rendering membuat Anda dengan cepat menyimpan hasil karya pekerjaan dan menghasilkan karya yang realistis.

Beberapa fitur yang menjadi keunggulan software animasi yang satu ini adalah Focus Caustics, yang mampu memudahkan penggunanya untuk fokus pada sebuah objek.

Tersedia juga di dalamnya fitur Flexible Access dan Camera Control yang siap menjadi fitur andalan saat mengerjakan proyek animasi. Lanskap animasi akan menjadi semakin realistis dengan hadirnya fitur Camera Control.

Toon Boom

Toon Boom
Toon Boom | Sumber: ToonBoom.com

Software pembuatan animasi terakhir yang perlu kami rekomendasikan selanjutnya yaitu Toon Boom. Bagi animator terkemuka, software Toon Boom mungkin sudah sangat familiar. 

Sebab Toon Boom menawarkan kemudahan dalam proses penggunaannya dan memiliki segudang fitur unggulan. Oleh sebab itu, baik itu animator pemula sekalipun dapat menguasainya untuk membuat sebuah karya animasi.

Adapun beberapa fitur andalannya yaitu pallete dan tool brush yang bisa digunakan untuk memberi warna pada gambar bitmap atau vektor.

Adanya camera angle dan compasitor memudahkan penggunanya dalam menciptakan perspektif atau sudut pandang tertentu pada sebuah objek animasi.

Jika hasil akhirnya dirasa kurang maksimal, Anda dapat menggunakan fitur frame-to-frame, untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Tidak hanya itu, Toon Boom kompatibel digunakan berbagai sistem operasi komputer. Seheingga Anda tak perlu ragu dalam membuat animasi berkualitas menggunakan software Toon Boom.

Beberapa studio terkemuka bahkan sering menggunakannya untuk menghasilkan karya terbaik. Seperti Dream Works, Universal Studio hingga studio animasi Cartoon Network.

Tunggu apa lagi, silakan pilih salah satu software pembuatan animasi terbaik di atas. Gunakan software yang sesuai dengan kebutuhan karya animasi Anda nantinya. Selamat mencoba!

Baca Juga  Main Game Seluler di PC Lewat Google Play Game

Terimakasih sudah membaca artikel seputar teknologi terbaru di LABTekno.com. Untuk mendapatkan artikel dengan cepat, silahkan ikuti kami di Google News.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + eighteen =

Social Media

Artikel Terbaru

On Key

Artikel Terkait

Cara Melihat Stalker di Instagram

5 Cara Melihat Stalker di Instagram

LABTekno.com – Cara melihat stalker di Instagram bisa dilakukan dengan bantuan tools maupun aplikasi checker. Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling populer untuk meningkatkan eksistensi. Namun perlu diingat juga bahwa konsekuensinya adalah postingan yang telah dibagikan otomatis

Review ASUS VivoBook 16X OLED

Review ASUS Vivobook 16X OLED, Laptop 4K untuk Konten Kreator

LABTekno.com – ASUS Vivobook 16X OLED merupakan laptop yang diciptakan khusus bagi content creator digital. Semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten telah mendukung dengan baik. Laptop ASUS Vivobook 16X OLED dikelompokkan menjadi 2 kategori berdasarkan chipset yang digunakan,

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip

Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip Segera Rilis

LABTekno.com – Oppo Find N2 dan Oppo Find N2 Flip, dua smartphone terbaru dari Oppo dikabarkan akan segera dirilis. Meski belum ada informasi resmi mengenai tanggal kepastiannya. Namun biasanya Oppo akan merilis produk terbarunya pada pertengahan Desember, yaitu pada acara

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3 Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

LABTekno.com – Cara memindahkan kontak ke HP baru bisa dilakukan dengan mudah. Tak perlu menyimpannya satu per satu secara manual. Ada cara yang jauh lebih mudah, praktis dan cepat. Sehingga pekerjaan lebih efisien.  Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika

Scroll to Top